KATA OMED

37 Tempat Wisata Di Mojokerto Terbaru Dan Yang Paling Hits

Published · Updated

Tempat Wisata Mojokerto – Mojokerto merupakan salah satu nama Kota  sekaligus nama sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Mojokerto  ini sangat kental dengan unsur sejarah budaya Kerajaan Majapahit yang ernah berjaya di eranya.

Kota Mojokerto terletak 50 km barat daya Surabaya. Kota Mojokerto merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila.

Selain itu, Mojokerto juga merupakan kota dengan luas wilayah terkecil di Indonesia. Wilayah Kota Mojokerto berbatasan langsung dengan kabupaten Mojokerto.

tempat wisata di mojokerto

tempat wisata di mojokerto – foto ig @fahmous_

Sekilas Tentang Mojokerto

Kota Mojokerto terletak di tengah-tengah Kabupaten Mojokerto. Kota Mojokerto memiliki luas wilayah 1.646 Ha dan merupakan satu-satunya kota di Jawa Timur yang memiliki satuan wilayah ataupun luas wilayah terkecil, dengan wilayah administrasi hanya terbagi 3 Kecamatan yakni Kecamatan Prajurit Kulon, Kecamatan Magersari dan Kecamatan Kranggan.

Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 136.583 jiwa. Kota Mojokerto memiliki posisi yang sangat strategis, karena berada di jalur utama Pulau Jawa (Jogjakarta-Surabaya-Bali).

Kota ini dilintasi Jalan Nasional Rute 15 yang menghubungkan Surabaya dan Yogyakarta. Selain itu, kota ini juga terhubung dengan kota-kota lain di Pulau Jawa melalui Jalan Tol Trans Jawa, yakni Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dan Jalan Tol Mojokerto-Kertosono.

bundaran alun alun mojokerto

bundaran alun alun mojokerto – foto nusadaily.com

Kabupaten Mojokerto adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten yang secara resmi didirikan pada tanggal 9 Mei 1293 ini merupakan wilayah tertua ke-10 di Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Mojokerto berbatasan dengan Kabupaten Lamongan di utara, Kabupaten Gresik; Kabupaten Sidoarjo; dan Kabupaten Pasuruan di timur, Kabupaten Malang dan Kota Batu di selatan, serta Kabupaten Jombang di barat.

Kabupaten Mojokerto terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan.

Dulu pusat pemerintahan berada tepat di Kota Mojokerto, tetapi kini banyak gedung dan kantor pemerintahan yang dipindahkan ke Kecamatan Mojosari sebelah timur kota Mojokerto setelah Kota Mojokerto berdiri pada tanggal 20 Juni 1918.

Daftar Tempat Wisata di Mojokerto

Ada Banyak Sekali Destinasi Wisata Di Mojokerto Baik Itu Dipusat Kota Maupun Di Kabupatenya. Mojokerto Ternyata Menyimpan Segudang Tempat Wisata Yang Menarik Untuk Dikunjungimulai Dari Wisata Alam Hingga Wisata Sejarah.

Bagi Kamu Yang Ingin Merencanakan Liburan Ke Kota Yang Terkenal Dengan Jajanan Khas Onde-Onde Ini, Maka Kalian Bisa Mencoba Mengunjungi 37 Tempat Wisata Di Mojokerto Yang Terkenal Dan Bisa Dijadikan Referensi Tujuan Liburan.

1. Candi Bajang Ratu Mojokerto

Candi Bajang Ratu Mojokerto

Candi Bajang Ratu Mojokerto – foto @kataomed

Candi Bajang Ratu adalah tempat yang tepat untuk wisata bertajuk sejarah. Candi ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit. Candi artistik ini dikelilingi oleh keindahan taman yang hijau dan menyejukkan.

Candi yang terletak di daerah Trowulan ini bentuknya limas dan tumpul di bagian atasnya sehingga bangunan sejarah masa lalu ini bernilai seni tinggi. Selain itu candi yang satu ini juga sangat pas untuk spot foto yang instagramable.

Lokasi Candi Bajang Ratu berada di  Jl. Candi Tikus No.9, Pelem, Temon, Kecamatan Trowulan.

2. Ranu Manduro

Ranu Manduro Mojokerto, Jawa Timur

Ranu Manduro Mojokerto, Jawa Timur – foto ig @andri_gasa

Ranu Manduro Mojokerto Adalah Sebuah Kawasan Wisata Alam Khas Pedesaan Dan Pegunungan Yang Ada Di Mojokerto Tepatnya Di Dusun Manduro, Desa Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Mungkin Beberapa Waktu Lalu Ranu Manduro Mojokerto Sangat Viral Hingga Didatangi Ribuan Wisatawan Dari Berbagai Tempat Di Jaa Timur Yang Penasaran Melihat Langsung Keindahanya.

