KATA OMED

7 Pesawat Perintis Yang Beroperasi di Indonesia

Pesawat perintis yang beroperasi di Indonesia, cukup banyak jumlahnya. Semua pesawat ini, telah menerbangkan banyak masyarakat Indonesia, menuju ke semua wilayah Nusantara. Walaupun, harus melintasi lautan dan kepulauan.

Walaupun termasuk berbadan kecil, namun justru dapat membawa para penumpangnya hingga wilayah tersembunyi, yang tidak terjangkau oleh pesawat berbadan besar. Pasalnya, karena sarana infrastruktur nya, yang belum merata hingga penjuru negeri.

Untuk dapat mengetahui pesawat perintis yang beroperasi di Indonesia, yuk, kita lihat beberapa daftarnya di bawah ini.

Baca Juga:

1. Susi Air

Susi Air

Susi Air

Maskapai penerbangan milik Menteri Kelautan dan Perikanan ini, merupakan salah satu dari pesawat perintis yang beroperasi di Indonesia. Kantor pusat dari Susi Air sendiri, terletak di Pangandaran, Jawa Barat.

Penerbangan yang dioperasikan oleh PT ASI Pudjiastuti Aviation, memiliki rute penerbangan ke beberapa rute di Indonesia.

Beberapa diantaranya seperti Pulau Nias, Anambas, Wakatobi, Bau-Bau hingga Wamena.

Walaupun hampir semua rutenya yang cukup menantang, namun para kru pesawatnya sangat ramah dan profesional.

Hal tersebut adalah bagian dari maskapai perintis ini, yang ingin  mengutamakan faktor kenyamanan bagi para penumpangnya.

2. Asian One Air

Asian One Air

Asian One Air

Daftar Pesawat Perintis Yang Beroperasi di Indonesia selanjutnya adalah maskapai Asian One Air.

Asian One Air adalah perusahaan penerbangan dengan memegang AOC (Air Operator Certificate) nomer 135-007 yang didirikan pada tahun 2012.

Basis maskapai Asian One Air ini banyak beroperasi diwilayah Papua dan saat ini sudah mengoperasikan 3 pesawat yaitu 2 pesawat jenis Caravan C208B dengan daerah operasi sekitar Kalimantan dan Papua.

Saat ini  Asian One menguasai 5 pesawat yaitu 4 pesawat jenis Caravan dan 1 Helicopter AS 350 yang beroperasi di Timika dan sekitarnya

Asian One  memiliki beberapa basis operasi yaitu Nabire, Timika Dekai dengan di dukung oleh 7 Pilot,  6 engineer, 2 Avionic dan sekitar 30 Staff serta  pendukung lainya.

Pada awalnya Asian One hanya melayani charter saja namun seiring dengan kebutuhan masyarakat dalam bidang transportasi semakin meningkat maka pada tahun 2019 Asian One Air di percaya untuk melayani penerbangan  perintis di Dekai dan Timika.

3. SAM Air

pesawat sam air

pesawat sam air

Maskapai SAM Air adalah salah satu maskapai perintis yang beroperasi di Indonesia khususnya diwilayah Maluku, Papua  dan Kalimantan.

Pesawat SAM Air mampu mengangkut 19 penumpang dan barang-barang seberat 1,3 hingga 1,5 Ton.

Pesawat SAM Air ini menjadi salah satu moda transportasi yang paling dinantikan bagi mereka yang berada diwilayah terpencil dan sulit di jangkau dengan kendaraan.

4. Trigana Air

trigana air

trigana air

Dibandingkan dengan keempat maskapai sebelumnya, Trigana Air mungkin termasuk yang kurang begitu populer bagi sebagian masyarakat.

Namun, bagi traveler yang sering berkunjung ke Papua, Sulawesi serta beberapa pulau kecil di wilayah tersebut, maskapai ini sangat dikenal.

Selain itu, Trigana  Air juga merupakan maskapai domestik yang melayani penerbangan jarak pendek dan juga penerbangan charter. Umumnya, maskapai ini digunakan untuk mengantarkan obat-obatan serta keperluan logistik lainnya.

Bagi kamu yang memiliki rencana berlibur ke Wamena, Raja Ampat dan Bima, pesawat ini dapat membawa kamu kesana. Meskipun termasuk sebagai pesawat kecil, namun memiliki pelayanan yang tidak kalah dengan pesawat besar.

5. NAM Air

NAM Air

NAM Air

Pesawat perintis Indonesia ini, memiliki rute penerbangan ke kota kecil yang tidak dapat disinggahi oleh maskapai penerbangan besar. Sebut saja Banyuwangi, mulai banyak dilirik wisatawan karena Kawah Ijennya.

Agar tidak perlu berpindah naik bus atau kereta, NAM air dapat  mengantarkanmu ke kota ini dari Jakarta.

Anak perusahaan maskapai penerbangan Sriwijaya Air, memiliki rute lain seperti  Kupang, Bima dan beberapa kota wisata lain setara Banyuwangi.

6. Wings Air

Wings Air

Wings Air

Selain Nam Air, pesawat perintis lain yang memiliki jumlah rute cukup banyak di berbagai wilayah terpencil, adalah Wings Air. Maskapai ini, seratus persen sahamnya dimiliki oleh induk organisasi Lion Air.

Selain Banyuwangi, Wings Air memiliki rute ke Labuan Bajo dan Kepulauan Natuna. Namun, belum lama ini, pesawat ini juga memperkenalkan  rute baru barunya, ke wilayah Manado dan Papua, yang cukup jauh jaraknya.

Dengan rute baru tersebut, pastinya akan menguntungkan para traveller, yang ingin berkunjung ke lokasi wisata di Indonesia bagian timur.

7. Explore Garuda Jet

Explore Garuda Jet

Explore Garuda Jet

Garuda Indonesia merupakan maskapai bergengsi di Indonesia. Walaupun terbilang mahal, namun kualitas pelayanannya cukup berkelas.

Selain memiliki pesawat berbadan besar, maskapai berkelas internasional ini, juga memiliki pesawat perintis Explore Garuda Jet.

Hal ini untuk memenuhi rute penerbangan ke berbagai bandara, di wilayah terpencil Indonesia. Dan untuk menuju Banyuwangi dan beberapa tempat lainnya, maskapai ini sudah menawarkan penerbangan direct flight.

Baca Juga:

Nah Sobat! Selesai sudah ulasan tentang pesawat perintis yang beroperasi di Indonesia. Semoga dapat menjadi referensi berguna, untuk dapat membawa kamu ke berbagai destinasi liburan di seluruh Indonesia.

Selamat berlibur!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of