7 Gunung Tertinggi Di Aceh Dan Bisa Didaki

Aceh Adalah Salah Satu Provinsi Yang Terletak Paling Utara Pulau Sumatera. Selain Terkenal Dengan Tarian Khasnya, Aceh  Juga Terkenal Dengan Kuliner, Wisata Alamnya Dan Juga Budayanya.

Ada Banyak Sekali Gunung Di Aceh Yang Tersebar Di Berbagai Kabupaten Di Aceh Terutama Gunung-Gunung Yang Tinggi Dan Berada Dikawasan Taman Nasional Seperti Di Taman Nasional Gunung Leuser.

Gunung-Gunung Di Aceh Terkenal Masih Alami Dan Jarang Di Daki Karena Selain Trekingnya Yang Sulit Juga Jalurnya Masih Banyak Berupa Hutan Belantara Yang Cukup Membutuhkan Waktu Yang Lama Untuk Mendakinya.

Baca juga :

peta aceh

peta aceh

Berikut Ini Saya Merangkum Mengenai Daftar 7 Gunung Yang Ada Di Aceh Yang Bisa Didaki Jika Kalian Ingin Mendakinya :

  1. Gunung Leuser – 3.404 Mdpl
  2. Gunung Bandahara -3.030 Mdpl
  3. Gunung Geureudong – 2.885 Mdpl
  4. Gunung Perkison -2.828 Mdpl
  5. Gunung Burni Telong – 2.600 Mdpl
  6. Gunung Kembar – 2345 Mdpl
  7. Gunung Seulawah Agam – 1.726 Mdpl

Sebenarnya Ada Banyak Sekali Gunung Di Aceh Yang Bisa Didaki, Namun Saya Hanya Kan Merangkumnya Menjadi 7 Gunung Saja Yang Juga Merupakan Gunung Tertinggi Yang Ada Di Aceh. Berikui Ini Ulasanya :

1. Gunung Leuser, Gunung Tertinggi Di Aceh – 3.404 mdpl

puncak gunung leuser, Gunung Tertinggi Di Aceh

puncak gunung leuser, Gunung Tertinggi Di Aceh – foto ig @anis.pook

Gunung Leuser Adalah Gunung Yang Ada Di Aceh Yang Bisa Didaki Yang Sangat Terkenal Di Indonesia. Selain Karena Merupakan Gunung Tertinggi Di Aceh, Gunung Leuser Juga Sangat Menantang Jalur Dan Treknya Bagi Para Pendaki.

Gunung Leuser adalah Gunung Tertinggi Di Aceh dan Juga Menjadi Puncak Kedua Tertinggi Di Sumatera Setelah Gunung Kerinci Dengan Jalur Pendakian Terpanjang Se Asia Tenggara Yang Bisa Memakan Waktu Berhari Hari Bahkan Hampir Setengah Bulan.

Gunung Leuser Sendiri Berada Didalam Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser Biasa Disingkat TNGL.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser – foto ig @furkyrs

Taman Nasional Gunung Leuser Merupakan Satu Kawasan Pelestarian Alam Di Indonesia Seluas 1.094.692 Hektare Yang Secara Administrasi Pemerintahan Terletak Di Provinsi Aceh Dan Sumatra Utara.

Gunung Leuser Merupakan Salah Satu Puncak Tertinggi Dari Puncak Pegunungan Leuser Dengan Ketinggiannya Yang Mencapai 3,404 Mdpl.

Pintu Gerbang Utama Untuk Melakukan Pendakian Gunung Leuser Adalah Di Dusun Kedah, Desa Panosan Sepakat, Blang Jerengo, Kabuputen Gayo Lues, Aceh.

Savana Lapangan Bola Gunung Leuser

Savana Lapangan Bola Gunung Leuser – foto ig @mhd_iqbaell

Untuk Bisa Sampai Di Dusun Kedah Ini, Kita Dapat Mmelakukan Perjalanan Dengan Menggunakan Transportasi Darat Jurusan Kutapanjang/Blangjerengo Yang Berjarak Sekitar 9 Km.

Perjalanan Kemudian Dilanjutkan Naik Becak Mesin Hingga Ke Dusun Kedah Sejauh 5 Km.

