KATA OMED

Harga Tiket Masuk Ke Lepo Lorun, Atraksi Budaya Suku Sikka Di Maumere

Lepo Lorun, Bukti Nyata Kekuatan Dan Peranan Wanita Dalam Menjaga Budaya Setempat Dan Bisa Kita Lihat Di Kabupaten Sika Kota Maumere Provinsi Nuda Tenggara Timur.

Sebagai Salah Satu Tempat Wisata Budaya Yang Memegang Teguh Peranan Wanita Disetiap Aktifitasnya, Lepo Lorun Yang Berada Di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur Tentunya Bukanlah Tempat Sembarangan Atau Hanya Sekedar Tempat Wisata Biasa Saja.

lepo lorun maumere

lepo lorun maumere

Ada Banyak Sekali Kelebihan Dan Juga Keunikan Yang Diperlihatkan Ditempat Indah Ini. Salah Satunya Adalah Peranan Para Ibu Atau Wanita Yang Menjaga Dan Mengoperasikan Semua Kegiatan Yang Diadakan.

Lepo Lorun Memiliki Arti Rumah Tenun. Yap Ditempat Ini Ada Memang Ada Banyak Kain Tenun Asli Buatan Masyarakat Setempat Yang Dijual Kepada Wisatawan Yang Datang.

Tempat Ini Cukup Unik Karena Berdiri Di Tengah Perkebunan Kakao Dan Kelapa. Suasana Yang Sejuk, Sunyi Dan Nyaman Membuat Tempat Ini Semakin Betah Dan Asik Dikunjungi.

Baca Juga :

gallery tenun sikka di lepo lorun

gallery tenun sikka di lepo lorun

Apa Lagi  Kita Bisa Melihat Beragam Pertunjukan Seni Seperti Musik Dan Tarian Akan Dibawakan Secara Apik Oleh Mama-Mama Ditempat Ini.

Sejarah Dibangunya Lepo Lorun

Ada Sosok Wanita Super Hebat Dibalik Kesuksesan Kawasan Wisata Bdaya Lepo Lorun.

Alfonsa Horeng Begitulah Namanya. Perempuan Asli Sikka, Nusa Tenggara Timur Ini Sudah Mengelola Sentra Tenun Ikat Sejak 2004 Lalu.

Kesadaran Awalnya Tentang Pembangunan Kawasan Wisata Budaya Lepo Lorun Berawal Dari Keprihatinya Menyaksiskan Para Wanita-Wanita Di Kabuaten Sikka Khususnya Para Penenun Yang Sering Terabaikan.

Apalagi Kebudayaan Suku Sikka Mulai Tenggelam Dengan Semakin Gencarnya Pengaruh Moderenisasi Dan Media Sosial Terhadap Anak Muda.

penghargaan yang diraih lepo lorun

penghargaan yang diraih lepo lorun

Berbagai Apresiasi Tinggi Dari Pemerintah Hingga Banyaknya Raihan Gelar Dan Penghargaan Yang Sudah Diberikan Membuat Saya Semakin Kagum Dengan Sosok Beliau.

Salah Satu Rewards Yang Menarik Perhatian Saya Adalah Adanya Piagam Penghargaan Dari Muri Atau Museum Rekor Indonesia Sebagai Orang Yang Membangun, Menjaga, Melestarikan Dan Mengoperasionalkan Tempat Berbudaya Ini.

Fasilitas Yang Ada Di Lepo Lorun

Beragam Fasilitas Disedikan Pengelola Kawasan Lepo Lorun Untuk Memanjakan Dan Membuat Nyaman Pengunjungnya.

Ada Toilet Yang Bersih, Ruang Gazebo Penyambutan Tamu Dan Tempat Bersantai Tamu, Ruang Kesenian Dan Ruang Pameran Kain Tenun.

Tak Hanya Itu Saja, Area Atraksi Budaya Dan Tarian Mama-Mama Suku Sika, Ruang Tenun, Rumah Budaya, Kebun Buah Dan Tanaman Penting Disekitar Lepo Lorun, Hingga Spot Foto Bagi Pengunjung Lepo Lorun Juga Ada Disini.

Sewa Pakaian Adat Suku Sika Di Lepo Lorun

pakaian adat sikka yang disewakan di lepo lorun

pakaian adat sikka yang disewakan di lepo lorun

Pengunjung Yang Datang Ke Kawasan Wisata Lepo Lorun Juga Bisa Mencoba Menyewa Pakaian/Kain Tenun Khas Sikka Dengan Gaya Yang Lebih Kekinian Dan Disesuaikan Dengan Zaman.

