KATA OMED

Inilah 7 Tempat Wisata di Sekitar Danau Toba, Sumatera Utara

Provinsi Sumatera terkenal dengan wisata alamnya yang luar biasa yaitu Danau Toba. Danau Toba notabene adalah danau alamiah yang memiliki ukuran besar. Letaknya berada di Kaldera Gunung Supervulkan.

Kemudian, di danau Toba ini dulunya adalah merupakan tempat letusan gunung berapi yang super dahsyat.

danau toba sumatera utara

danau toba sumatera utara – foto ig @hol_shn

Tempat wisata Danau Toba juga mempunyai legenda yang cukup terkenal yaitu legenda Pulau Samosir. Maka tak heran, apabila cerita legenda Pulau Samosir ini pun seolah menjadi daya tarik bagi wisatawan lain untuk berkunjung ke Danau Toba.

Namun, di sekitar tempat wisata Danau Toba juga terdapat banyak wisata menarik lainnya yang layak untuk dikunjungi.

Berikut ini adalah 7 rekomendasi tempat wisata menarik di sekitar Danau Toba yang wajib kalian kunjungi.

1. Kota Parapat

Kota Parapat

Kota Parapat – foto edodo.id

Parapat merupakan nama sebuah kota di Sumatra Utara. Nah, ini dia adalah kota yang bakal kalian lewati saat melakukan perjalanan menuju kawasan Danau Toba.

Di kota ini, kalian juga akan disuguhi pemandangan hewan kera yang berkeliaran bebas.

Mungkin hampir mirip seperti kawasan wisata Hutan Sangeh di Bali. Kemudian, kalian juga diperbolehkan untuk memberi makan monyet liar dan mengambil gambar bersama dengan monyet-monyet yang menggemaskan.

2. Pulau Samosir

pulau samosir

pulau samosir – foto ig @raryon

Tempat wisata kedua yang bisa dikunjungi di sekitar Danau Toba yaitu Pulau Samosir. Letak pulau Samosir berada di tengah-tengah Danau Toba.

Dari pulau Samosir ini kalian juga bisa menikmati indahnya panorama Danau Toba dari berbagai arah.

Daya tarik pulau ini yang bisa kalian jumpai adalah pegunungan hijau dan juga pemandangan warna biru air danau nan eksotis. Sungguh keindahan alam yang luar biasa dan cerita legendanya pun terkenal juga.

3. Desa Tongging

Desa Tongging

Desa Tongging – foto simandanew.com

Selain ada kota Parapat, kalian juga bisa berkunjung ke desa Tongging. Desa ini terletak di bagian utara wisata Danau Toba.

Dari desa ini juga kalian bisa melihat keindahan Danau Toba dari ketinggian 900 mdpl. Bisa dibayangkan udara sejuk akan dapat kalian rasakan dari tempat yang memikat ini.

Daya tarik lain dari desa Tongging adalah adanya air Terjun Sipiso-piso. Konon, air terjun ini merupakan air terjun paling tinggi di Indonesia. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang ingin melihat objek wisata air terjun di desa Togging.

4. Pulau Sibandang

pulau sibandang

pulau sibandang – foto @pesona.id

Tempat wisata lain yang ada di sekitar Danau Toba adalah Pulau Sibandang. Lokasi pulau Sibandang ini berada dekat dengan Pulau Samosir yaitu di Muara Tapanuli Utara.

Danau Toba memiliki dua pulau, Samosir sebagai pulau terbesar dan Sibandang. Pulau Sibandang berlokasi di wilayah Tapanuli Utara yang beribukotakan Tarutung.

Pulau ini memang memiliki potensi alam yang luar biasa. Berada di tengah Danau Toba, pulau ini terlihat sangat cantik dan cukup mencolok di banding pulau lain di sekitarnya.

Di Pulau Sibandang kita bisa menikmati proses pembuatan Ulos Harungguan di Desa Papande. Ulos di sini dibuat secara tradisional.

Mulai dari bahan kapas sampai pembuatan benang dan pewarnaannya, motif yang ditawarkan pun sangat beragam. Ulos di sini dahulu diperuntukan bagi para raja, sehingga Ulos Harungguan ini terkenal sebagai rajanya ulos.

Untuk bisa menuju ke tempat tujuan wisata pulau Sibandang kalian harus menyewa kapal milik penduduk sekitar.

5. Desa Bakara

Desa Bakara Sumatera Utara, Danau Toba

Desa Bakara Sumatera Utara, Danau Toba- foto: venuemagz.com

Tempat wisata lain yang tak kalah menakjubkan di sekitar Danau Toba adalah Bakara. Lokasi wisata Bakara ini berada persis di sekitar Danau Toba.

Jadi, dari Bakara ini kalian sangat bisa melihat keindahan Danau Toba yang memanjakan mata. Berupa pegunungan dengan tebing-tebing berwarna hijau nan menjulang tinggi.

6. Wisata Pusuk Buhit

Pusuk Buhit

Pusuk Buhit – foto ig @agungmaranathapane

Selain Bakara, ada tempat wisata lain lagi yang layak untuk dikunjungi yaitu Pusuk Buhit. Tempat wisata ini merupakan perbukitan yang lokasinya berada di Pulau Samosir.

Selain itu di Pusuk Buhit kalian juga bisa menjumpai air terjun yang indah. Agar kalian bisa melihat pemandangan air terjun yang eksotis ini harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 500 meter.

Namun, sesampainya di Pusuk Buhit semua rasa lelah terbayar sudah karena keindahan air terjunnya.

7. Pantai Lumban Silintong Balige

Pantai Lumban Silintong Balige

Pantai Lumban Silintong Balige – foto ig @indah_manik97

Tidak hanya bukit dan air terjun saja yang bisa kalian singgahi saat berkunjung ke sekitar Danau Toba.

Kalian juga bisa pergi berwisata ke pantai. Nama pantainya adalah Lumban Silintong Balige. Pantai ini berada di dekat Desa Lumban Silintong Toba Samosir.

Ada hal yang menarik dan unik yang bisa kalian jumpai yaitu melihat anak-anak desa menyelam di air. Kemudian, kalian bisa melempar uang koin kepada anak-anak yang berenang di danau.

**

Itulah tadi ulasan singkat mengenai 7 Tempat Wisata di Sekitar Danau Toba, Sumatera Utara yang bisa kamu kunjungi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of