8 Taman Nasional di Pulau Kalimantan

Taman Nasional di Pulau Kalimantan – Pulau Kalimantan adalah pulau yang mempunyai kawasan hutan terluas di Indonesia. Konon pulau Kalimantan ini menjadi bagian dari perlindungan biosfer dunia.

Pulau Kalimantan sendiri sejak jaman pleistosen sudah menyatu dengan benua Asia dan pulau lainnya seperti Jawa dan Sumatera.

Hal ini yang menjadikan habitat flora dan faunanya juga bisa kalian temukan di wilayah benua Asia. Seperti misalnya ikan arwana yang bisa dijumpai di aliran sungai Kapuas (Kalimantan) dan Batang Hari (Sumatera).

Tak heran, apabila di pulau Kalimantan yang mempunyai wilayah hutan sangat luas ini menjadi tempat perlindungan bagi habitat flora dan fauna endemik.

Peta Kalimantan

Peta Kalimantan – foto wikiwand.com

Termasuk di dalamnya terdapat satwa Orang Utan dan juga Kera besar yang jumlah populasinya semakin tahun mengalami penurunan.

Oleh karena itu, dengan adanya taman nasional di Pulau Kalimantan ini, sangat bisa melindungi habitat satwa endemik dan melestarikannya agar tidak sampai punah.

Di Indonesia Sendiri Sudah Tercatat Ada 54 Taman Nasional Hingga Tahun Ini. Dan 8 Diantaranya Berada Di Pulau Kalimantan.

Berikut ini akan kami informasikan mengenai 8 taman nasional yang ada di pulau Kalimantan:

1. Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat

Flora dan Fauna di Tagupa Taman Nasional Gunung Palung

Flora dan Fauna di Tagupa Taman Nasional Gunung Palung

Taman nasional ini berada di provinsi Kalimantan Barat. Memiliki luas wilayah sekitar 90.000 hektar. Dalam Taman Nasional Gunung Palung ini terdapat beberapa vegetasi hutan yaitu hutan rawa, hutan rawa air tawar dan hutan pegunungan.

Kemudian di taman nasional ini terdapat beberapa jenis flora seperti pohon Meranti, Kayu Ulin, pohon Keruing dan pohon Ramin.

Selain itu, di tempat ini juga dihuni oleh habitat satwa seperti orang utan, kijang, ayam hutan dan burung Enggang gading.

Taman Nasional Gunung Palung terletak di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

2. Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya – foto ig @_hingar_

Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya berada di pegunungan Swener dan Muller yakni perbatasan antara Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya Memiliki luas wilayah sekitar 181.090 hektar. Dalam Taman Nasional Bukit Baka- Bukit Raya terdapat hutan hujan tropis dan hutan pegunungan.

Disamping itu, ada juga beberapa jenis flora seperti pohon palem, Jelutung, Ramin, anggrek hutan dan lain-lain. Di Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya ini juga dihuni oleh habitat satwa seperti kancil, bekantan, beruang madu, ayam hutan, kijang dan juga badak Sumatera.

3. Taman Nasional Betung Kerihun, Kalimantan Barat

taman nasional Betung Kerihun

taman nasional Betung Kerihun – foto ig @danzperdana

Taman Nasional Betung Kerihun ini berada di wilayah Kalimantan Barat atau tepatnya berada di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Taman Nasional Betung Kerihun Memiliki luas wilayah sekitar 800.000 hektar dan didirikan sekitar tahun 1992. Taman nasional ini terdiri dari hutan, daratan rendah dan juga dataran tinggi.

Kalian juga bisa menjumpai beberapa flora yang hidup di Taman Nasional Betung Kerihun seperti Jelutung, pandan, cemara gunung, dan gaharu. Kemudian di kawasan ini kalian bisa menemukan beberapa satwa mulai dari Orang Utan, Rusa, Burung Enggang.

4. Taman Nasional Kayan Mentarang, Kalimantan Utara

Padang Rumput Long Tua Taman Nasional Kayan Mentarang

Padang Rumput Long Tua Taman Nasional Kayan Mentarang – foto @@adiseptian93

Taman Nasional di pulau kalimantan selanjunya adalah Taman Nasional Kayan Mentarang.

Taman Nasional Kayan Mentarang  ini berada di wilayah Kalimantan Utara dan mempunyai luas wilayah sekitar 1.360.900 hektar.

