KATA OMED

8 Kuliner Khas Banjarmasin Yang Wajib Dicoba Kelezatanya

Published · Updated

Kuliner Khas Banjarmasin – Banjarmasin Adalah Sebuah Kota Besar Dan Bersejarah Yanga Da Di Kalimantan.

Makanan Kota Banjarmasin atau Kuliner Khas Banjarmasin Memang Sekilas Memiliki Kemiripan Dengan Makanan Khas Daerah Lainnya Di Kalimantan Selatan Namun Tetap Memiliki Keunikan Tersendiri.

Ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan Ini Memiliki Banyak Sekali Makanan Khas Yang Wajib Dicicipi Karena Tak Kalah Lezat Dari Makanan Khas Ibu Kota Provinsi Kalimantan Lainnya.

Baca juga :

Pasar Apung lok baintan banjarmasin

Pasar Apung lok baintan banjarmasin

Kalau Soto Banjar Pasti Semuanya Sudah Pernah Mendengar Namanya Kan? Ya, Soto Banjar Memang Menjadi Ikon Makanan Khas Dari Kota Yang Satu Ini.

Namun Selain Soto Banjar Masih Ada Lagi Makanan Yang Paling Lezat Dan Pastinya Rugi Kalau Tidak Mencobanya.

Berikut Ini Adalah Beberapa Kuliner Khas Banjarmasin Yang Wajib Dicoba Kelezatanya.

1. Lontong Orani

Lontong Orani

Lontong Orani – foto kabartravel.com

Salah Satu Kuliner Khas Banjarmasin Yang Biasanya Dicari Oleh Wisatawan Yang Datang Adalah Lontong Orani. Lontong Orani Ini Menurut Saya Sangat Enak Dan Memiliki Ciri Khas Tersendiri Dibandingkan Dengan Lontong Lainnya.

Di Kota Banjarmasin Ada Banyak Rumah Makan Yang Menjual Lontong Orari Ini.

Namun Yang Terkenal Spesial Dan Terkenal Sudah Sejak 1983 Berdiri Adalah Rumah Makan Lontong Orari Yang Terletak Di Jalan Simpang Sungai Mesa (Kabel) Nomor 12 RT 18, Kelurahan Seberang Masjid, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Lontong Orani Ini Berkuah Santan Dengan Campuran Lauk Berupa Ikan Gabus Dan Telur Atau Ayam Yang Dimasak Habang (Merah). Kemudian Lontong Orani Ini Dibubuhi Pula Oleh Taburan Bawang Goreng Dan Sayur Nangka Rebus.

2. Sambal Acan

Sambal Acan

Sambal Acan – id.tastemade.com

Rasanya Setiap Daerah Pasti Memiliki Sambal Khas Nya Masing-Masing Termasuk Juga Sambal Khas Kota Banjarmasin Ini.

Kuliner Khas Banjarmasin Yang Wajib Dicoba Kelezatanya Adalah Sambal Acan.

Kalau Kamu Suka Sambal Pedas Atau Manis Guys? Kalau Sambal Acan Ini Memiliki Cita Rasa Pedas Yang Terasa Di Akhir. Jadi Awalnya Sih Tidak Terasa Pedas, Namun Lama-Lama Akan Terasa Pedas Tapi Tetap Nikmat.

Acan Sendiri Artinya Adalah Terasi. Kalau Kita Kan Biasanya Menyebutnya Dengan Sambal Terasi, Tapi Kalau D Banjar Punya Sebutan Lain Untuk Terasi Yaitu Acan.

Biasanya Kalau Di Rumah Makan Sederhana Sampai Restoran, Segala Jenis Makanan Yang Dipesan Pasti Akan Dlengkapi Dengan Sambal Acan.

Jika Kalian Mau Pesan Soto, Nasi Putih, Ayam Bakar, Atau Apapun Itu Sambal Acan Selalu Menjadi Hidangan Yang Tak Terlupakan. Rasanya Kurang Nikmat Jika Makan Tanpa Sambal Khas Yang Satu Ini.

