Mau Snorkling di Sabang Aceh, Kunjungi Pulau Rubiah

Destinasi Wisata yang ada di Pulau Sabang selain Tugu Nol Kilometer, sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata alam lainnya yang tak kalah indahnya. Salah satunya yang paling sering didatangi wisatawan adalah Pulau Rubiah yang ada disebrang Pantai Iboh.

Pulau Rubiah Sabang Aceh

Lokasi Pulau Rubiah

Pulau cantik ini berada disebelah barat Utara Pulau Sumatera. Pulau Rubiah merupakan bagian dari wilayah kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau Rubiah ini berada tepat di sebelah barat-laut dari pulau Weh.

Kapal penyebrangan dari Pantai Iboh ke Pulau Rubiah

Pulau yang memiliki luas kurang lebih sekitar 26 Hektar ini kini menjadi salah satu Destinasi wisata Internasional karena banyak wisatawan yang datang tidak hanya dari Indonesia saja tetapi juga dari negara2 Asia, Eropa dan Amerika.

Baca Juga :

Dermaga Pulau Rubiah

Selain terkenal Karena pesona kekayaan bawah lautnya yakni Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah juga dijuluki sebagai surganya para penyelam. Banyak Spot Diving yang ada disekitar pulau Rubiah. Etss tak hanya Diving saja, disini juga banyak loh spot Snorkling yang keceh.

Pulau Rubiah sudah dilengkapi Fasilitas Umum untuk wisatawan

Cara Menuju Pulau Rubiah

Seperti yang sudah disampaikan diatas jika Pulau Rubiah ini berada disebelah Barat Daya Pulau Weh kota Sabang. Pulau ini juga hanya berjarak sekitar 250 meter dari Pantai Iboih Kota Sabang, Aceh.

Pelabuhan Ulele Banda Aceh

Jadi untuk tiba dipulau ini kalian harus terlebih dahulu menyebrang ke Pulau Weh atau ke Kota Sabang dari Banda Aceh. Naik kapal Apa saja baik kapal Cepat atau Kapal Fery alias Kapal Lambat dari pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan di kota Sabang Pulau Weh.

Baca JugaJadwal Terbaru penyebrangan Kapal Cepat dan Lambat Banda Aceh ke Sabang

Pelabuhan Balohan Sabang Pulau Weh

Sekitar 3-4 jam peyebrangan kalian akan tiba dikota Sabang. Nah dari pelabuhan naik kendaraan Apa saja baik bentor atau Mobil rental menuju Pantai Iboh. Sekitar 45 menit kita akan melakukan perjalanan darat menyusuri tepian pantai pulau weh sampai akhirnya tiba dipantai Iboh.

Pantai Iboh Pesisir Barat Daya Pulau Weh

Nah dipantai Iboh sudah tersedia dam sudah siap kapal penyebrangan kepulau Rubiah. Ada paket2 yang ditawarkan dengan berbagai aktifitas dan kegiatan disesuaikan pilihan pengunjung. Sewa kapalnya juga beragam.

Baca JugaMelihat Wajah Kraton Sintang di Tepian Sungai Kapuas

Ada yang pulang pergi kepulau Rubiah ada juga yang hanya untuk snorking dan diving disekitar Pulau rubiah bahkan ada kapal yang bisa disewa sela 1 hari penuh.

Harga Tiket penyebrangan dan penyewaan kapal ke Pulau Rubiah

Ada Apa Saja dipulau Rubiah

Pulau Rubiah memang terkenal dengan wisata alam terutama bawah lautnya. Tak heran jika aktifitas utana dipulau ini adalah Snorkling. Ada zona khusus ditepi pantai untuk wisatawan yang ingin snorklling.

Pesona Pulau Rubiah menjadi spot Snorkling Di Sabang

Selain Snorkling ada juga wisata Ziarah yakni makam Seorang perempuan pertama dipulau ini yakni Rubiah. Beliau adalah salah seorang Wanita pertama yang datang ke Pulau Rubiah hingga dia meninggal dipulau ini.

Ziarah kemakam Siti Rubiah, wanita pertama yang mendiami pulau Rubiah

Sebenarnya Pada masa kejayaan Kerajaan Aceh, Pulau Rubiah merupakan tempat transit bagi calon jamaah haji, dan pada masa perang dunia pulau ini merupakan benteng pertahanan yang sampai sekarang masih banyak terlihat puing-puing benteng tersebut.

Baca JugaKopi Khop,Menikmati Kopi Gayo dengan Cara Unik khas Aceh

Berlibur ke Sabang wajib kunjungi pulau Rubiah

Oh ya dipulau Rubiah sudah dilengkapi berbagai Fasilitas Umum mulai dari Toilet dan tempat Bilas, Warung makan yang berjejer hingga Mushola untuk sembahyang. Dermaga yang ada juga cukup luas dan bisa menampung banyak wisatawan yang menyebrang baik ke pulau Rubiah maupun kembali kepantai Iboh.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of