Melihat Kapal Apung Lampulo, Kapal Yang Terseret Tsunami Sampai Keatap Rumah

Dahsyatnya Bencana Tsunami yang meluluh lantahkan Pesisir Aceh dan pusat Ibu Kota Provinsi Aceh yakni Banda Aceh. Hal ini bisa kita lihat dari jejak peninggalanya selama terjadinya bencana tsunami 2004 silam.

Kapal Apung Lampulo di Banda Aceh

Sangking dahsyatnya bencana Tersebut ada sebuah kapal yang masuk kepemukiman warga dan menyangkut tepat diatap rumah salah seorang warga kampung Lampulo dan kini Kapal tersebut sudah menjadi objek wisata bernama Kapal Lampulo.

Baca JugaKawasan Wisata Pulau Banyak, Wisata Bahari terindah di Aceh

Objek wisata sejarah Tsunami Kapal apung Lampulo

Kapal Lampulo sendiri merupakan sebuah kapal nelayan yang biasa sering digunakan oleh masyarakat Lampulo yakni salah satu daerah terparah terkena bencana Tsunami di Banda Aceh.

Objek wisata Kapal apung Lampulo yang sering didatangi wisatawan termasuk teman2 dari Backpacker Jakarta

Tragedi besar di Aceh yang terjadi pada tahun 2004 silam membuat kapal ini terseret sekitar 3000 meter dari tepi dermaga atau tepi pantai diperkampungan nelayan Lampoulo Banda Aceh.

Lokasi Kapal Apung Lampulo

Secara lokasi Kapal Apung Lampulo berada di Jalan Tanjung atau berada di Kampung Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Dari kawasan Pusat Kota atau Masjid Baiturahman sendiri hanya dibutuhkan sekitar 5 menit berkendara motor atau mobil.

Baca JugaWow Indahnya Danau Laut Tawar di Takengon

Kapal Lampulo banda Aceh

Kapal apung ini memiliki berat sekitar 65 ton dan panjangnya sekitar 25 meter. Dengan bobot seberat itu sangat luar biasa kapal ini bisa terseret geombang Tsunami hingga bersandar diatas Atap rumah milik warga Lampulo.

Sejarah Kapal Apung Lampulo

Menurut pengeola, Saat terjadinya Tsunami, Kapal Apung inilah yang kemudian akhirnya menyelamatkan pemilik rumah dan warga setempat dari terseretnya arus yang maha dahsyat itu.

Sejarah Kapal Apung Lampulo Banda Aceh

Mungkin jika tidak ada Kapal Apung yang datang keatap rumahnya ini, pemik rumah dan beberapa warga sudah menjadi korban Tsunami.

Baca JugaMau ke Pulau Komodo ? ini biaya Tiket Masuk

Nah Karena sudah dianggap menolong pemilik rumah dan warga Lampoulo akhirnya Kapal ini menjadi pengingat kedahsyatan Tsunami dan menjadi salah satu objek wisata dikota Banda Aceh.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

4
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
2 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
OmedVicka SaidHqrumi Putri Chayani Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Hqrumi Putri Chayani
Guest
Hqrumi Putri Chayani

Kereenn omed tulisannya bisa buat refernsi kalo jalan2 kesana nih….

Kapam ya bisa kayak omed bisa kliling Indonesia hheee

Sukses dan sehat selalu omed….

-BPJ 35-
-TOURING BPJ-

Vicka Said
Guest

Cerita sederhana yg sarat akan pengalaman.. hahahahahaa.. bahasanya jg ga berat, khas anak muda doyan traveling.. simple yg diangkat tp melahirkan banyak memori.. soal Tsunami ter dahsyat d Indonesia saat era modern.. sampe soal remeh temeh, “ya koq bisaaa dia (kapal) nyangkut di rumah”? Ye kan??
Tulisannya keren, se keren orgnya yg demen plesiran tp ga pelit bagi2 pengalaman.. heuheuheu..
Maju terus Indonesia, Jalan terus ka Omed..!!!