Kalau Mau Beli Sambal Dalam Kemasan Botol Bisa Juga Guys. Rumah Sambal Acan Banjar Menjual Sambal Dengan Berbagai Varian Rasa Mulai Dari Rasa Terong Asam, Ramania, Binjai, Limau, Dan Mangga.

Harga Per Botolnya Rp 15.000 Dan Bisa Dipesan Melalui Go-Food. Selain Di Rumah Sambal Acan, Sambal Ini Jug Sudah Banyak Dijual Di Tempat Lain.

Untuk Membuat Sambal Tersebut, Dibutuhkan Bahan-Bahan Seperti Cabe Rawit Atau Cabe Hijau, Bawang Merah, Tomat, Teasi, Garam, Gula, Penyedap, Dan Minyakk Goreng.

Cara Membuat Sambal Acan Juga Muda Karena Sama Seperti Sambal Terasi Pada Umumnya.

Pertama, Siapkan Semua Bahan Yang Hendak Di Goreng. Kemudian Panaskan Minyak Dan Goreng Semua Bahan Tad Sampai Layu Kemudian Angkat Dan Tiriskan.

Masukkan Bahan Yang Telah Digoreng Kedalam Ulekan Untuk Dihaluskan. Ulek Bahan, Dan Tambahkan Garam, Gula, Dan Penyedap.

Jangan Lupa Dicicip Dulu Ya Guys Sebelum Disajikan. Setelah Rasanya Pas Di Lidah, Sambal Acan Pun Siap Dihidangkan.

3. Gangan Paliat, Kuliner Khas Banjarmasin

Gangan Paliat, Kuliner Khas Banjarmasin

Gangan Paliat, Kuliner Khas Banjarmasin – beritabanjarmasin.com

Gangan Paliat Adalah Makanan Khas Dari Desa Paliat, Kecamatan Kalua, Kabupaten Tabalong Namun Jika Kalian Ada Di Banjarmasin Kalian Bisa Dengan Mudah Menumkan Makanan Ini.

Meskipun Nama Makanan Ini Belum Begitu Dikenal Oleh Warga Luar, Namun Sangat Terkenal Dan Favorit Di Desa Paliat.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Gangan Paliat Adalah Ikan Patin, Baung, Haruan, Atau Udang. Untuk Bumbunya Seperti Kunyit, Jahe, Kemiri, Santan, Bawang Merah, Jeuk Purut, Dan Cabe.

Jika Ingin Menikmati Hidangan Yang Satu Ini, Kamu Bisa Mencobanya Di Pasar Kelua, Pasar Tanjung, Pasar Mabuun, Dan Pasar Lainnya.

Makanan Ini Mudah Ditemukan Karena Dijadkan Lauk Untuk Makan Bersama Nasi. Sehingga Mulai Dari Warung Kecil Hingga Warung Besar Pun Menjual Makanan Khas Yang Satu Ini. Lebih Nikmat Disantap Bersama Nasi Dalam Keadaan Hangat Dan Lapar.

Cara Memasaknya Lumayan Agak Repot Ya Guys. Karena Pertama Kita Harus Menyiapkan Semua Bahan Dan Telah Dicuci Bersih. Kemudian Rebus Santan Hingga Mendidih .

Setelah Itu Tambahkan Bawang Merah Yang Sudah Dirajang Kemudian Aduk Hingga Merata Dan Sampai Mendidih Lagi. Setelah Itu Masukkan Perasan Air Jeruk Purut Supaya Lebih Segar. Gangan Paliat Pun Siap Dihidangkan.

4. kue Ipau, Kuliner Khas Banjarmasin

kue Ipau, Kuliner Khas Banjarmasin

kue Ipau, Kuliner Khas Banjarmasin – banjarbaruklik.com

Dari Rautsan Jenis Kue Di Indonesia, Kue Ipau Adalah Termasuk Kue Yang Paling Banyak Diminati Masyarakat Banjarmasin Terutama Saat Di Bulan Ramadhan.

