Ziarah ke Patung Bunda Maria Segala Bangsa

Kota Maumere ibu kota Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu kota yang dihuni oleh Mayoritas warga yang beragama Katolik. Tak heran bila ditempat ini banyak sekali gereja dan juga tempat suci yang dijadikan sebagai tempat Ziarah umat Katolik.

Selamat datang di Maumere

Salah satu tempat ziarah yang paling terkenal di Maumere adalah Tempat Patung Bunda Maria Segala Bangsa berdiri. Yap di Kota Maumere berdiri sebuah patung megah dan berada cukup tinggi diatas perbukitan atau tepatnya dibawah perbukitan gunung Egon.

Patung Bunda Maria Segala Bangsa

Kawasan Patung Bunda Maria Segala Bangsa ini merupakan salah satu objek wisata rohani yang biasa didatangi penziarah dari berbagai kora di Flores maupun daerah lainnya di NTT.

Lokasi Patung Bunda Maria Segala Bangsa

Meski hanya Berjarak 16 km dari pusat kota Maumere namun untuk tiba ditempat Patung Bunda Maria Segala Bangsa ini berdiri cukup memakan waktu juga. Terlebih lokasinya cukup terpencil diatas bukit berkabut dengan ketinggian sekitar 1620 Mdpl.

Lokasi Patung Bunda Maria berada diatas Perbukitan

Patung Bunda Maria Segala Bangsa berdana du Bukit Keling-Nilo, Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita Kota Maumere Kabupaten Sikka, Provinsi NTT. Jika ingin ketempat ini maka kalian bisa menyewa motor atau mobil dari kota Maumere. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan melintasi bukit-bukit dan perkebunan milik warga.

Sejarah Pembangunan Patung Bunda Maria Segala Bangsa

Tempat Ibadah dan ziarah ke kawasan Patung Bunda Maria Segala Bangsa

Ketinggian Patung Bunda Maria Segala Bangsa diperkirakan mencapai 28 meter. Memang tingginya belum mampu mengalahkan patung Bunda Maria yang berada di Ambarawa provinsi Jawa Tengah namun lokasinya jauh lebih tinggi dari patung Bunda Maria lainnya.

Baca JugaInilah Tugu Perdamaian, Saksi Bisu Kerusuhan Dayak dan Madura

Patung Bunda Maria Segala Bangaa di Kota Maumere

Patung ini merupakan salah satu karya besar dari Kongregasi Carmel. Dibangun oleh Tarekat Pasionis yakni Almarhum Uskup Agung Ende Mgr. Abdon Longinus da Cunha memberkati. Mereka membangun patung ini bekerja sama dengan umat Katolik yang ada di Merauke.

Baca JugaMegahnya Pemakaman Megalitikum Bori

Dinding area tempat Ibadah Dihiasi dengan lukisan Etnik Khas Maumere

Pembukaan Patung Bunda Maria Segala Bangsa secara resmi sebagai tempat ziarah adalah pada Tanggal 31 Mei 2005 silam. Patung ini sendiri terbuat dari perunggu dengan berat sekitar 6 ton. Dimana pembangunanya dilakukan pada tahun 2004.

Gerbang Masuk Patung Bunda Maria Segala Bangsa

Karena tempatnya berada diatas bukit maka udara disekitar kawasan ini juga sangat sejuk dan bersig. Tak heran jika siapapun yang berdoa dan berkunjung ketempat ini akan merasakan ketenangan dan ketentraman hati maupun fikiran.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of