Cara Backpackeran ke Pulau Miangas, Catat Biaya & Penginapanya

Pulau Miangas, Salah satu Pulau Terluar Indonesia yang berada di paling utara negara kita.

Pulau Miangas termasuk ke dalam Desa Miangas, Kecamatan Khusus Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Menurut Sensus 2010, Jumlah populasi pulau Miangas ini adalah 728 orang.

Dimana Penduduk Miangas, umumnya berbahasa Indonesia dan Bisaya generasi yang lebih tua biasanya juga berbicara bahasa Tagalog Filipina.

Baca juga : catat Tips dan cara backpackeran ke labuan bajo lewat jalur darat

Trip ke Pulau Miangas

Trip ke Pulau Miangas

Namun Sebelum membahas tentang bagaimana cara ke pulau Miangas, ada baiknya kalian terlebih dahulu membaca mengenai beberapa Fakta dari Pulau Miangas ini.

Bukan hanya soal lokasi pulau miangas yang terpencil saja tetapi juga aspek geografis serta cerita unik lainnya di balik keindahan Pulau Miangas.

Bahkan banyak fakta unik dan menarik yang harus kamu ketaui sebelum kamu memutuskan mengunjungi pulau paling utara Indonesia ini.

Fakta Unik Pulau Miangas

Pulau Miangas

Pulau Miangas

Pulau Miangas adalah pulau paling utara di Indonesia dan terletak di sebelah utara Kepulauan Sangihe.

Yang menonjol dari Pulau Miangas ini adalah karena terdapat sebuah mercusuar yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1901 dan masih berfungsi hingga saat ini.

Pulau Miangas adalah sebuah kawasan dimana tempat bertemunya dua arus laut, yaitu arus laut dari Samudra Pasifik dan Laut Filipina.

Hal inilah yang menyebabkan terbentuknya kondisi oseanografi yang unik.

Sejarah Pulau Mingas

Sejarah Pulau Mingas

Pulau Miangas juga rupanya pernah menjadi sengketa wilayah antara Indonesia dan Filipina.

Namun pada 4 april 1928, Hakim Dr. Max Hubert sebagai arbitrator tunggal Mahkamah Arbitrase Internasional menyatakan bahwa Pulau Miangas merupakan bagian dari wilayah Hindia Belanda.

Secara Historikal, Pulau Miangas memiliki sejarah yang panjang.

Pada abad ke-15, pulau ini pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan menjadi salah satu rute perdagangan antara Ternate dan Filipina.

Bahkan Di Pulau Miangas terdapat sebuah makam tua yang konon merupakan makam seorang raja yang pernah memerintah pulau ini.

Kopra penghasilan utama warga Miangas selain nelayan

Kopra penghasilan utama warga Miangas selain nelayan

Pulau Miangas ini memiliki populasi sekitar 768 orang yang mana mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan dan juga petani kopra.

Alam di Pulau Miangas memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

Terdapat sekitar 23 spesies burung endemik yang hidup di pulau ini, seperti kakaktua raja, merpati miangas, dan burung hantu kecil miangas.

Tak hanya itu saja sebab Pulau Miangas juga terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah.

Berbagai jenis ikan yang bisa ditemukan di perairan sekitar pulau ini antara lain kakap merah, tenggiri, cakalang dan ikan tongkol hingga lobster dan udang.

Cara Menuju Pulau Miangas

Bandar Udara Miangas

Bandar Udara Miangas

Oke setelah mengetahui banyak fakta menarik soal Miangas dan membuat kalian semakin tertarik datang ke pulau Miangas, berikut ini adalah tips dan Cara Menuju Pulau Miangas.

Sebenarnya ada 2 cara menuju pulau Miangas yakni melalui jalur udara alias naik pesawat atau melalui jalur laut menggunakan kapal laut.

Namun kadang pesawat menuju miangas ini tidak beroperasi sehingga perlu diperhatikan kembali jadwal pesawat tersebut.

Begitu juga jika menggunakan kapal laut, persoalaanya hampir sama, karena jaraknya yang jauh di samudera pasifik membuat sering terjadinya angin badai laut.

Jika ini terjadi maka pelayaran menuju miangas akan terhenti hingga berminggu minggu menuju cuaca kembali cerah.

Menggunakan Pesawat Terbang ke Miangas

Pesawat Susi Air Ke Miangas

Pesawat Susi Air Ke Miangas

Jika pesawat ke pulau miangas sudah beroperasi kembali maka ini merupakan cara atau tips paling mudah berpegian ke pulau kecil ini.