Ranu Manduro Merupakan Kawasan Bekas Galian. Tak Heran Jika Lokasi Ini Terdapat Telaga Bekas Galian Pasir Dan Batu. Hingga Kini Bagi Para Pengunjung Yang Datang Hanya Dikenakan Biaya Parkir Kendaraan Yakni Sekitar Rp 5.000 Untuk Roda Dua Dan Rp 10.000 Untuk Roda Empat.

3. Patung Buddha Tidur Maha Vihara Mojopahit

Patung Buddha Tidur

Patung Buddha Tidur – foto ig @kataomed

Patung tersebut adalah Patung Buddha Tidur yang mungkin bagi kalian pernah mengunjungi negara Thailand atau nyanmar pasti pernah melihat patung dengan bentuk yang sama.

Menurut masyarakat, patung buddha tidur di Mojokerto ini merupakan patung terbesar di Indonesia. Patung Budhha ini juga bahkan menempati urutan ketiga yang terbesar setelah patung sejenis yang berada di Thailand dan Myanmar. Wow banget kan.

Patung yang menggambarkan Buddha Gautama ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Patung ini dibangun pada tahun 1993 oleh YM Viryanadi Maha Tera, pengrajin patung asal Trowulan.

Seluruh bagian patung dicat warna kuning keemasan, sedangkan di bagian bawah patung terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan Buddha Gautama, hukum karmaphala dan hukum tumimbal lahir. Patung ini juga dikelilingi kolam ikan yang ditumbuhi bunga teratai.

Kini kawasan Patung Budha tidur menjadi destinsi wisata tersendiri bagi mereka yang datang ke Trowulan. Jadi selain melihat candi2 mereka juga bisa mengunjungi patung ini entah untuk sekedar foto seperti saya atau memang untuk beribadah dikompleks patung ini.

Jujur saya sendiri merasa amat sangat teduh melihat patung ini. Rasanya ingin ikutan berbaring manja dan menatapnya. Tapi sayangnya rasa lapar keburu menyerang cacing saya jadi yah terpakasa pergi.

Kira2 ada yang tau gak kenapa patung Buddha ini tidur? Maybe bagi yang bergama Buddha atau yang tau sejarah bisa sharing.

4. Pemandian Air Panas Padusan Mojokerto

Pemandian Air Panas Padusan

Pemandian Air Panas Padusan – foto hargatiket.com

Pemandian air panas Padusan yang ada di daerah Pacet Mojokerto juga bisa kamu coba. Di kolam pemandian ini kamu bisa berendam dan relaksasi dengan air panas alami yang keluar dari sumber alam.

Selain itu, air panas di tempat ini juga diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit utamanya penyakit kulit dan persendian. Sensasi berendam air panas dengan latar pemandangan indah Gunung Welirang bisa kamu dapatkan di wisata ini.

Lokasi: Jl. Pemandian Air Panas Blok NO. 02 Pandusan, Padusan, Kec. Pacet.

5. Taman Ghanjaran

Taman Ghanjaran MojokertoTaman Ghanjaran Mojokerto

Taman Ghanjaran Mojokerto

Salah satu destinasi wisata di Mojokerto yang belum lama dibuka adalah Taman Ghanjaran.

Taman ini ternyata sudah cukup populer di kalangan wisatawan dari sejak dibuka. Tempat liburan yang sudah menjadi primadona ini tepatnya berada di kawasan Trawas.

Lokasi wisata ini memiliki luas lahan hingga 2,8 hektar, dengan konsep modern untuk pengunjung dari berbagai usia. Posisinya yang berada di dataran tinggi dengan ketinggian 1000 mdpl, menjadikan tempat ini memiliki udara yang sangat sejuk.

6. Bukit Krapyak

Campground Bukit Krapyak

Campground Bukit Krapyak – foto ig @dwi_right

Bukit Krapyak Pacet adalah kawasan wisata alam yang terletak di kaki Gunung Welirang, Mokokerto.

Bukit ini masuk ke wilayah Perhutani KPH pasuruan dengan ketinggian ±900 mdpl. Lokasi Bukit Krapyak tepatnya berada di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Lokasi camping di bukit krapyak memiliki udara segar dan dingin sehingga sangat cocok untuk melarikan diri dari keseharian kota yang ramai dan padat. Pemandangan yang disuguhkan pun tidak tanggung-tanggung.

7. Kolam Segaran Mojokerto

Kolam Segaran Mojokerto

Kolam Segaran Mojokerto – foto dictio.id

Objek wisata sejarah yang selanjutnya adalah Kolam Segaran, sebuah kolam lawas peninggalan zaman Kerajaan Majapahit. Sekarang kolam ini telah diubah fungsi menjadi objek wisata dan tempat pemancingan.

Yang spesial dari kolam ini adalah Kolam Segaran dinobatkan sebagai kolam lawas paling besar di Indonesia. Sempatkan untuk mampir ke kolam lawas penuh sejarah ini jika berkunjung ke Trowulan Mojokerto.

Lokasi: Unggaran, Kec. Trowulan.