Kue Ipau Ini Disebut Juga Kue Arab, Karena Tempat Yang Paling Banyak Menjual Ipau Adalah Di Kampung Arab, Jalan Antasan Kecil, Kecamatan Banjarmasin Tengah Dan Memang Berasal Dari Warga Keturunan Arab Di Banjarmasin.

Kue Ipau Ini Pun Bukan Kue Asli Dari Timur Tengah, Hanya Saja Sebuah Uji Coba Masyarakat Yang Menginginkan Kue Khas Timur Tengah Yang Cocok Di Lidah Masyarakat Indonesia.

Kuliner Khas Banjarmasin Ini Breciri Khas Melayu Yang Dipenuhi Santan Dan Sayur-Sayur Sebagai Isian Di Setiap Lapisnya.

Ipau Sendiri Terbuat Dari Campuran Terigu, Telur, Wortel, Bawang Bombay, Sayur, Kentang, Dan Daging. Sebagai Kuah Nya Menggunakan Santan Yang Dicampur Dengan Susu Dlengkapi Dengan Taburan Seledri Dan Bawang Goreng.

Jika Kamu Berkesempatan Untuk Mengunjungi Banjarmasin, Jangan Sampai Melewatkan Untuk Mencicipi Kuliner Yang Satu Ini Ya Guys. Harga Yang Ditawarkan Pun Cukup Murah, Yaitu Rp 25.000 Per Potongnya.

5. Mandai, Kuliner Khas Banjarmasin

Mandai, Kuliner Khas Banjarmasin

Mandai, Kuliner Khas Banjarmasin – cookpad.com

Kalimantan Memang Terkenal Dengan Hasil Alamnya Yang Sungguh Luar Biasa. Terbukti Dengan Banyaknya Makanan Khas Yang Berasal Dari Alam Dan Salah Satunya Adalah Mandai Yang Terbuat Dari Kulit Cempedak.

Apakah Kamu Pernah Makan Cempedak? Yang Kamu Makan Pasti Dagingnya Kan, Sedangkan Kulit Dan Bijinya Pasti Dibuang Begitu Saja.

Nah Banjarmasin Punya Makanan Unik Dan Khas Loh Dan Terbuat Dari Kulit Cempedak. Jangan Salah, Kulit Cempedak Ini Harus Diproses Dengan Baik Dulu Ya Sebelum Dijadikan Makanan.

Jadi, Kulit Cempedak Ini Diawetkan Dengan Garam, Kemudian Disimpan Untuk Beberapa Saat. Semakin Lama Diawetkan Maka Rasa, Bau, Dan Teksturnya Semakin Mirip Seperti Daging.

Kemudian Kulit Tersebut Bisa Digoreng Atau Di Oseng-Oseng Sesuai Selera. Mandai Bisa Digunakan Sebagai Cemilan Keluarga Dan Bisa Dibawa Kemana Saja.

6. Kue Bingka

Kue Bingka, Kuliner Khas Banjarmasin

Kue Bingka, Kuliner Khas Banjarmasin

Kue Bingka Atau Kue Bingke Adalah Kue Terlezat Yang Sangat Saya Sukai Saat Saya Datang Ke Kota Banjaramasin.

Kue Bingka Sebenarnya Sering Kita Jumpai Dalam Berbagai Acara Dan Tradisi Masyarakat Banjar Yang Akan Menggelar Pesta.

Terkadang Juga Biasa Dijumpai Saat Bulan Suci Ramadhan, Namun Karena Rasanya Yang Khas Dan Enak, Kini Kue Bingka Juga Telah Menjelma Menjadi Oleh-Oleh Wisatawan Atau Orang Yang Datang Ke Banjarmasin.