Di Dusun Kedah Inilah Ada Pos Jaga Gunung Leuser Dimana Para Pendaki Wajib Mengurus Perizinan Sebalum Melanjutkan Perjalanan Mendaki Gunung Leuser Atau Menelusuri Belantara Pegunungan Leuser.

2. Gunung Bandahara – 3.030 mdpl

Gunung Bandahara

Gunung Bandahara – foto ig @gunung.sumatra

Selain Gunung Leuser, Di Gayo Luas Juga Ada Gunung Tinggi Lainnya Yang Bisa Kamu Daki Yakni Gunung Bandahara.

Gunung Bandahara Aceh Ini Memiliki Ketinggian 3012 Mdpl Dan Kondisi Gunung Ini Sudah Lama Tidak Aktif.

Gunung Bandahara Adalah Gunung Yang Terdapat Di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, Indonesia Dimana Jarak Dari Kota Blang Kejeran Ibu Kota Kabupaten Gayo Lues Sekitar 50 Ke Arah Tenggara – Timur.

pendakian Gunung Bandahara

pendakian Gunung Bandahara – foto ig @sumatera_mountain

puncak Gunung Bandahara

puncak Gunung Bandahara – foto ig mapatepa unja

Sedangkan Jarak Gunung Bandahara Dari Kota Kutacane, Ibu Kota Kabupaten Aceh Tenggara, Sekitar 35 Km Arah Utara – Barat Laut.

Gunung Bandahara Ini  Mungkin Namanya Tidak Setenar Gunung Leuser Dan Jarang Didaki Oleh Para Pendaki. Selain Karena Masih Sangat Lebat Hutanya Juga Jalur Pendakianya Tidak Sepopuler Leuser.

Untuk Saat Ini Gunung Bandahara  Hanya Boleh Didaki Oleh Para Pendaki Yakni Hanya Berada Diketinggian 2400 Mdpl Sampai 2900 Mdpl, Karena Gunung Bandahara Masih Tergolong Gunung Yang Jarang Didaki Oleh Pendaki.

3. Gunung Geureudong – 2.885 mdpl

puncak Gunung Geureudong

puncak Gunung Geureudong – foto ig @t.rajaakbar_

Gunung Yang Ada Di Aceh Dan Bisa Didaki Selanjutnya Adalah Gunung Geureudong Yang Memiliki Ketinggian 2.885 Mdpl .

Gunung Geureudong Ini Beraa Di Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Untuk Melakukan Pendakian Bisa Dilakukan Lewat Desa Wih Porak Atau Desa Bukit Mulie, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Gunung Geureudong Masih Sangat Alami Dan Sangat Jarang Dijamah Oleh Para Pendaki. Jalur Atau Trek Pendakianya  Cukup Panjang Dan Lama Yakni Sepanjang 10 Km Lebih Atau Butuh Waktu Sekitar 5-7 Harian Mendaki.

jalur pendakian Gunung Geureudong

jalur pendakian Gunung Geureudong – foto ig @arfanda

Gunung Geureudong Juga Terbilang Jenis Gunung Yang Cukup Menantang Dan Sangat Cocok Bagi Para Pendaki Yang Suka Dengan Hal-Hal Yang Bisa Memicu Adrenalin.

Yang Menarik Dari Gunung Geureudong Ini Adalah Kita Bisa Menjumpai Kawasan Gajah Atau Hanya Sekedar Jejak Gajah Sumatera. Biasanya Para Gajah Ini Sering Berada Di Lembah Tamat Sebelum Di Kita Tiba Puncak Gunung.

Di Lembah Tamat Ini Ada Sebuah Padang Savana Yang Bisa Menjadi Spot Foto Menarik Dan Instagramable Dan Sangat Indah.

savana Gunung Geureudong

savana Gunung Geureudong – foto ig @pajalansurang

Tak Hanya Bisa Melihat Gajah Dan Savana Yang Indah Saja, Saat Kita Melakukan Pendakian Ke Gunung Geureudong Ini Maka Saat Berada Di Kaki Gunung Geureudong, Kita Bisa Menikmati Sumber Air Panas.

Sumber Air Panas Gunung Geureudong Ini Sendiri Terletak Di Antara Hutan Bambu Air Di Desa Wih Porak Lancang.

4. Gunung Perkison -2.828 mdpl

puncak Gunung Perkison

puncak Gunung Perkison – foto ig @m_randa_aritanoga

Gunung Perkison Adalah Salah Satu Gunung Di Aceh Yang Juga Bisa Kamu Daki.