8. Bukit Jengger Mojokerto

Bukit Jengger Mojokerto

Bukit Jengger Mojokerto – fot pyoutube pejalan

Bukit Jengger adalah tempat wisata Mojokerto yang lainnya yang bis akamu datangi. Bukit jengger merupakan pilihan wisata dengan model camping di pegunungan.

Pasalnya bukit ini menyimpan sejuta pesona keindahan alam yang masih sejuk dan asri. Selain itu, bukit ini juga memiliki spot foto alam yang memukau.

Dari puncak bukit ini, kamu bisa memandang aliran sungai alami yang menawan. Selain itu, panorama sunrise dari ketinggian 1,050 Mdpl bisa kamu dapatkan di Bukit Jengger.

Lokasi: Nawangan, Tawangrejo, Kec. Jatirejo.

9. Candi Tikus

candi tikus, tempat wisata di mojokerto

candi tikus, tempat wisata di mojokerto – foto ig @daniandwiyan

Karena Kawasan Mojokerto Merupakan Daerah Situs Bersejarah Kerajaan Mjaka Banyak Sekali Candi Yang Ada Di Mojokerto Seperti Salah Satunya Adalah Candi Tikus.

Candi Tikus Adalah Sebuah Peninggalan Dari Kerajaan Yang Bercorak Hindu Yang Terletak Di Kompleks Trowulan, Tepatnya Di Dukuh Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Nama Tikus Sendiri Hanya Merupakan Sebutan Yang Digunakan Masyarakat Setempat.

10.  Selotapak Mojokerto

selotapak mojokerto

selotapak mojokerto – foto ig @khoirulamin97_

Selotapak Adalah Sebuah Desa Di Wilayah Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Tapi Desa Ini Adalah Bukan Desa Biasa Sebab Sering Menjadi Lokasi Para Fotografer Di Mojokerto Untk Berburu Landscap Pemandangan Alam Khas Pedesaan.

Desa Selotapak Mulai Ngehits Dan Menjadi Salah Sat Destinasi Wisata Di Mojokerto Karena Banyak Diupload Di Media Sosial Dan Sangat Instagramable Sehingga Sering Dikunjungi Anak Traveller Kekinian.

11. Puthuk Kembang

Puthuk Kembang

Puthuk Kembang – foto ig @chubyvhytree

setelah Ranu Manduro viral di dunia maya, nama Ngoro semakin melejit dan dikenal khalayak ramai khusunya wisatawan dari luar mojokerto.

Meskipun selama ini dikenal sebagai kota industri, ternyata Ngoro juga punya banyak tempat wisata yang pantas dikunjungi saat liburan tiba, loh! Salah satunya adalah Puncak Puthuk Kembang.

Puncak Puthuk Kembang adalah salah satu wisata alam yang baru-baru ini ramai diekspos media. Sesuai dengan namanya, tempat wisata bukit ini berada di ketinggian atau puncak perbukitan sehingga kamu perlu sedikit mendaki untuk sampai di atas.

Puthuk Kembang berlokasi di Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dari kota Surabaya, kamu membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan. Sesampainya di Ngoro, kamu akan dibantu dengan papan alamat sehingga tidak sulit untuk menuju ke sana.

12. Kampung Organik Brenjonk

kampung organik brenjonk

kampung organik brenjonk – foto ig @nadiaayuuuuuu

Salah Satu Tempat Wisata Di Mojokerto Yang Menawarkan Wisata Edukasi Dan Wisata Perkebunan Atau Bercocok Tanam Adalah Kawasan Kampung Organik Brenjonk.

Sejumlah Penghargaan Pun Telah Diterima Kampung Organik Brenjonk. Di Antaranya Dari British Council Tahun 2011 Di Bidang Kewirausahaan Sosial Dan Menjadi Peringkat Pertama Di Bidang Penanggulangan Kemiskinan Dari Gubernur Jawa Timur.

Kampung Organik Brenjonk Berada Di Desa Sendang, Penanggungan, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Karena Kampung Organik Brenjonk Menjadi Wisata Edukasi Maka Banyak Sekali Anak Sekolah Dan Wisatawan Dari Daerah Lain Yang Datang Ke Tempat Wisata Ini.

13. Wisata Sendi Pacet Mojokerto

Wisata Sendi Pacet Mojokerto

Wisata Sendi Pacet Mojokerto – foto ig @armanilaekaaf

Kini ada salah satu Tempat Wisata Baru Di Mojokerto Yang Sedang Ngehits Didatangi Para Wisatawan Adalah Wisata Sendi Pacet Mojokerto.

Yang Membuat Viral Dan Terkenalnya Wisata Sendi Pacet Mojokerto Adalah Karena Banyak Spot Swafoto Yang Unik Dengan Latar Pemandangan Alam Yang Indah Dan Beragam.

