KATA OMED

Pengalaman Trip Sumba, 7 Tempat Terbaik di Sumba yang Wajib Dikunjungi

Published · Updated

Nusa Tenggara Timur sedang menjadi primadona di kalangan turis lokal dan internasional karena memiliki berbagai keindahan alam yang menakjubkan.

Salah satu wilayah di Nusa Tenggara Timur yang sedang hits adalah Pulau Sumba. Semua wisatawan, baik dari dalam Indonesia, mapun dari luar negeri pasti menyukai pulau ini.

pemandangan yang sangat indah tidak akan bisa dilewatkan begitu saja. Beruntungnya masyarakat Sumba karena mereka seolah berasa tinggal di surga.

pengalaman trip sumba

pengalaman trip sumba

Semua wisatawan yang datang ke sumba pasti merasa puas karena Sumba menyuguhkan beragam jenis wisata seperti wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, dan masih banyak lagi.

Sumba tidak akan pernah mengecewakan para pengunjungnya karena setiap sudut di Sumba sangat indah. Bukan sekadar cerita, keindahan Sumba adalah fakta nyata yang harus dibuktikan dengan mata kepala sendiri.

Sudah penasaran dengan Sumba seperti apa? Inilah 7 tempat terbaik di Sumba yang wajib dikunjungi seperti saat saya ikut trip sumba beberapa waktu lalu :

1.  Danau Weekuri

danau weekuri sumba

danau weekuri sumba

Danau Weekuri adalah danau yang unik karena memiliki air yang asin.

Seperti air laut, air danau yang terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya Air ini mampu mengapungkan tubuh wisatawan yang berenang karena kadar garamnya yang tinggi.

Pesona air laut yang biru akan menghipnotis setiap pengunjung. Tempat ini benar-benar cocok dinominasikan sebagai tempat wisata terbaik di Sumba. Kamu setuju atau tidak?

2.  Pantai Mandorak

pantai mandorak sumba

pantai mandorak sumba

Pantai Mandorak adalah tempat wisata terbaik kedua setelah Danau Weekuri. Pantai yang terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya ini berada di balik tebing curam.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari karena bisa melihat semburat cahaya matahari terbenam yang sangat indah bagaikan surga.

Pantai ini masih sangat alami sehingga keindahannya tidak akan pernah bisa tertandingi.

3.  Air Terjun Tanggedu

air terjun tanggedu

air terjun tanggedu

Air Terjun Tanggedu sumba adalah salah satu air terjun terindah di pulau sumba yang masih jarang dikunjungi. selain karena lokasinya cukup jauh juga akses menuju air terjun ini cukup sulit.

Air Terjun Tanggedu adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, pemandangan savana hijau yang terhampar di sekitar air terjun tanggedu sumba bisa dijumpai dan bahkan beberapa kuda terlihat sedang menikmati rumput di padang hijau disekitarnya.

Air Terjun Tanggedu sumba ini benar-benar unik karena begitu melambangkan keindahan khas Pulau Sumba yang masih sepi dan masih asri.

4.  Bukit Wairinding

bukit warinding sumba

bukit warinding sumba

Setiap orang pasti akan terpesona dengan hamparan rerumputan yang tertiup angin sepoi-sepoi. Itulah pemandangan yang identik dengan bukit Wairinding yang ada di Sumba.

Bukit ini kerap menjadi lokasi syuting dan pemotretan para selebritis seperti Dian Sastrowardoyo. Bukit ini terletak di Desa Pambotanjara, Waingapu, Sumba Timur.

Bukit Wairinding memang benar-benar membuat bulu kuduk merinding karena keindahannya seperti berada di negeri dongeng.

5.  Air Terjun Lapopu, air terjun tertinggi di sumba

air terjun lapopu

air terjun lapopu

Air Terjun Lapopu terletak di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, tepatnya di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

Air terjun bertingkat ini adalah air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur. Uniknya, air terjun ini tidak jatuh langsung ke dalam kolam, tetapi mengalir secara berundak-undak.

Dijamin rasa penat atau galau akan hilang seketika ketika berkunjung ke sini. Derasnya dan segarnya air terjun ini mampu mengisi ulang energi untuk menjelajahi semua sisi Sumba yang memesona.

6.  Kampung Ratenggaro

kampung adat ratenggaro

kampung adat ratenggaro

Pantai yang terletak di Umbu Ngedo, Kodi Bangedo ini sangat cocok untuk berselancar karena ombaknya yang cukup tinggi dan panjang. Ombak yang unik ini menjadi daya tarik bagi para  wisatawan terutama wisatawan yang suka berselancar.

Tidak hanya ombak pantainya yang unik, pantai ini menjadi lebih unik karena mengombinasikan wisata alam dan budaya. Pantai ini begitu kental dengan budaya karena terdapat kampung adat Ratenggaro di dekatnya.

Jangan lupa untuk menjelajahi Kampung Ratenggaro yang begitu unik. Rumah adatnya yang khas tentunya harus diabadikan dengan bidikan lensa.

7. Pantai Mbawana

pantai mbawana sumba

pantai mbawana sumba

Pantai Mbawana menjadi salah satu icon wisata sumba khususnya diwilayah sumba barat sehingga pantai ini juga termasuk destinasi wajib yang harus kalian datangi.

Pantai Mbawana memiliki ciri khas yang cukup unik sekaligus indah yakni adanya sebuah karang berlobang yang cukup besar berada di tepi pantai.

Pantai Mbawana juga memiliki pemandangan yang sangat indah berupa hamparan pasir putih dengan lautnya yang menenangkan dan sunsetnya yang tak kalah ciamiknya.

 

***

Tak ada yang bisa menyangkal keindahan Pulau Sumba. Semua orang pasti terpesona dan ingin kembali lagi ke pulau ini. Nusa Tenggara Timur khususnya Pulau Sumba merepresentasikan keindahan Indonesia yang sesungguhnya.

Jangan lupa untuk mengabadikan semua memori luar biasa ketika berada di sana. Ingin mendapatkan pengalaman trip Sumba yang sesungguhnya?

Itulah 6 Tempat Terbaik di Sumba yang Wajib Dikunjungi agar perjalananmu menjadi Sumba banget.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of