Kawasan taman nasional Kayan Mentarang merupakan hutan dataran rendah dan hutan pegunungan yang selalu ditutupi oleh kabut tebal.

Ada beberapa jenis flora yang mendiami kawasan taman nasional ini yaitu pohon Jelutung, Meranti, Kayu ulin dan Gaharu.

kalian juga bisa menjumpai beberapa satwa liar dan terlindungi seperti Orang Utan, Bekantan, Kijang , gajah Kalimantan , Macan Dahan dan Ayam hutan.

<!‐‐nextpage‐‐>

5. Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur

Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur

Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur – foto ig @shoim_hadi_prayitno

Taman Nasional Kutai adalah taman nasional di pulau kalimantan atau tepatnya berada di wilayah provinsi Kalimantan Timur .

Taman Nasional Kutai ini berada di wilayah Kutai Timur dan sebagian kecil lagi ada di wilayah Kota Bontang. Taman Nasional Kutai mempunyai luas lahan sekitar 198.629 hektar.

Kawasan taman nasional Kutai merupakan ekosistem vegetasi hutan daratan rendah, dataran tinggi hingga hutan tropis.

Ada beberapa jenis flora yang bisa kalian jumpai di sini seperti hutan Mangrove, bakau, Jelutung, gaharu dan kayu ulin.

Taman nasional Kutai juga dihuni oleh beberapa satwa seperti Orang Utan, Bekantan, Beruang Madu, Macan dahan , Kijang emas, Pesut Mahakam dan juga Buaya muara.

6. Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah

Keliling Danau Sebangau

Keliling Danau Sebangau

Taman nasional di pulau kalimatan yang satu ini berada di wilayah Kalimantan Tengah.

Namanya adalah Taman Nasional Sebangau, sebuah taman nasional rawa yang mempunyai luas lahan sekitar 568.700 hektar. Wilayahnya Taman Nasional Sebangau meliputi daerah kabupaten Katingan, Palang pisau dan kota Palangkaraya.

Di Taman Nasional Sebangau ini kalian bisa menjumpai beberapa flora seperti Ramin, Meranti, Jelutung, Kapur naga, dan aneka anggrek.

Kemudian, kalian  bisa menemukan habitat satwa Orang Utan, Burung Rangkong, Bekantan, Beruang madu, Macan Dahan, Owa, Monyet ekor panjang dan Buaya muara.

7. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Masih Di Kalimantan Tengah, Taman Nasional Selanjutnya Ang Paling Terkenal Hingga Ke Mancanegara Adalah Taman Nasional Tanjung Puting.

Taman Nasional Tanjung Puting Adalah Sebuah Taman Nasional Yang Terletak Di Semenanjung Barat Daya Provinsi Kalimantan Tengah Yakni Meliputi Beberapa Kabupaten Di Kotawarigin Barat Maupun Timur Hingga Ke Kawasan Kabupaten Seruyan.

Sungai Sekonyer di Taman Nasional Tanjung Puting

Sungai Sekonyer di Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting Pada Awalnya Merupakan Sebuah Cagar Alam Dan Suaka Margasatwa Hingga Akhirnya Taman Nasional Tanjung Puting Ditetapkan Menjadi Taman Nasionnal Dan Menjadi Bagian Dari Waisan Dunia UNESCO Dengan Luas Wilayah Mencapai 415.040 Ha.

Kawasan TNTP Dihuni Oleh Sekitar 38 Jenis Mamalia. Tujuh Di Antaranya Adalah Primata Yang Cukup Dikenal Dan Dilindungi Seperti Orangutan Kalimantan, Bekantan , Owa Kalimantan Dan Beruang Madu.

8. Taman Nasional Danau Sentarum, Kalimantan Barat

danau sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum, Kalimantan Barat – foto ig @ikafard

Taman Nasional Danau Sentarum Adalah Salah Satu Taman Nasional Di Pulau Kalimantan Yang Memiliki Area Danau Yang Sangat Luas.

Taman Nasional Danau Sentarum Berada Di Kabupaten Kapuas Hulu Rovinsi Kalimantan Barat. Sekitar Setengah Dari Taman Naisonal Ini Adalah Bagian Dari Area Danau Sentarum.

Pada Tahun 1999, Danau Sentarum Ditetapkan Sebagai Taman Nasional.

***

Itulah Tadi Daftar 8 Taman Nasional Di pulau kalimantan. Diantara Ke 8 Taman Nasional Diatas, Mana Yang Pernah Kalian Kunjungi ?

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of