Untuk Lokasi Wisata Sendi Pacet Mojokerto Ini Tidak Sulit Karena Berada Di Hutan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Sedangkan Untuk Pos Masuknya Berada Di Jl. Cangar – Pacet No.26, Hutan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

Wisata Sendi Pacet Mojokerto Hanya Berjarak 46 Km Saja Dari Kota Malang Dengan Waktu Tempuh Sekitar 1 Jam 30 Menit.Dan Berjarak 19 Km Dari Kota Mojokerto Dengan Waktu Tempuh 35 Menit.

14. Panorama Petung Sewu

Panorama Petung Sewu

Petung Sewu – foto ig @eva_ra12

Banyak Tempat Wisata Baru Di Mojokerto Yang Menawarkan Keindahan Pemandangan Alam Adalah Dengan Spot Foto Yang Beragam Dam Memadukan Semuanya Menjadi Sebuah Tempat Wisata Unik Seperti Salah Satunya Adalah Panorama Petung Sewu.

Tempat Wisata Panorama Petung Sewu Ini Berada Di Area Hutan Lindung TAHURA (Taman Hutan Raya) Raden Soerjo. Berada Di Kawasan Jalur Cangar Dan Wilayah Kaki Gunung Arjuno Yang Menghadap Gunung Welirang Dan Anjasmoro.

Alamat Wisata Petung Sewu Pacet Ada Di Hutan, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Tepatnya Di Desa Adat Sendi Pacet. Oleh Karena Itu, Lokasinya Sangat Dekat Dengan Sendi Adventure Atau Hanya Berjarak 1 Km Atau 2 Menit Perjalanan.

15.  Sumber Dhuwur / Sumber Wuluh

Sumber Wuluh

Sumber Wuluh – fot ig @fendy_lavigne

Jika Ingin Menikmati Kesegaran Air Dengan Nuansa Alam, Cobalah Datang Ke Tempat Wisata Baru Di Mojokerto Yang Satu Ini Yakni Wisata Sumber Wuluh.

Sumberwuluh Adalah Sebuah Desa Di Wilayah Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Nah Di Desa Ini Ada Sebuah Kolam Atau Sebuah Mata Air Yang Sangat Bening Dan Menyegarkan Yang Oleh Warga Setempat Disebut Sumber Wuluh.

Tak Hanya Kolam Biasa, Sumber Wuluh Juga Memiliki Spot Foto Yang Instagenik Dengan Banyak Ikan Hiasa Yang Diletakan Di Sumber Wuluh Sehingga Jika Difoto Dengan Pohon Besar Yang Ada Disekitarnyasangat Keren Dan Terlihat Sangat Natural.

16. Wisata Akar Seribu

Wisata Akar Seribu, tempat wisata di mojokerto

Wisata Akar Seribu, tempat wisata di mojokerto – foto ig @doningluyur

Salah Satu Temat Wisata Alam Di Mojokerto Yang Beberapa Wakt Sempat Viral Adalah Wisata Akar Seribu. Tempat Wisata Ini Unik Karena Ada Sebuah Pohon Raksasa Dengan Akar Besarnya Yang Menjuntai Diantara Sungai Yang Berada Disampingnya.

Latak Wisata Akar Seribu Ini Ada Di Dusun Begagan, Desa Begaganlimo, Kecamatan Gondang. Destinasi Wisata Ini Cukup Indah Untuk Berfoto Bersama Sahabat Atau Keluarga.

Wisata Pohon Akar Seribu Ini Juga Cocok Bagi Mereka Yang Menyukai Aktivitas Petualangan Sebab Untuk Menuju Ke Lokasi Ini, Kalian Harus Berjalan Kaki Menyusuri Jalan Setapak Sejauh Kurang Lebih 700 Meter Dari Tempat Parkir Kendaraan. Setidaknya Butuh Waktu 30 Menit Untuk Mencapai Pohon Berakar Seribu.

17. Pemandian Air Panas Cangar

pemandian air panas cangar

pemandian air panas cangar- foto ig @rerefirmansyah

Tempat Wisata Di Mojokerto Yang Satu Ini Memang Berada Kurang Lebih 18 Km, Tepatnya Di Kaki Gunung Welirang Dusun Cangar, Sumber Brantas. Obyek Wisata Ini Masuk Dalam Kawasan Taman Hutan Rakyat Atau TAHURA R. Soerjo.

Beberapa Kolam Di Pemandian Air Panas Cangar, Tingkatan Masing-Masing Kolam Pun Berbeda-Beda Mulai Dari Yang Sangat Panas, Sedang Dan Hangat.

Terdapat 5 Kolam Pemandian Yang Dapat Dolaners Pilih Yaitu 2 Kolam Rengan Dan 3 Kolam Utama. Dari Ketiga Kolam Utama Ada Salah Satu Kolam Yang Dikhususkan Untuk Perempuan.

18. Cafe Rumah Segitiga Selotapak

Cafe Rumah Segitiga Selotapak - Trawas Mojokerto

Cafe Rumah Segitiga Selotapak – Trawas Mojokerto – foto ig @ryanjepret

Mojokerto Kini Semakin Ngehits Dan Semakin Sering Dikunjungi Wisatawan Dari Berbagai Kota Diluar Mojokerto.