Sebelumnya ada pesawat perintis seperti susi air yang melayani rut eke Miangas dari Manado namun kini sudah tersedia penerbangan pesawat komersil seperti wings air.

Pada 12 Maret 2017 penerbangan Sipil pertama dari Maskapai Wings Air melayani rute dari Manado menuju Miangas.

Namun pesawat tersebut akan transit terlebih dahulu di Bandar Udara Melonguane kabupaten Talaud.

Sayangnya setelah pandemi corona terjadi beberapa waktu lalu, semua penerbangan menuju pulau miangas ini sudah terhenti.

Semoga saja, kedepanya semua maskapai yang melayani rute ke Miangas kembali beroperasi.

Menggunakan Kapal Laut Pelni ke Miangas

Pelabuhan Laut Miangas

Pelabuhan Laut Miangas

Salah satu cara termurah dan termurah menuju miangas adalah Menggunakan Kapal Laut Pelni ke Miangas.

Kapal yang beroperasi melayani rute ini yakni kapal sabuk nusantara atau yang biasa disebut kapal tol laut yang merupakan anak perusahaan dari PT Pelni.

Keberangkatanya sendiri bisa dari berbagai kota namun keberangkatan awal dimulai dari pelabuhan kota Bitung di Sulawesi Utara.

Jika kalian berada di Tahuna kabupaten Sangihe atau saat berada di kota Melonguane  kabupaten Talaud, kalian juga bisa naik dari kedua pelabuhan di kota ini.

Kapal sabuk nusantara 69

Kapal sabuk nusantara 69

Tercatat 2 kapal sabuk nusantara yang melayani rute ke pulau Miangas yakni kapal sabuk nusantara 69 dan kapal sabuk nusantara 109.

Kedua kapal tol laut ini akan bergantian melayani rute pelayaran hingga kemiangas dan pulau pulau terpencil lainnya di wilayah utara Indonesia dan sulawesi Utara khususnya.

Untuk harga tiket kapal tol laut menuju miangas juga sangat murah karena sudah disubsidi oleh pemerintah yakni sekitar RP 63.000 saja / orang dari Bitung ke Miangas.

Namun sayang, jadwalnya tidak selalu ada setiap hari dan biasanya akan berangkat setiap 1-2 minggu sekali.

Untuk itu pastikan keberangkatanya sesuai dengan waktu liburan kalian dan bisa kalian cek di pelabuhan bitung atau di situsnya pelni.co.id.

Lama pelayaran menggunakan kapal pelni dari Bitung ke mIangas yakni sekitar 4 hari 3 malam dimana kapal akan singgah di berbagai pulau kecil dan pelabuhan lainnya sebelum akhirnya tiba di miangas.

Bandar Udara Miangas

Bandar Udara Pulau Miangas

Bandar Udara Pulau Miangas

Bandar Udara Miangas adalah sebuah bandar udara yang terletak di pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Indonesia.

Bandar udara Miangas sendiri di resmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 19 oktober 2016 lalu.

Bandar Udara Miangas di operasikan oleh Direktorat jenderal Perhubungan udara dalam rangka meningkatkan Pemerataan Perekonomian bagi masyarakat terpencil.

Selain itu juga untuk mempercepat arus barang dan jasa, Peningkatan Pelayanan bagi masyarakat, Kedaulatan Negara serta Pertahanan dan Keamanan.

Bandar udara ini mulai dibangun pada tahun 2012 dengan investasi pembangunan sebesar Rp275 miliar.

Bandar udara ini memiliki luas landasan pacu 1,600 X 30 meter yang dapat menampung pesawat seperti ATR-72 dan apron dengan luas 130 x 65 meter.

Luasnya memang cukup untuk mengoperasikan tiga pesawat pada saat yang sama.

Penginapan di Miangas

Penginapan di pulau Miangas

Penginapan di pulau Miangas

Bagi kalian yang belum ada saudara di Miangas atau kenalan di sana, tenang karena di pulau Miangas ada beberapa hotel atau penginapan yang dibangun oleh warga untuk tamu berkunjung.

Salah satunya adalah penginapan Lia & Angel yang berada tepat di tengah tengah perkampungan warga Miangas dan menurutku hotel ini yang paling nyaman buat kita tempati.

