Uniknya Kopi Khop, Kopi Khas Aceh yang Gelasnya Dibalik

Ingin Menikmati kopi namun dengan cara yang tak biasa, cobalah berkunjung ke Aceh di pulau Sumatera. Dikota yang mendapat julukan Kota Serambi Mekah ini kita bisa menikmati Kopi Khop yakni Sebuah kopi yang disajikan dengan gelas terbalik.

Kopi Khop Kopi Unik Khas Aceh

Maksudnya Terbalik adalah Bawah gelas berada diatas sedangkan Atas gelas berada dibawah sembari menggunakan tatakan gelas sebagai penutup bagian bawahnya. Lalu ada sedotan yang dijepit diantara gelas sebagai alat untuk membantu meminum kopi.

Cara Meminum Kopi Khop

Sebenarnya Kopi Khop bisa dinikmati dengan berbagai cara. Tidak selalu disajikan dengan alat bantuan sedotan namun juga bisa diminum sambil kita mengangkat piring yang menjadi tatakanya. Gelas dan tatakanya dipisahkan pelan2 sembari kita nikmati kopinya dan meminumnya melalui tatakan gelas.

Baca JugaIndahanya Danau Laut Tawar di Takengon Aceh

Kopi Khop, Kopi terbalik khas Aceh

Jika kita meminumnya melalui sedotan maka caranya adalah ditiup terlebih dahulu sehingga cairan kopi merembes keluar gelas. Ketika sudah banyak kopi yang keluar lalu kita hirup. Unik dan rada ribet sih heee terutama bagi mereka yang gak biasa.

Sejarah Kopi Khop atau Kopi Terbalik Aceh

Kupi Khop atau sering dikenal dengan nama Kopi Khop atau dalam bahasa Indonesia berarti “Kopi Tertelungkup” merupakan sebuah kebiasaan meminum Kopi warga yang berada dipesisir Barat Aceh.

Bermula dari Kebiasaan warga pesisir Barat Aceh terutama warga Meulaboh yang akan meminum kopi dalam waktu yang cukup lama sembari bercengkrama bersama penikmat kopi lainnya.

Namun kopinya biasanya hanya diminum beberapa teguk saja kemudian ditinggal pergi untuk bekerja di laut. Nah agar kopi yang disajikan tetap hangat, maka kopinya dibuat tertelungkup agar tetap enak saat diminum kembali. Selain itu kopi yang gelasnya dibalik juga bisa membuat kopi tidak tercemar oleh debu dan kotoran.

Dimana Lokasi Warung yang menjual Kupi Khop ?

Sebenarnya Penyajian Kopi terbalik ini sudah mulai ditinggalkan terutama bagi penikmat kopi era sekarang. Mereka lebih suka menikmati kopi seperti biasanya dengan berbagai cita rasa kopi kekinian. Padahal bagi wisatawan sendiri, Kopi Khop menjadi salah satu daya tatik wisata kuliner yang unik dan banyak dicari.

Kedai Kopi Khop Aceh

Namun tenang saja, dibeberapa kota yang saja jumpai selama explore Aceh, hampir ada kedai atau warung kopi tradisional yang menyajikan kopi khop. Di Banda Aceh sendiri misalnya, kita bisa menjumpai dibeberapa kedai seperti Kedai Kopi Khop Aceh dan kedai-kedai lainnya.

Baca Juga : Mau ke Sabang Nol Kilometer, Ini Jadwal penyebrangan Kapalnya

Oh ya biasanya Jenis kopi yang dibuat dan disajikan juga beragam tergantung permintaan. Ada kopi hitam biasa baik kopi Arabika Khas Kopi Gayo Aceh atau kopi Robusta. Terkadang tak sedikit juga banyak wisatawan yang memesan kopi susu Dari jenis Kopi Arabika, yah semuanya kembali tergantung selera masing2.

Intinya saya suka Kopi Gayo Aceh dan suka caranya menikmati kopi terbalik yang unik penuh sensasi berbeda dan caranya tak biasa. Kamu Penikmat Kopi ? Wajib Coba !.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Suy Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Suy
Guest

Kopiku rasa bawanng..
Wehehehe..
Salah ya..
Harusnya kacang ya yang rasa bawang. Eakakaka
Oke ulangi.
Kacangku rasa bawang.
Yyoooihhh.. Hahaha
Seniman mah bebas

Suy
Guest

Mantap djiwa