Selain Terkenal Akan Wisata Alam Yang Indah, Di Mojokerto Juga Mulai Banyak Dibangun Cafe Dan Villa Unik Yang Beragam Bentuknya Seperti Salah Satunya Adalah Cafe Rumah Segitiga Selotapak.

Tempatnya Yang Dikelilingi Dengan Tanaman Hijau, Hawa Khas Pegunungan, Dan Juga Bangunan A’la Eropa Yang Artistik. Spot Foto Ditempat Ini Juga Dihiasi Dengan Background Gunung Penanggungan Dan Juga Hamparan Sawah Terasering.

19. Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu, Tempat wisata di Mojokerto

Air Terjun Coban Canggu, Tempat wisata di Mojokerto – foto idntmes

Air terjun yang satu ini ada di Kecamatan Pacet, Air Terjun Coban Canggu memiliki ketinggian sekitar 50 meter lebih. Walaupun cukup tinggi, akan tetapi debit airnya bisa dikatakan tidak terlampau deras utamanya saat kemarau.

Air yang mengalir di air terjun ini sangat jernih dan segar sehingga sangat pas untuk kamu jadikan lokasi bermain air.

Satu lagi yang beda dari air terjun eksotis ini adalah air yang mengalir tidak langsung jatuh tetapi mengalir indah melewati bebatuan tebing yang berwarna hitam. Lokasi Air Terjun Coban Canggu berada di Pacet, Kecamatan Pacet.

20. Puncak Braksengk Pacet

Puncak Braksengk Pacet

Puncak Braksengk Pacet – foto ig @ryanjepret

Salah Satu Tempat Wisata di mojokerto Yang Bisa Dijadikan Untuk Lokasi Menenangkan Diri Adalah Puncak Braksengk Pacet.

Tempat Ini Adalah Sebuah Bukti Yang Menyuguhkan Pemandangan Area Perkebunan Warga Yang Jika Dilihat Dari Ketinggian Sangat Indah Dan Sangat Instagramable.

Puncak Braksengk Pacet Menjadi Spot Foto Para Pemburu Landscap Alam Mojokerto Karena Terkadang Saat Pagi Hari Kita Bisa Melihat Awan Yang Masih Menggumpal Dan Dipadukan Dengan Pemandangan Perbukitan Menjadikanya Terlihat Sangat Indah.

21. Puthuk Panggang Welut

Puthuk Panggang Welut

Puthuk Panggang Welut – foto ig @evinovit_

Puthuk Panggang Welut adalah sebuah objek wisata di Mojokerto berupa kawasan hutan pinus yang menawarkan berbagai aktivitas serta wahana menarik dan juga banyak spot foto keren yang unik.

Objek wisata Puthuk Panggang Welut ini hanya berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Mojokerto.

Jarak tempuh dengan kendaraan pribadi juga cukp singkat yakni sekitar 1,5 jam dari Surabaya dengan akses mudah. Letak Puthuk Panggang Welut ini ada di Nogosari, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374.

22. Ngopi Wenk Jurang Trawas

Ngopi Wenk Jurang Trawas

Ngopi Wenk Jurang Trawas – foto ig @gitaartaa

Tempat Wisata Di Mojokerto Selanjutnya Adalah Sebuah Warung Cofee Bagi Para Kaula Muda Di Mojokert Yang Bernama Ngopi Wenk Jurang Trawas.

Lokasi Ngopi Wenk Jurang Trawas Ini Berada Di Pinus Garden, Jl. Raya Trawas, Sumber Wekas, Lumbangrejo. Tempat Ini Tak Hanya Sekedar Tempat Nongkrong Biasa Karena Memiliki Pemandangan Alam Yang Luar Biasa Indahnya.

23. Petik Strawberry Padusan

Petik Strawberry Padusan

Petik Strawberry Padusan – foto ig @petikstrawberry

Desa Pasundan Pacet Mojokerto Merupakan Daerah Pegunungan Sehingga Suhu Di Daerah Ini Cukup Sejuk Dan Sangat Cocok Untuk Berbagai Jenis Macam Sayuran Dan Buah-Buahan Termasuk Buah Strawberry.

Salah Satu Aktivitas Wisata Yang Cukup Digemari Dikawasan Ini Adalah Wisata Petik Buah Seperti Salah Satnya Yang Ada Di Wisata Petik Strawberry Pasundan.

Lokasi Wisata Petik Strawberry Pasundan Ini Berdekatan Dengan Wisata Taman Kelinci Dan Wisata Pemandian Air Panas Pacet. Sehingga Kalian Bisa Merasakan Semua Wisata Ini Dalam Seharian.

Lokasi Wisata Petik Buah Stroberi Pasundan Pacet Ini Terletak Di Jalan Raya Wisata Pemandian Air Panas Padusan, RT.01/RW.01, Padusan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374.