Tenang, penginapanya sudah AC dan juga ada yang masih kipas disesuaian dengan budget yang kalian miliki tentunya.

Harga penginapan di Miangas / kamarnya yakni Rp 250.000 – Rp 300.000 untuk kamar Kipas dan sekitar 150- 200.000 untuk kamara yang menggunakan Kipas.

Oh ya tenang saja, listrik di pulau Miangas ini menyala 24 jam. Hanya saja sinyal telpon masih jarang dan sering terputus.

Kendaraan di Pulau Miangas

Pulau Miangas merupakan sebuah pulau kecil di ujung utara Indonesia yang berbatasan dengan Filipina.

Pulau yang terletak di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Indonesia ini memiliki luas hanya sekitar 47 km2 dengan keindahan alamnya yang sangat memesona.

Karena pulaunya sangat kecil jadi tidak ada angkutan umum di pulau ini.

Biasanya warga hanya menggunakan motor untuk mengangkut hasil pertanian atau mobil 1-3 saja yang digunakan untuk membawa barang.

Jadi jika kalian ingin berkeliling miangas, bisa sewa motor atau bisa juga berjalan kaki karena semua akses di pulau ini sangat dekat dekat.

Tempat Wisata di Miangas

Wisata di Pulau Miangas

Wisata di Pulau Miangas

Nah ini dia, Meski tempatnya terpencil, pulau ini menyimpan keindahan alam yang masih asri dan belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Tempat Wisata di Miangas juga sangat banyak dan bisa kalian jumpai semuanya sehari atau 2 hari dengan berjalan kaki atau sewa motor.

Beberapa tempat wisata di Pulau mingas yang bisa kalian datangi yakni :

1. Menara Mercusuar Pulau Miangas Indonesia

Menara Mercusuar di Pulau Miangas Indonesia

Menara Mercusuar di Pulau Miangas Indonesia – Nocka Maarisit

Salah satu icon pulau Miangas yakni Menara Mercusuar Pulau Miangas Indonesia yang menjadi simbol pulau kecil ini dihuni penduduk.

Layaknya pulau-pulau perbatasan, Miangas juga punya mercusuar sebagai ikon pulau dan menaranya sangat tinggi.

Mercusuar ini Berada di bukit tertinggi pulau Miangas, sehingga kita bisa menikmati Pulau Miangas dari atas ketinggian.

Mercusuar di pulau Miangas

Mercusuar di pulau Miangas

Bisa dikatakan Kamu Belum sah datang ke Miangas kalau kamu belum ke mercusuarnya.

Menara Mercusuar ini memiliki tinggi sekitar 45 meter dan punya 9 lantai yang bisa dijajaki.

Sayangnya, tembok mercusuar sudah habis sebagai terkena angin. Nah tersisa hanyalah rangka mercusuar dan 168 anak tangga menuju puncak mercusuar.

Oh ya, untuk menuju lokasi menara mercusuar yang ada di atas bukit ini, kamu haru mendaki tangga berbukit sekitar 15-25 menitan dari bawah.

2. Tugu 0 KM Utara Indonesia Pulau Miangas

Tugu 0 KM utara Indonesia di Pulau Miangas

Tugu 0 KM utara Indonesia di Pulau Miangas

Selain mercusuar pulau Miangas, icon pulau ini kini sudah bertambah 1 lagi yakni Tugu 0 KM Utara Indonesia Pulau Miangas.

Lokasi Tugu 0 KM ini Berada di ujung pulau Miangas. Oh ya tugu ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter menghadap gagah ke lautan.

Tulisanya ” Miangas KM 0 Utara NKRI “. Nah Tulisan ini jelas menjadi tanda perbatasan Indonesia di bagian utara.

Tugu ini sendiri Di balut dengan warna hitam, dan ada sebuah simbol garuda berwarna emas tersemat cantik di ujung tengah tugu.

Sementara pada bagian dinding bawah tugu, dilukis dengan peta Indonesia.

3. Pantai Tanjung Wolo

Wisata ke Pantai Tanjung Wolo

Wisata ke Pantai Tanjung Wolo

Karena pulau Miangas adalah sebuah pulau di tengah Samudera, maka banyak wisata pantai yang bisa kalian pilih dengan bebas.

Nah Salah satu wisata pantai yang paling terkenal di Miangas adalah wisata ke pantai Tanjung Wolo.

Sebenarnya Tanjung Wolo ini termasuk salah satu tempat yang digunakan untuk mencari ikan ketika air sedang surut.