Gunung Perkison Ini Berada Di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, Indonesia. Jarak Dari Kota Kutacane Yakni Ibu Kota Kabupaten Aceh Tenggara, Sekitar 30 Km Ke Arah Barat Laut.

Gunung Perkison Memiliki Ketinggian 2.828 Mdpl. Dan Gunung Ini Menjadi Salah Satu Gunung Di Aceh Yang Jarang Didaki Karena Medan Yang Sulit Dan Juga Akses Yang Belum Familiar.

pendakian Gunung Perkison

pendakian Gunung Perkison – foto ig @kayumanis057

Jalur Pendakian Gunung Perkison Ini Bisa Dilakukan Melalui Desa Lawe Harum, Kecamatan Badan, Kabupaten Aceh Tenggara. Lokasinya Tak Jauh Dari Tanah Menrah Yang Menjadi Lokasi Kantor Ppa.

Gunung Perkison Juga Masuk Kedalam Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser Dimana Sebagian Lokasinya Juga Berada Di Wilayah Sumatera Utara Karena Gunung Perkison Ini Juga Berbatasan Dengan Wilayah Sumatera Utara.

Dari Puncak Gunung Perkison  Ini Kita Bis Amelihat Keindahan Bentangan Alam Dan Hutan Belantara Serta Sungai Alas Bahkan Kota Cane Sendiri.

5. Gunung Burni Telong – 2.600 mdpl

Gunung Burni Telong

Gunung Burni Telong – foto ig @eld_fadiel17

Selain Gunung Geureudong, Di Wilayah Kabupaten Bener Meriah, Aceh Juga Ada Gunung Cantik Lainnya Yang Bisa Didaki Yakni Gunung Burni Telong Atau Yang Sering Disebut Gunung Telong.

Ketinggian Puncak Gunung Burni Telong Adalah 2624 Meter Di Atas Permukaan Laut. Pendakian Ke Gunung Ini Bisa Dimulai Dari Perempatan Simpang Pondok Kabupaten Bener Meriah.

Nah Nantinya Kalian Akan Bertemu Sebuah Pos Ranger Atau Pos Jaga Yang Akan Menemani Dan Mengawasi Kalian Selama Mendaki Gunung Ini.

gunung burni telong di bener meriah

gunung burni telong di bener meriah – foto ig tiaraglobalcoffeeofficial

Butuh Waktu Sekitar 1,5 Jam Untuk Kita Tiba Di Shelter Pertama. Selain Menjadi Tempat Istirahat, Shelter Pertama Ini Menjadi Satu-Satunya Lokasi Yang Menyimpan Sumber Air.

Pendakian Dari Shelter Satu Menuju Ke Shalter Dua Dibutuhkan Waktu Sekitar 1 Jam Lebih. Begitu Juga Dengan Waktu Perjalanan Dari Shelter Dua Menuju Ke Shalter Tiga Gunung Burni Telong Yang Butuh Sekitar 1 Jam Lebih.

Nah Di Shelter Tiga Gunung Burni Telong Ini Adalah Lokasi Tempat Berkemah Setiap Pendaki Sebelum Menuju Puncak Atau Summit Ke Burni Telong.

pendakian Gunung Burni Telong

pendakian Gunung Burni Telong – foto ig @hafiez_96

Untuk Summit Ke Puncak Gunung Burni Telong Kita Membutuhkan Waktu Skitar Tiga Jam Lebih.

Jadi Jika Ingin Melihat Lautan Awan Dan Matahari Terbit Dari Puncak Gunung Burni Telong, Kalian Harus Summit Lebih Awal Yakni Sekitar Jam 2 Atau 3 Dini Hari.

Menurut Catatan, Gunung Burni Telong Termasuk Jenis Gunung Berapi Kerucut Dan Gunung Burni Telong Pernah Meletus Sebanyak 5 Kali Di Tahun 1837, 1839, 1856, 1919, Dan 1924 Masehi.

gunung burni telong

gunung burni telong – foto Rizki Abyazi

Kini Gunung Burni Telong  Menjadi Salah Satu Gunung Yang Banyak Dijadikan Lokasi Pendakian Oleh Penikmat Ketinggian. Selain Cantik Dan Indah, Trek Gunung Burni Telong  Juga Tidak Sepanjang Gunung Lainnya .

