KATA OMED

Inilah Museum Rumah Si Pitung di Marunda

Tau legenda si Pitung ?

Bagi orang Jakarta atau Jakarta Asli, pasti taulah ya legenda dan cerita tentang si Pitung ini. Seperti yang kita tahu jika si Pitung ini adalah salah satu Tokoh Betawi yang paling terkenal dari jaman Belanda hingga sekarang. Banyak cerita tentang perjuanganya, petualangan serunya hingga akhir kematianya memberikan inspirasi dan semangat bagi warga Betawi dalam mempertahankan tanah serta harga dirinya dari para penjajah. Bahkan dia menjadi tokoh atau idola bagi warga Betawi hingga saat ini dan sering diperankan dalam berbagai kegiatan seni.

Baca juga :

Sejarah Rumah Si Pitung Marunda

Ada sebuah Rumah adat Betawi di Marunda yang diyakini sebagai rumah Si Pitung tinggal selama Ini. Sebenarnya Rumah ini adalah rumah milik seorang pedagang kaya bernama H. Syafiuddin. Namun karena si Pitung sering tinggal di rumah ini sehingga banyak orang yang juga menyebut rumah ini sebagai rumah sipitung. Kemudian Pada tahun 1972 bangunan rumah ini dibeli oleh Pemda DKI dari keluarga Syaifudin dan diresmikan sebagai salah satu Warisan Budaya Bersejarah.

Rumah si Pitung Marunda tampak dari Samping – foto @galehfp

Seiring berjalanya waktu, Rumah di marunda ini kini menjadi sebuah Museum yang diberi nama Museum Rumah Si Pitung Marunda dan kini rumah tersebut telah dipugar dan dikelola oleh pemerintah setempat sebagai salah satu warisan Budaya Betawi. Rumah si pitung di Marunda ini sangat kental dengan nuansa Betawi. Tak heran jika dilihat dari kejauhanpun orang sudah bisa menebak jika ini adalah rumah bersejarah dan rumah yang spesial.

Baca juga ya :

Rumah si Pitung di Marunda Tampak dari Depan – foto @galehfp

Sebenarnya Museum rumah Sipitung Marunda ini hanya berisi beberapa ruangan layaknya ruangan sebuah rumah pada umumnya. Namun didalamnya berisi replika-replika barang-barang dan peralatan keseharian si Pitung. Didalam Museum Rumah Sipitung ini ada beberapa ruangan seperti ruang teras, ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan, dapur dan ruangan diteras belakang.

Lokasi Rumah Si Pitung di Marunda dan Jam Buka

Suasana didalam rumah Pitung Marunda – foto @pinaclepie

Museum Si Pitung atau Rumah Si Pitung berada di kawasan Cilincing Marunda, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Jika kalian tau kawasan Rumah Susun Marunda, Nah lokasinya itu tak jauh dari komplek rusun Marunda ini. Komplek Wisata Museum Rumah Si Pitung ini akan di buka setiap hari mulai pukul 08.00 wib, kecuali pada hari senin yang memang semua museum akan libur. Jika kalian ingin naik kendaraan umum menuju Rumah Si Pitung Marund, Coba saja naik TransJakarta 10A dengan tujuan Rusun Marunda – Tanjung Priok.

Share Artikel ini lewat

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of