Goa di Tanjung Wolo

Nah Ketika air berada dalam level ketinggian yang rendah maka kamu bisa menemukan gua yang cantik dari tepi pantai.

Tanjung Wolo juga menjadi salah satu tempat melaksanakan upacara adat Manammi.

Tradisi ini adalah kegiatan menangkap ikan secara tradisional yang dilakukan oleh seluruh penduduk Pulau Miangas setiap tahunnya.

4. Tanjung Wora Atau Tanjung Jokowi

Tanjung Wora Miangas

Tanjung Wora Miangas

Saat kapal yang kalian tumpangi tiba di dermaga Miangas, maka kalian akan melihat pulau kecil yang seolah terpisah dari ratan utama pulau Miangas.

Ternyata, pulau kecil yang sebenarnya masih terhubung dengan pulau miangas ini juga sering disebut sebagai Tanjung Wora Atau Tanjung Jokowi.

Tanjung Jokowi begitulah masyarakat Miangas menyebut pulau ini.

Tanjung Wora Miangas, Tanjung Jokowi

Tanjung Wora Miangas, Tanjung Jokowi

Tentunya karena pada saat Presiden Jokowi datang pertama kali ke Miangas untuk meresmikan bandara Miangas, beliau datang ke tanjung ini.

Bahkan tak hanya menikmati alamnya saja, Pak Jokowi juga mencucui muka di pantai ini.

Dan saat air laut surut, kita bahkan bisa menyebrang menuju pulau kecil yang ada disebelah pulau utama Miangas ini.

5. Pantai Mariu Miangas

Pantai Mariu Miangas

Pantai Mariu Miangas

Wisata di Pulau Miangas selanjutnya yakni Pantai Mariu merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Miangas yangi memiliki pasir putih yang sangat lembut dan air laut yang jernih.

Di sepanjang pantai, kamu akan disuguhi pemandangan laut yang sangat menawan.

Pastinya kamu bisa berfoto dengan alam indah atau sekadar menikmatinya dengan berjemur di bawah sinar matahari.

Kamu bahkan bisa berenang atau snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya yang tidak kalah memesona.

Catatan Penting Trip ke Miangas

Pesisir pantai Pulau Miangas

Pesisir pantai Pulau Miangas

Okeh, berikut ini beberapa catatan penting yang harus kalian ketahui jika kalian ingin berkunjung ke pulau Miangas.

Pulau Miangas tidak memiliki ATM sehingga kalian harus bawa uang cash. Di Miangas hanya ada bank BRI kecil yang mana untuk mengambil uang harus menujukan buku tabungan

Sinyal di Pulau Miangas  juga terbatas dan bahkan sering putus. Lumayan lancar jika tengah malam menjelang subuh. Sinyal terbaik adalah Telkomsel.

Menara Mercusuar Pulau Miangas Indonesi

Menara Mercusuar Pulau Miangas Indonesi – Nocka Maarisit

Tidak ada restoran atau warung makan di Pulau Miangas  sehingga untuk makan, kalian harus pesen kepada pihak penginapan atau bayar ke warga saja.

Saat saya datang kE Miangas bersama teman teman saya, saya sudah membawa bahan makanan dan memita tetangga penginpan untuk masak.

Jadi kami hanya membayar jasa masak dan biaya kompor.

Pulau Miangas Dihuni oleh mayoritas masyarakat beragama kristen dari suku Talaud.

Sekolah dasar SD Negri Miangas

Sekolah dasar SD Negri Miangas

Nah Yang muslim biasanya hanya para tentara penjaga pulau saja namun masih ada masjid dekat Pos angkatan Laut untuk melaksanakan ibadah Jumatan.

Di Miangas juga sudah ada sekolah SD, SMP dan SMK meski jumlah muridnya terbatas.

Nah kebetulan Bapak Edam James Mayer yang kita jumpai dan menemani kita selama di Miangas, Beliau adalah kepala Sekolah SMK Negri 2 Miangas.

SMK Negri 2 Miangas

SMK Negri 2 Miangas

Di Pulau Miangas  juga sudah ada kantor polsek atau kantor polisi, PLN, RRI, Dan kantor penting lainnya

Biasanya sebelum pandemi beberapa warga Miangas atau Filipina bisa melintas karena ada PLBN kecil.

Namun kini setelah pandemi sudah tidak berfungsi lagi kantornya.

Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of