Indahnya Danau Laut Tawar di Takengon Aceh

Setelah menginap semalam di Langsa, perjalanan saya lanjutkan kembali mengexplore kawasan Tengah Provinsi Aceh yakni daerah Takengon.

Rute perjalanan yang saya tempuh adalah melalui Kota Langsa – Kab Aceh Timur – Loksukon – Lhoksumawe – Bireun – Kab Bener Meriah dan akhirnya Tibalah di Kabupaten Aceh Tengah alias Kota Takengon.

Kota Takengon Aceh Tengah

Kota yang bisa dibilang Puncaknya Aceh karena Daerah dikawasan ini sangat dingin dan berhawa sejuk, terlebih jika malam hari akan amat terasa semakin dingin. Hal ini juga dikarenakan Kota Takengon merupakan dataran tinggi.

Baca JugaInilah hutan Mangrove Terluas di Asia Tenggara

Kota Takengon selain terkenal dengan Kopi Gayonya, juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan salah satunya adalah sebuah Danau yang sangat luas bernama Danau Laut Tawar.

Luas Danau Laut Tawar dan Keindahanya

Danau Laut Tawar di Takengon

Bagi Suku Gayo, Danau itu disebut Lut jadi orang Takengon biasa menyebut danau ini dengan sebuat Danau Lut Tawar. Untuk mengelilingi tepian danau cantik ini dibutuhkan sekitar 2-3 jam berkendara dengan motor atau Mobil. Tapi tenang saja, jalananya sudah bagus dan cukup aman dilintasi. Oh ya Luas Danau Lut Tawar Takengon mencapai 5.472 Hektare dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km.

Danau Laut Tawar Takengon Sangat Luas

Bagi saya, Danau Lut Tawar ini adalah Salah satu Danau terindah yang pernah saya liat selain di Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Sentani di Papua. Selain Luas, Pemandanganya juga keren plus banyak legenda mistis yang masih berkembang di Masyarakat Takengon seperti Lembide, penunggu Danau Laut Tawar lain yang konon doyan menghisap darah manusia dan Putri Ijo sang Duyungnya Danau Lut Tawar.

Bagaimana Cara menuju Danau Laut Tawar Takengon

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya jika untuk sampai datang ke Danau Laut Tawar kita terlebih dahulu harus ke Provinsi Aceh terlebih dahulu. Perjalanan kemudian dilanjutkan menggunakan Bus atau Kendaraan lainnya selama 12 Jam perjalanan melalui jalur Timur Aceh.

Baca Juga : Inilah Danau Laet, Wisata Baru di Kalimantan Barat

Danau Laut Tawar, Danau Terluas di Aceh

Dari Kota Banda Aceh kita akan melalui Kota Sigli, Kota Bireun, Kabupaten Bener Meriah hingga akhirnya tiba dikota Takengon. Nah lokasi Danu Laut Tawar ini tepat berada dipusat perkotaan. Jaraknya hanya 5 km dari pusat kota Takengon.

Dermaga Wisata ditepian Danau Laut Tawar

 

Perjalanan ditepian Danau Laut Tawar

Sebenarnya Jalur lainnya yang saya tempuh bisa melalui kota Medan di Sumatera Utara. Perjalanan dari kota Medan sendiri juga akan memakan waktu 12 jam melalui perjalanan darat dengan Bus Pelangi atau kendaraan lainnya. Kita akan melewati banyak sekali kota seperti Medan – Binjai – Langsa – Lhoksumawe – Bireun – Bener Meriah hingga tiba dikota Takengon.

 

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

11
Leave a Reply

avatar
7 Comment threads
4 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
7 Comment authors
LiaOmedAstriMegalasanovaHendri Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rosha
Guest
Rosha

Wahh keren pak lurah. Mudah2an bisa berkunjung kesana juga. Aamiin

Indah
Guest
Indah

Bikin pengen, pak. Moga aja aku juga bisa kayak bapak ya keliling indo..

Hendri
Guest
Hendri

Wuihhhhhh mantulll pisann, bikin mupeng aja

Megalasanova
Guest
Megalasanova

Bikin tenang liatny,,keren t4 nya

Astri
Guest
Astri

Subhanallah.. makasih Pak Lurah informasinya. Indonesia keren, Indonesia bagus. Tetap semangat untuk jelajah tempat-tempat keren lainnya di Indonesia..

Astri
Guest
Astri

Subhanallah. Makasih informasinya Pak Lurah. Indonesia keren, Indonesia bagus. Tetap semangat ya untuk jelajah tempat-tempat keren lainnya di Indonesia.. 💯

Lia
Guest
Lia

semangat menjelajah Indonesia nyaaa 🙂