Inilah Bandara Terbesar dan Tersibuk di NTT

Sebagai salah satu Bandar Udara terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT, Bandar Udara Internasional El Tari (IATA: KOE, ICAO: WATT) yang berada di Kota Kupang ini adalah salah satu roda penghubung antar Daerah dan Pulau-Pulau yang ada di NTT.

Bandara Eltari Kupang NTT

Nama Bandara Diambil dari Tokoh Kupang

Nama Bandara ini dinamai El Tari yakni diambil dari Gubernur Nusa Tenggara Timur Ke 2 periode 1966-1978 yang memiliki nama yang sama. Kini Bandara Eltari melayani tak hanya domestik saja tetapi juga mancanegara seperti ke Singapura. Namun untuk negara Terdekat seperti Timor Leste dan Australia justru tidak melintasi bandara ini.

Patung Eltari, Gubernur Kupang kedua Yang ada didepan Bandara

Saat ini sudah tercatat ada lebih dari 6 maskapi yang melayani Rute dari dan ke Kupang seperti Maskapai Garuda, Nam, Lion, Wings, Batik, Silk, Susi, Trans Nusa dan Lainnya. Rutenya juga semakin diperbanyak seperti ke daerah-daerah dipulau terpencil, diantaranya Pulau Paling Selatan Indonesia yakni Rote, Pulau Sabu, Pulau Sumba, Pulau Alor, Lembata Hingga ke Flores.

Baca JugaMegahnya Bandar Udara Sorong

Didalam Area Ruang Tunggu Kedatangan Pesawat di Bandara El Tari Kupang

Fasilitas di Bandara Udara Eltari Kupang juga semakin diperbanyak. Landasan pacu dan area bandara semakin diperluas seiiring meningkatnya aktifitas penumpang dan penerbangan. Dari pusat kota menuju bandar Udara eltari hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit saja dengan kendaraan umum yang banyak mangkal di Bandara.

Jumlah Penumpang & Wiasatawan Asing Terus Bertambah

Meningkatnya jumlah frekuensi penerbangan tak terlepas dari sektor pariwisata di NTT yang menjadi salah satu primadona seperti Labuan Bajo, Sumba dan Pulau lainnya. Tahun 2018 saja diperkirakan ada lebih dari 2.1 Juta penumpang yang keluar masuk dari Bandara Eltari Kupang.

Tampak Bagian depan Bandara El Tari Kupang

Dikutip dari Liputan 6 dan Balai Taman Nasional Komodo, kunjungan wisman Januari-Agustus 2018 mayoritas dikontribusi oleh wisatawan asal Australia (8.100 orang). Diikuti wisman dari Inggris (7,300 wisatawan), Spanyol (6.900), Jerman (6.400), dan Amerika Serikat (6.000).

Baca JugaSunset Terbaik di Kota Kupang

Oh ya guys, kalo kalian Singgah di Bandara El Tari Kupang ini jangan lupa membeli souvenir kain tenun dan makanan khas suku suku yang ada di NTT. Lokasinya tepat berada dikawasan ruko yang ada dekat area parkiran. Kalo mau keluar bandara naik grab juga sudah tersedia.

3
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
OmedArulMelihat Bandar Udara Frans Seda kota Maumere - KATA OMED Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Inilah Bandara Tersibuk di NTT […]

Arul
Guest
Arul

Jiwa mu luar biasa omed, aku salut dg mu, semoga nnt kita sukses brg omed!