24. Coban Watu Ondo Cangar

Coban Watu Ondo Cangar

Coban Watu Ondo Cangar – foto ig @abid_naufaldin

Salah lagi tempat wisata di Mojokerto yang menawarkan keindahan alamnya adalah air terjun Watu Ondo Cangar atau biaa disebut Coban Watu Ondo Cangar.

Coban Watu Ondo Cangar ini  juga sering disebut Coban Kembar dan berada di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Raden Soerjo di bawah lereng Gunung Welirang yang berbatasan antara Mojokerto dan kota Batu.

Nama Watu Ondo diambil karena sepanjang jalan turunan menuju sumber air terjun ini sudah berupa anak tangga yang terbuat dari susunan batu-batu.

Atau juga disebut Coban Kembar karena di lokasi ini terdapat dua air terjun yang saling berhadapan namun dengan ketinggian yang berbeda.

Disebelah kanan ketinggian air mencapai 15 m dengan karakteristik air terjun berundak dengan kemiringan sekitar 75 derajat, sedangkan di sebelah kiri mencapai ketinggian ± 69 m dengan karakteristrik air terjun yang langsung jatuh je bawah.

25. Museum Majapahit

Museum Majapahit

Museum Majapahit – foto ig @imamaraz

Jika kalian menyukai sejarah dan ingin melihat peninggalan masa lalu kerajaan majapahit, coba kalian kunjungi salah sat tempat wisat abersejarah di mojokerto ini yakni Museum Majapahit atau biasa disebut Museum Trowulan.

Museum Trowulan Majapahit adalah museum arkeologi yang terletak di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Museum ini dibangun untuk menyimpan berbagai artefak dan temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar Trowulan.

Kebanyakan dari koleksi museum ini berasal dari masa kerajaan Majapahit, akan tetapi koleksinya juga mencakup berbagai era sejarah di Jawa Timur, seperti masa kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singhasari.

Museum ini terletak di tepi barat kolam Segaran. Museum Trowulan adalah museum yang memiliki koleksi relik yang berasal dari masa Majapahit terlengkap di Indonesia.

26. Alun-alun Kota Mojokerto

Alun-alun Kota Mojokerto

Alun-alun Kota Mojokerto – foto ig @neyyniningg

Menjadi salah satu tempat berkumpulnya masyarakat mojokerto karena lokasinya berada di pusat kota, Alun-alun Kota Mojokerto telah ditata dan dijadikan kawasan wisata yang ramah lingkungan dan bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Alun-alun Kota Mojokerto berada tepat di pusat kotaMojokerto. Bagi warga Kota Mojokerto dan sekitarnya kawasan ini merupakan tempat rekreasi sekaligus sebagai sarana bersantai bagi keluarga di akhir pekan.

Pada akhir minggu, banyak masyarakat yang beraktifitas di tempat ini. Pada pagi hari, banyak siswa-siswi disekitar kota memanfaatkan tempat ini untuk melakukan kegiatan olahraga ataupun sebagai tempat sarana bermain.

27. Masjid Agung Al Fattah Mojokerto

Masjid Agung Al Fattah Mojokerto

Masjid Agung Al Fattah Mojokerto – foto ig @agusmallagu

Masjid Agung Al Fattah Mojokerto tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja tetapi sering juga dikunjungi wisatawan sebagai sebuah tempat wisata religi khususnya bagi umat muslim.

Masjid Agung Al-Fattah adalah masjid tertua di Mojokerto karena didirikan pada zaman Belanda tepatnya pada tanggal 7 Mei 1878 silam.

Kini masjid tersebut menjadi ikon Kota Onde-onde karena kemegahan bangunannya yang memadukan budaya Islam Timur Tengah dan Majapahit. Masjid Agung Al Fattah berdiri megah di depan Alun-alun Kota Mojokerto.

Masjid Agung Al Fattah Mojokerto ini berada di Jl. Kyai H. Hasyim Ashari No.1, Mergelo, Kauman, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61324.

28. Gereja Protestan Mojokerto / GPIB Immanuel Mojokerto

Gereja Protestan Mojokerto 

Gereja Protestan Mojokerto

Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat Mojokerto  atau yang biasa disingkat GPIB Immanuel Mojokerto merupakan salah satu gereja tertua di Kota Mojokerto dan merupakan peninggalan zaman Belanda yang kini masih dipertahankan dan dijadikan tempat ibadah sekaligus tempat wisata religi umat nasrani.

Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat Mojokerto ini bearad di Jl. Ahmad Yani No.1, Mergelo, Purwotengah, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

28. Klenteng Hok Siang Kiong

Klenteng Hok Sian Kiong

Klenteng Hok Sian Kiong – foto ig @mojokertolike

Salah satu tempat wisata religi di Mojokerto selain masjid agung dan gereja ada bangunan lainnya yang juga cukup artistik dan yakni Klenteng Hok Siang Kiong.

Klenteng Hok Siang Kiong didirikan pada tahun 1895 dengan Ciri khas kedua bangunan itu adalah bentuk arsitekturnya yang khas Cina.

