Wisata ke Lubang Jepang Bukittinggi, Goa Terpanjang di Indonesia dan Asia

Melanjutkan perjalanan dari Sibolga Sumatera Utara, kota berikutnya yang saya Kunjungi adalah Kota Tokoh Idola Saya, Bung Hatta. Yap saya berkunjung ke kota BukitTinggi di Sumatera Barat.

Selama dikota yang Adem dan seger baik pemandanganya, kulinernya maupun orang2nya ini saya menumpang dirumah salah satu pemuda panutan kaka Sutanrjmudo yang mengabdi dimasa mudanya untuk meneruskan gelar Adat dan Budaya Minangkabau (cus buat kelian yang mau cari jodoh orang Minang, dia masih single). Dan selama disana dia juga yang menemani saya keliling Bukittingi.

Baca JugaInilah Goa Putri, Goa yang terbentuk karna dikutuk menjadi Batu

Terowongan Goa Jepang

Lubang Jepang, adalah Goa Terowongan Terpanjang di Asia

Salah satu Destinasi wisata yang saya kunjungi adalah Lubang Jepang atau yg biasa disebut Goa Jepang. Goa ini adalah salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat, Indonesia. Goa Jepang ini adalah sebuah lubang terowongan atau bunker yang digunakan untuk perlindungan dan pertahanan tentara pendudukan Jepang sekitar Tahun 1942 silam.

Pintu pertama Trowongan Lubang Jepang

Goa Lubang Jepang Bukittinggi

Banyak cerita sedih yang terjadi digoa ini. Misalnya saat proses pembuatan Lubangnya. Diperkirakan puluhan sampai ratusan ribu tenaga kerja paksa atau romusha dikerahkan dari pulau Jawa , Sulawesi  dan Kalimantan  untuk menggali terowongan ini. Tak terhitung jumlah korban jiwa saat proses penggalianya hingga pembangunanya.

Baca JugaLezatnya mie Racing, Mie Aceh yang katanya ada bumbu ala ganjanya

Harga Tiket Masuk Goa Jepang

Pintu masuk Lubang jepang

Menurut petugas yang berjaga, Lubang Jepang mulai dikelola sebagai objek wisata sejarah Yaitu pada tahun 1984 oleh pemerintah kota Bukittinggi. Banyak pemugaran dan perbaikan Guna keamanan bagi wisatawan yang datang. Untuk tiket masuknya saja dikenakan Tarif Rp 15.000/ orang dewasa dan Rp 12.000 untuk anak-anak.

Ruang penjara di Lubang Jepang

Sebagai salah satu Goa Atau Terowongan Terpanjang di Indonesia dan juga terpanjang di Asia, Goa jepang inu memilki total panjang Sekitar 8 Km. Dan didalam goa terdapat sekitar 21 lorong kecil dengan berbagai fungsi seperti  ruang amunisi, ruang pertemuan, lubang pelarian, lubang mata-mata hingga ruang penjara.

Ruang Dapur didalam Goa Jepang

Salah satu ujung dilobang Jepang

Sangking panjang dan luasnya area Goa, ada beberapa pintu masuk ke dalam Lubang Jepang ini diantaranya terletak pada kawasan Ngarai Sianok, Taman Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.

Baca JugaInilah Makam pasangan pertama yang memeluk islam di Misool Raja ampat

Pesona Gua Lubang Jepang

Oh ya, Hati2 ya gengs kalo kalian mau masuk kedalam. Bukan hanya soal horornya saja tapi ini goa kek labirin, bakalan susah nemu jalan keluar lagi kecuali dirimu tau betul isi hatinya eh isi goanya maksudnya.

 

 

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of