Sewa Baju Adat Sikka Dilepo Lorun Standarnya Yakni Rp 100.000 / Costume Sudah Termasuk Dirias Oleh Mama-Mama Disini Dan Didandani Dengan Keceh Jadi Kalian Tak Perlu Khawatir Dengan Penampilan Akhirnya.

Kalian Bisa Bebas Memilih Bentuk Pakaian Adat Dan Bentuk Kain Tenun Yang Akan Dipakai Nantinya Beserta Aksesoris Yang Akan Kalian Gunakan.

Atraksi Budaya Di Lepo Lorun

tarian adat sika yang ditampilkan di lepo lorun

tarian adat sika yang ditampilkan di lepo lorun

Selain Mencoba Pakaian Adat Suku Sikka Atau Ntt Lainnya Di Lepo Lorun, Pengunjung Juga Bisa Melihat Dan Menikmati Atraksi Budaya Seperti Tarian Adat Dengan Iringan Musik Adat Suku Sikka Yang Dilakukan Oleh Semua Mama-Mama Yang Ada Di Lepo Lorun.

Selama Sekitar Sepuluh Menit Mama-Mama Menujukan Kelihaianya Bermain Alat Musik Tradisional Dan Sebagain Mama-Mama Lagi Menari Dengan Asiknya.

atraksi budaya di lepo lorun

atraksi budaya di lepo lorun

Etss Kita Juga Boleh Ikutan Menari Bersama Loh Sampe Sepuasnya. Dijamin Seru Dan Asik.

Selain Atraksi Budaya Berupa Tarian Dan Memainkan Alat Msuik Tradisiona Maumere, Kita Juga Bisa Melihat Proses Pembuatan Tenun Dari Awal Hingga Mejadi Sebuah Kain Tenun Yang Indah.

Nantinya Para Mama-Mama Yang Terbiasa Menenun Akan Menunjukan Proses Pembuatan Tenun Maumere Atau Tenun Kabupaten Sikka Yang Indah.

Mulai Dari Pemintalan Benang, Proses Pewarnaan Kainya, Penjemuran Benang Hingga Menjadi Benang Yang Akhirnya Bisa Digunakan Untuk Menenun Dan Akhirnya Menjadi Sebuah Kain Yang Indah.

Harga Tiket Masuk Lepo Lorun Dan Biaya Melihat Atraksi Budaya Di Lepo Lorun

Lepo Lorun Ikat Flores

Lepo Lorun Ikat Flores

Karena Dikawasan Wisata Lepo Lorun Ini Banyak Penjaga Dan Pengelolanya Terutama Para Mama-Mama, Maka Biaya Untuk Menampilkan Beragam Atraksi Kebudayaan Juga Tak Murah.

Setiap Rombongan Yang Datang Dan Ingin Melihat Atraksi Budaya Kesenian Atau Tarian Biasanya Dikenakan Biaya 300.000 – Rp 500.000 Tergantung Jumlah Pengunjungnya.

Lalu Jika Ingin Melihat Atrkasi Proses Penenunan Kain Tenun Sika Dari Awal, Maka Setiap Pengunjung Dikenakan Biaya Rp 50.000.

sewa costum di lepo lorun

sewa costum di lepo lorun

Sementara Jika Ingin Menikmati Minuman Khas Kabupaten Sika Dan Makananya, Harganya Bervariasi Seperti Teh Merah Atau Kopi Dikenakan Biaya 10.000/ Gelasnya.

Untuk Mencoba Pakaian Adat Suku Sika Atau Pakaian Adat Maumere Dari Hasil Tenunan Ditempat Ini, Tarifnya Beragam Mulai Dari Rp 100.000 Include Aksesoris Dan Juga Sudah Didandani.

Dan Untuk Harga Tiket Masuknya, Kawasan Lepo Lorun Tidak Memungut Biaya Sama Sekali Alias Gratis. Bahkan Meski Gratis Kita Bisa Melihat Kain Tenun Yang Dijual Dan Dipajang Ditempat Ini.

**

Berada Diantara Para Wanita Keceh Dan Hebat Ini Membuat Saya Menyadari Jika Kemampuan Wanita Tak Hanya Sekedar Merias Diri Namun Juga Mampu Melakukan Apa Saja Dengan Kemampuanya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of