Klenteng Hok Siang Kiong merupakan tempat ibadah atau bersembahyang bagi kebanyakan orang Tionghoa di Mojokerto .

Klenteng Hok Sian Kiong berada di persimpangan jalan di Kota Mojokerto yaitu di Jalan Residen Pamuji dan Jalan PB. Sudirman.

29. Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang – foto ig @kataomed

Sebagai salah satu kawasan wisata yang menyimpan banyak peninggalan bersejarah, kawasan Trowulan di Mojokerto memilki banyak sekali situs percandian yang beragam bentuk dan juga fungsi.

Salah satunya adalah Candi yang saya datangi ini. Candi ini adalah sebuah Gapura atau gerbang bernama Candi Wringin Lawang.

Nah Karena bentuknya yang menyerupai sebuah gerbang atau gapura maka candi ini disebut Lawang (artinya Pintu). Sementara itu untuk penamaan Wringin berasal dari pohon beringin yang ada disekitar candi ini sehingga candi ini mendapat julukan Candi Wringin Lawang.

Candi Wringin Lawang berada di Jatipasar Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto provinsi Jawa Timur, Indonesia. Bangunan ini terletak tak jauh ke selatan dari jalan utama di Jatipasar.

Para sejarawan meyakini Candi ini adalah salah satu pintu gerbang masuk kedalam kawasan kerajaan Majapahit. Hemm saya semakin penasaran dengan bentuk kawasan kerajaan ini mengingat Pada Masanya kerjaan ini menjadi salah satu kerajaan paling berpengaruh bagi Indonesia terutama lewat kesuksesan patihnya Gajah Mada yang mengawali pembentukan Nusantara.

30. Candi Brahu

Candi Brahu

Candi Brahu – foto ig @tarivc

Candi Brahu Merupakan Salah Satu Candi Yang Ada Dikawasan Trowulan Mojokerto Dan Cukup Bersejarah Bagi Masa Kejayaan Majapahit.

Candi Brahu Terletak Di Dalam Kawasan Situs Arkeologi Trowulan, Bekas Ibu Kota Majapahit Yang Menjadi Salah Satu Kawasan Wisata Unggulan Mojokerto.

Candi Brahu Ini Berada Di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Atau Sekitar Dua Kilometer Ke Arah Utara Dari Jalan Raya Mojokerto – Jombang.

31. Candi Bangkal

Candi Bangkal

Candi Bangkal – foto ig @dundi_myniza

Selain Candi Brahu Dan Candi Wringin Lawang, Ada Banyak Candi-Candi Yang Masih Berdiri Kokoh Dan Masih Sama Bentuknya Seperti Sebelumnya Seperti Salah Satunya Adalah Candi Bangkal.

Candi Bangkal Adalah Sebuah Candi Peninggalan Majapahit Yang Terletak Di Desa Candiharjo, Dusun Bangkal, Kecamatan Ngoro, Mojokerto Jawa Timur.

Kawasan Candi Bangkal  Juga Menjadi Salah Satu Tempat Wisata Bersejarah Di Mojokerto Yang Sering Dikunjungi Wisatawan.

32. Gunung Penanggungan

Penanggungan

Penanggungan – foto ig @aryobagusp

Gunung Penanggungan atau yang dulu disebut Gunung Pawitra adalah gunung berapi kerucut dalam kondisi istirahat yang berada di Jawa Timur, Indonesia.

Posisinya atau lokasi Gunung Penanggungan berada di perbatasan dua kabupaten, yaitu Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan dan berjarak kurang lebih 55 km sebelah selatan kota Surabaya.

Ketinggian Gunung Penanggungan sendiri hanya 1.653 m sehingga gunung ini menjadi salah satu lokasi pendakian di Mojokerto yang paling sering didatangi para pendaki.

Gunung Pawitra Mojokerto

Gunung Pawitra Mojokerto – foto ig @fahmiadimara

Gunung Penanggungan juga sering dianggap sebagai miniatur dari Gunung Semeru, karena hamparan puncaknya yang sama-sama terdapat pasir dan batuan yang luas.

Gunung Penanggungan merupakan gunung kecil yang berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang jauh lebih besar.

Meskipun kecil, gunung Penanggungan ini memiliki keunikan dari sisi kesejarahan seperti salah satunya banyak candi-candi yang dijumpai disepanjang jalur pendakianya.

33. Candi Jedong

Candi Jedong

Candi Jedong – foto g maps Nizar Firmansyah

Masih Tentang Percandian, Wisata Candi Di Mojokerto Yang Satu Ini Adalah Bernama Candi Jedong.

Candi Jedong Juga Bentuknya Cukup Unik Karena Seperti Bangunan Gapura Dengan Tipe Paduraksa.

Bangunan Candi Jedong Ini Diperkirakan Sudah Didirikan Pada Abad Ke-14 M Ini Terletak Di Lerang Utara Gunung Gajahmungkur, Salah Satu Gunung Pengapit Gunung Penanggungan, Yang Terletak Di Desa Watonmas Jedong, Kecamatan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur.

