Pesona Pulau Haruku di Maluku

Setelah memutuskan batal melakukan pendakian ke gunung Binaya di Pulau Seram Maluku, akhirnya kami sepakat untuk berkunjung ke Pulau Haruku yang lokasinya tepat berada diantara Pulau Ambon dan Pulau Seram.

Pulau Haruku di Maluku

Ada Apa di Pulau Haruku

Sebagai pulau kecil nan subur, Haruku menjadi tempat bermukimnya penduduk yang tak hanya mengandalkan hasil dari menangkap ikan di laut saja namun juga hasil dari perkebunan. Salah satu hasil perkebunan yang menjadi primadona di pulau Haruku adalah Pala, Cengkeh dan Kopra.

Tak heran bila saat kita berkeliling perkampungan dipulau ini, kita bakalan melihat banyak warga yang menjemur pala, cengkeh atau Kopra.

Kehidupan Masyarakat di Pulau Haruku

Di Pulau Haruku hanya ada 1 kecamatan saja yakni Kecamatan Haruku yang terdiri dari sebelas desa (2018). Kawasan pemukiman berada di pantai utara pulau Haruku dan juga pantai selatan Haruku. Sementara Letak pusat administratif Kecamatan Pulau Haruku berada di desa Pelauw.

Cara Menuju Pulau Haruku

Karena saya menginap di kota Ambon jadi saya harus naik angkot kepelabuhan Tulehu. Yap, buat kalian yang mau kepulau Haruku maka dermaga utama atau pelabuhan utama yang harus kalian tuju adalah Pelabuhan Tulehu. Cari angkutan kota yang mengarah ke terminal terakhir di kota Tulehu.

Dermaga Pelabuhan Tulehu

Tarifnya hanya 10.000 / penumpang dan bisa ditempuh sekitar 30 menit dari kota Ambon. Setibanya di Terminal Tulehu, kalian harus berjalan kaki menuju dermaga atau pelabuhan Tulehu yang letaknya tepat berada di sebrang Terminal. Jalan masuknya memang melalui gang kecil dan sempit jadi biar gak kesasar silahkan tanya kepada warga setempat dimana lokasi pelabuhan Tulehu.

Pelabuhan Pulau Haruku

Angkutan umum yang membawa penumpang ke pulau Haruku umumnya menggunakan Perahu Motor. Kapal Cepat ini hanya berkapasitas sekitar 10 orang saja. Tarifnya disesuaikan dengan jumlah penumpang, jika full maka hanya perlu membayar 20 ribu per orang. Nah kalo kapalnya sepi biasanya tarifnya bisa mencapai 50 ribu per orang.

Welcome di pulau Haruku

Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja untuk tiba didermaga pulau Haruku. Yap karna kita menggunakan kapal cepat jadi perjalanan kepulau haruku terasa singkat. Setibanya dipulau Haruku kita bisa berkeliling perkampungan warga atau langsung mengexplore wisata yang ada di pulau Haruku.

Wisata di Pulau Haruku

Benteng Nieuw Zeelandia

1. Benteng Nieuw Zeelandia 

Menurut warga yang kami jumpai di pelabuhan Haruku, ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Benteng Niew Zeelandia yang lokasinya cukup dekat dengan dermaga pelabuhan Haruku. Benteng ini merupakan benteng peninggalan pada masa Penjajahan Belanda.

Lokasi Benteng New Zeelandia Haruku Berada ditepi Jalan dan pantai Perkampungan warga Haruku

Selengkapanya mengenai benteng ini bisa dilihat disini Benteng Nieuw Zewlandia.

Selain Benteng, ada banyak wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi selama di Pulau Haruku. Jaraknya tak terlalu jauh dari kawasan perkampungan warga jadi tinggal bertanya saja mengenai lokasinya dimana. Beberapa wisata pulau Haruku adalah :

2. Taman Patung Hari Hari

3. Gereja Terbesar di Pulau Haruku

Gereja di Pulau Haruku

3. Pemandian Air Panas

4. Pantai Pasir Putih

Pulau Haruku di Maluku

5. Rumah Budaya

Rumah Adat Pulau Haruku

Satu lagi guys, sebenarnya ada Event tahunan yang biasa digelar warga Haruku. Nama acaranya adalah Sasi Lompa. Tradisi Sasi Lompa menjadi salah satu acara yang tak hanya menjadi acara Adat saja tetapi juga menjadi acara pariwisata yang banyak diminati oleh wisatawan dalam dan luar negri. Selengkapnya mengenai Acara Adat Sasi Lompa bisa dibaca disini.

 

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of