Mencari Kue Bingka atau Kuliner Khas Banjarmasin Ini Tidaklah Sulit Sebab Banyak Dijual Diberbagai Toko Oleh-Oleh Atau Kedai Yang Memang Khusus Menjual Kue Bingka.

Seperti Kedai Yang Saya Temui Dipusat Kota Banjarmasin Tepatnya Berada Dibawah Fly Over Bernama Kedai Bingka Noor Anita.

Kedai Ini Menjual Berbagai Jenis Dan Rasa Kue Bingka Dengan Harga Yang Sangat Murah Yakni Rp 2000 Saja Per Buahnya. Kedai Yang Mulai Buka Sejak Pukul 14.00 Siang Ini Akan Beroperasi Setiap Hari Dan Tutup Pada Pukul 23.00.

7. ketupat kandangan

ketupat kandangan

ketupat kandangan

Satu Lagi Kuliner Khas Banjarmasin Yang Amat Sangat Kalian Wajib Coba Yakni Ketupat Kandangan.

Sebenarnya Ketupat Kandangan Ini Bukan Makanan Asli Kota Banjarmasin Melainkan Sesuai Namanya Yakni Berasal Dari Darah Kandangan.

Tapi Bagi Kalian Yang Baru Pertama Kali Ke Banjarmasin Rasanya Perlu Sekali Mencoba Ketupat Unik Dan Lezat Ini.

Perbedaan Ketupat Kandangan Dengan Jenis Ketupat Lainnya Yang Sering Kita Makan Adalah Penggunaan Ikan Gabus (Haruan) Sebagai Menu Pelengkap.

Ikan Gabus Yanga Da Di Ketupat Kandangan Ini Dipanggang Lebih Dulu Sebelum Dimasak Menggunakan Santan. Kemudian, Ikan Gabus Beserta Kuahnya Disiramkan Ke Ketupat.

Kuliner Ini Dapat Dihidangkan Untuk Makan Pagi, Siang Atau Malam Karena Merupakan Makanan Berat.

8. Gangan Humbut

Gangan Humbut

Gangan Humbut – putratravel.net

Mungkin Banyak Yang Belum Pernah Mendengar Nama Makanan Yang Satu Ini. Gangan Humbut Ini Adalah Makanan Yang Sering Disajikan Pada Saat Acara Perkawinan Atau Ketika Bulan Ramadhan Untuk Menu Berbuka Puasa.

Gangan Humbut Ini Tebuat Dari Rebung Dan Iga Sapi Yang Digulai. Rasanya Gurih Dan Manis Serta Sangat Cocok Disajikan Bersama Nasi Ketika Hangat.

Biasanya Beberapa Rumah Makan Atau Tempat Makan Khas Banjarmasin Menjual Makanan Gangan Humbut Ini.

Cara Membuat Gangan Humbut Juga Mudah Yakni :

  1. Cuci Bersih Iga Sapi Dan Rebung Yang Dpotong Sesuai Selera.
  2. Rebus Potongan Iga Dan Rebung Hingga Matang, Kemudian Sisa Air Rebusannya Digunakan Untuk Kuah Kaldu.
  3. Panaskan Minyak, Kemudian Tumis Bawanag Merah, Bawang Putih, Ketumbar, Kunyit, Cabe Merah, Kemiri, Dan Jintan.
  4. Tambahkan Lengkuas Yang Sudah Ditumbuk Dan Daun Salam Supaya Aromanya Harum Menggoda
  5. Masukkan Iga Sapi, Tambahkan Gula Pasir, Kemudian Masak Hingga Mendidih.
  6. Tambahkan Air 1 Liter, Santan Dan Potongan Rebung. Aduk Hingga Merata Dan Matang.
  7. Setelah Itu Pastikan Rasanya Sudah Pas.
  8. Gangan Hambut Siap Dihidangkan.

Bagaimana, Apakah Kamu Ingin Mencicipinya Ketika Berada Di Banjarmasin? Atau Kamu Ingin Membuatnya Sendiri Dirmah?

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of