Wujud bangunan Candi Jedong masih utuh dimana di bagian atas ambang pintu terdapat hiasan kala. lalu Pada sisi kiri dan kanan bangunan terlihat bagian menyambung pada suatu bekas pagar atau benteng.

Gapura Candi Jedong ini termasuk dalam kompleks kepurbakalaan Gunung Penanggungan. Lokasi candi juga menjadi titik awal pendakian ke Gunung Penanggungan melalui jalur Ngoro.

34. Coban Jubel

Coban Jubel Pacet, Mojokerto

Coban Jubel Pacet, Mojokerto – foto ig @khafid_rosyadi

Air Terjun Di Mojokerto Juga Bisa Dibilang Cukup Banyak Dan Semuanya Indah. Salah Satu Air Terjun Di Mjokerto Yang Wajib Kalian Kunjungi Adalah Coban Jubel.

Air Terjun Jubel Atau Biasa Disebut Coban Jubel Ini Berada Di Kawasan Hutan Pinus Dusun Claket, Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

35. Candi Jolotundo

Candi Jolotundo

Candi Jolotundo – foto g maps ady el cotrex ady el cotrex

Candi Jolotundo Adalah Salahs Atu Candi Kuno Yang Juga Bersejarah Pada Masa Peninggalan Kerjaaan Majapahit Yang Berada Di Dukuh Balekambang, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas.

Lokasi Candi Jolotundo Dapat Ditempuh Kurang Lebih 55 Kilometer Dari Kota Surabaya. Akses Jalan Menuju Candi Dapat Ditempuh Lewat Trawas Dengan Menyisiri Lereng Gunung Penanggungan Dengan Medan Yang Cukup Berkelok-Kelok.

Candi Jolotundo Merupakan Wujud Rasa Cinta Raja Udayana Dalam Menyambut Kelahiran Airlangga. Sehingga Pada Tahun 997 Masehi, Raja Udayana Membangun Candi Jolotundo.

Namun Terdapat Sumber Lain Yang Menyebutkan Bahwa Candi Jolotundo Merupakan Tempat Pertapaan Dari Airlangga Setelah Mengundurkan Diri Dari Singgasana Kerajaan Kahuripan Dan Digantikan Oleh Anaknya.

36. Candi Kesiman / Candi Cungkup

Candi Kesiman atau Candi Cungkup

Candi Kesiman atau Candi Cungkup – foto g maps DICKY FIRMANSYAH

Wisata Percandian Di Mojokerto Selanjutnya Adalah Candi Kesiman atau yang bisa juga disebut Candi Cungkup Berada Di Dusun Kesiman, Desa Kesiman Tengah, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

Candi Kesiman Letaknya Sekitar 500 Meter Dari Jalan Raya Pacet-Gondang Dan 200 Meter Dari Jalan Poros Desa. Untuk Menjangkau Lokasi, Pengunjung Bakal Menelusuri Jalanan Sempit Berlumpur Lebih Mirip Pematang Sawah.

Berjarak 50 Meter Sebelum Candi, Pengunjung Melintasi Pematang Sawah Dengan Lebar Kurang Dari Setengah Meter. Lokasi Candi Berada Di Lereng Bukit. Dari Situ Terlihat Jurang Dimana Berada Anak Sungai Yang Dinamai Kali Cungkup Oleh Warga Setempat.

Dari Candi Kesiman Ini Kita Bahkan Bisa Melihat Panorama Pegunungan Yang Melingkupi Kawasan Mojokerto Bagian Tenggara Yakni Gunung Welirang, Gunung Sidiran, Dan Gunung Biru.

37. Candi Kedaton Sumur Upas

Candi Kedaton Sumur Upas

Candi Kedaton Sumur Upas – foto g maps Prasetyo Hadi

Tempat Wisata Bersejarah Di Mojokerto Yang Terakhir Adalah Candi Kedaton Sumur Upas. Candi Kedaton Candi Kedaton Adalah Salah Satu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Dan Termasuk Dalam Sejarah Kerajaan Majapahit.

Diduga Candi Kedaton Ini Sudah Ada Pada Abad Ke 13. Dilihat Dari Bentuk Candi Kedaton, Diduga Bangunan Ini Dulunya Merupakan Rumah Dari Seseorang Yang Memiliki Kedudukan Yang Cukup Istimewa Di Masa Kerajaan Majapahit.

Mereka Yang Tinggal Di Kawasan Candi Kedaton Ini Biasanya Memiliki Gelar Bangsawan. Lokasi Candi Kedaton Ini Berada Di Dusun Kedaton, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

***

Demikian ulasan mengenai 37 tempat wisata di Mojokerto terbaru dan juga yang paling hits.

Buat kamu yang masih bingung mencari tempat liburan bareng keluarga, tak ada salahnya ,mencoba berkunjung ke Mojokerto.

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of