Cantiknya Pantai Liman Pulau Semau, Pantai indah Lainnya di Kupang

Pulau Semau merupakan sebuah pulau yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Kupang provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini berada disebelah sisi Barat pulau Timor dan jaraknya sekitar 30 menitan menggunakan Kapal nelayan dari Kupang. Ciri pulau ini sama dengan pulau lainnya di Nusa Tenggara Timur yang memilki Tanah berbatu karang, tandus dan keras.

Pulau Semau di Kupang – Foto dailyvlogers.com

Ada 2 kecamatan besar di Pulau Semau (2006) mengingat pulau ini dihuni oleh banyak warga. Kecamatan Semau Selatan dan Kecamatan Semau Utara. Kecamatan Semau Utara terdiri dari 8 desa yaitu: Desa Batuinan, Desa Bokonusan; Desa Hansisi Desa Huilelot Desa Letbaun Desa Otan Desa Uiasa Desa Uitao. Kecamatan Semau Selatan terdiri dari 6 desa yaitu Desa Onansila, Desa Uitiuhana (Oetefu Kecil), Desa Akle, Desa Uitiuhtuan (Oetefu Besar), Desa Naikean dan Desa Uiboa (wikipedia).

Baca JugaMau melihat Sunset Terbaik di Kupang ? Ini tempatnya

Pulau Semau yang Indah

Lokasi Pantai Liman di Pulau Semau

Dipulau Semau ada banyak sekali pantai-pantai indah yang terbentang disepanjang pesisir pulau. Bentuk pantainya beragam mulai dari pantai berpasir putih, pantai berkarang, pantai bertebing, pantai berbatu dan ada pantai yang salah satunya memilki Bukit yang indah.

Pantai Liman

Namanya adalah Pantai Liman. Pantai yang memilki hamparan pasir putih bersih dan lembut ini memilki ciri khasnya yakni adanya sebuah bukit yang menjulang tinggi bewarna hijau tepat disebelah ujung pantai Liman. Biasanya warga setempat menyebut bukit ini sebagai Bukit Liman. Oh ya Pantai Liman terletak di Desa Uitiutuan, Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang-NTT.

Baca Juga : Ini dia Bandara Terbesar dan Tersibukndi NTT

Perbukitan dipantai Liman yang Hijau

Cara Menuju Pantai Liman Pulau Semau

Untuk menuju Pantai Liman ini kita butuh extra waktu dan tenaga sebab lumayan jauh dari pusat kota Kupang. Seperti yang sudah saya sampaikan tadi jika Pantai Liman ini berada di Pulau Semau sehingga kalian harus menyebrang terlebih dahulu menuju.

Kapal yang biasa mengangkut Motor dan Warga dari Tenau ke Pulau Semau

Pelabuhan penyebranganya ada 2 yakni melalui kapal Fery di Bolok kupang Atau pelabuhan Rakyat Di Tenanu Kupang. Nah karna saya buru2 dan jadwal ingin keberangkatanya banyak maka saya naiknya dari pelabuhan Tenau Kupang. Perlu diingat, pelabuhan tenau ini adalah pelabuhan Pelni dan barang. Karena tujuan kita ke pulau Semau maka kalian harus menuju dermaga kecil yang ada tepat disebalah kanan pelabuhan Tenau ( Masih dalam komplek pelabuhan Tenau).

Pelabuhan Hansisi Pulau Semau

Kita bisa naik kapal motor milik nelayan atau memang kapal khsus perlintasan bagi warga semau. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pelabuhan Tenau ke Pelabuhan Onan Batu yang ada di Pulau Semau. Untuk biaya atau tarif perjalanan ke Semau yakni Ro 25.000 per orang. Dan jika kalian membawa motor maka tarifnya menjadi 50.000.

Baca jugaMau ke Pulau Semau, ini Info rute, biaya dan transportasinya

Jalan perkampungan di Pulau Semau

Setibanya dipelabuhan Onan, perjalanan kalian masih harus berlanjut menyusuri jalan setapak berbatu melewati perkampungan warga dan kebun warga. Jarak ke Pantai Liman dari Pantai Onan Batu sekitar 40 km atau Sekitar 1.5 Jam berkendara. Meski cukup lama namun disepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah.

pulau Semau di Kupang

Pemandagan ciri khas daerah topis kering atau ciri khas di NTT semak belukar meranggas, padang savana, dan pohon Lontar menghiasi jalanan sepi ditepi pantai. Beberapa kali jalanan rusak akan kita temukan namun masih bisa dilalui seperti jalan yang bercampur. Jalanan dipulau ini memang tidak merata, sebagian kecil beraspal sebagian besarnya jalan bebatuan dan tanah.

Pasir putih di Pantai Liman pulau Semau

Setibanya kalian dipantai Liman maka lama perjalanan dan perjuangan selama dijalan akan terbayarkan. Deburan ombak yang manja, pasir putih yang lembut dan bukit yang hijau membuat mata enggan berpaling. Pantai ini sangat sepi terutama hari biasa dan hanya akan ramai bila libur panjang tiba.

Baca Juga : Uniknya desa Takpala, Desa adat Alor yang masih bertahan

Pantai Liman pantai terindah dipulau Semau

Wait, sebelum kalian sampai dipantai Liman, sebenarnya kalian akan bertemu beberapa destinasi wisata lainnya yang tak kalah kerenya seperti Pantai Pantai Otan, Pantai Onan, Pantai Uitiuhtuan, Pantai Uimake, Pantai Uinian dan Kolam Uisimu. Tapi nanti saja ya saya ceritakan satu-satu pantainya seperti apa.

Kontak Sewa Kapal Kupang (Info dari sebelah) :
Sewa Motor Kupang : 081337772292
Guide Semau (Pak Hes) : 085338445124

 

Selamat Menjelajah

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

4
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
OmedMuhamad Yusuf Ferdiyanto Adi NugrohoAnisaCaa Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
AnisaCaa
Guest
AnisaCaa

Waah keren jadi pengen kesana,semoga next trip sama misua bisa kesanaa 😊😊

Muhamad Yusuf Ferdiyanto Adi Nugroho
Guest

Ahhh indahnya surga indonesia timur, masih asri kayanya pantai liman ini sungguh menawan. Lain kali bisa dahh nihh om omed ajakin dede lahh 😂