Bahkan Di Sekitar Gunung Burni Telong  Ini Ada Banyak Bunga Edelwise Dan Kantong Semar Hingga Terkadang Berjumapa Dengan Hewan-Hewan Yang Unik.

7. Gunung Seulawah Agam – 1.726 Mdpl

Gunung Seulawah Agam

Gunung Seulawah Agam – foto ig @miftahull.fikri

Gunung Tertinggi Di Aceh Dan Bisa Didaki Lainnya Adalah Gunung Seulawah Agam.

Gunung Seulawah Agam Adalah Sebuah Gunung Berapi Yang Terletak Di Kecamatan Seulimeum Dan Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Salah Satu Sumber Mengatakan Jika Gunung Seulawah Agam Ini Terakhir Meletus Pada Tahun 1839 Dan Pada Tahun 2013 Lalu.

Baca juga : inilah 7 upacara adat di sumatera yang masih sering dilakukan

puncak Gunung Seulawah Agam

puncak Gunung Seulawah Agam – foto ig @yeny_novianti

Secara Administratif Gunung Seulawah Agam Ini Terletak Pada Dua Kabupaten Sekaligus Yaitu Kabupaten Pidie Dan Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Gunung Seulawah Agam Atau Yang Juga Dikenal Dengan Nama Gunung Solawa Agam Ini Memiliki Ketinggian 1.726 Mdpl Dan Sering Didaki Oleh Mereka Yang Menyukai Aktivitas Pendakian.

Gunung Seulawah Agam aceh

Gunung Seulawah Agam aceh – foto ig @aanpixx

Untuk Mencapai Lokasi Pos Pendakian Gunung Seulawah Agam, Kita Harus Menempuh Jarak Kurang Lebih 70 Kilometer Atau Melakukan Perjalanan Selama 1,5 Jam Dari Kota Banda Aceh.

Pendakian Gunung Seulawah Agam Biasanya Dilakukan Dari Desa Saree Dan Melanjutkan Perjalanan Hingga Memasuki Pintu Rimba Batas Antara Pemukiman Warga Dan Hutan Gunung Seulawah Agam.

Sebenarnya Ada Empat Jalur Yang Bisa Didaki Untuk Mencapai Puncak Gunung Seulawah Agam Yakni Jalur Sare, Jalur Lamtamot, Jalur Lam Teuba, Dan Jalur Lengah.

Setiap Jalur Ini Memiliki Tingkat Kesulitan Tersendiri Namun Jalur Pendakian Favorit Gunung Seulawah Agam Yang Sering Dilewati Pendaki Adalah Jalur Sare.

jalur pendakian Gunung Seulawah Agam

jalur pendakian Gunung Seulawah Agam – foto ig @m.iskarmunandar

Hal Ini Disebabkan Karena Jarak Dari Pos Awal Pendakian Menuju Ke Puncak Gunung Seulawah Agam Tidak Terlalu Jauh Yakni Hanya Berjarak 5 Km Dan Bisa Ditempuh Dalam Waktu 10 Jam Untuk Tiba Di Puncak.

Start Pendakian Gunung Seulawah Agam Dimulai Dari Pintu Rimba Kemudian Kita Akan Melewati Pintu Angin, Pos Beringin Tujuh, Tangga Batu, Batu Gajah, Hutan Lumut, Lapangan Upacara, Dan Puncak Gunung Seulawah Agam.

Ada Yang Unik Pada Saat Mendaki Gunung Seulawah Agam Yakni Saat Kita Berada Di Shelter Kedua Yang Disebut Dengan Beringin Tujuh.

beringin tujuh Gunung Seulawah Agam

beringin tujuh Gunung Seulawah Agam – foto ig @rzky_syariff

Di Pos 2 Ini Atau Yang Juga Disebut Beringin Tujuh Kita Akan Menjumpai 7 Pohon Beringin Besar Yang Konon Sudah Hidup Selama Ratusan Tahun Di Hutan Gunung Seulawah Agam.

Gunung Seulawah Agam Juga Menawarkan Panorama Alam Yang Masih Alami, Rimbun Dan Sejuk. Gunung Seulawah Agam Memiliki Sebuah Kawah Cantik Yang Bernama Kawah Heutsz.

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of