KATA OMED

Inilah 25 Tempat Wisata Di Maumere Terbaru Dan Paling Terkenal

Tempat Wisata Di Maumere kabupaten sikka sangat banyak dan beragam mulai dari wisata alam pantai, pulau, snorkling, diving hingga wisata budaya dan sejarah juga ada di kota yang terkenal dengan lagunya ini.

Kota Maumere Adalah Sebuah Kecamatan Di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Maumere Adalah Ibu Kota Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Kota Maumere Memiliki Jumlah Penduduk Sebanyak 70.000 Jiwa Sementara Jumlah Penduduk Kabupaten Sikka Pada Tahun 2017 Berjumlah 317.292 Jiwa Dengan Kepadatan 183,20 Jiwa/Km².

Selamat datang di Maumere

Berdasarkan Catatan, Kota Maumere Pernah Diguncang Tsunami Pada 1992 Menewaskan Lebih Dari 900 Orang. Kota Maumere Memiliki Bandar Udara Terbesar Di Pulau Flores dan kota Maumere juga Menjadi Pintu Gerbang Wilayah Timur Pulau Flores .

Berikut Ini Adalah Daftar 25 Tempat Wisata Di Maumere Terbaru Dan Paling Terkenal Dan Wajib Kalian Kunjungi Saat Explore Ibu Kota Kabupatten Sikka Flores Ini.

1. Pantai Pasir Putih Doreng

Pantai Pasir Putih Doreng

Pantai Pasir Putih Doreng – foto ig @samglg

Salah Satu Tempat Wisata Alam Di Maumere Yang Bisa Kalian Kunjungi Adalah Pantai Pasir Putih Doreng.

Pantai Pasir Putih Doreng Ini Memiliki Keindahan Hamparan Pasir Putih Dan Pasir Coklat Yang Dipadukan Dengan Lautan Biru Dan Alam Yang Indah Terlebih Saat Sore Hari.

Pantai Pasir Putih Doreng Ini Terletak Di Desa Nen Bura, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

2. Pulau Pemana Kecil / Pulau Anano

Pulau Anano

Pulau Anano – foto ig @lgc_mof

Tempat Wisata Baru Atau Destinasi Wisata Baru Di Kabupaten Sikka, Flores Salah Satunya Adalah Pulau Anano Atau Yang Biasa Disebut Pulau Pemana Kecil.

Pulau Anano Ini Terletak Di Desa Pemana Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka., Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju Pulau Anano, harus menempuh perjalanan laut selama 2 jam 15 menit.

Para pengunjung bisa menggunakan kapal-kapal motor yang melayani rute Maumere-Pemana baik dari Pelabuhan Laut Laurens Say Maumere, atau dengan menggunakan feri dari Pelabuhan Penyeberangan Feri Kewapante.

Jika melalui Pemana, maka dibutuhkan lagi kurang lebih 10 menit dengan kapal-kapal motor tradisional.

3. Lepo Lorun – Tenun Ikat Flores

Tenun Ikat Lepo Lorun

Tenun Ikat Lepo Lorun – foto ig @tabikir

Tenun Ikat Sikka dari Maumere merupakan kain tenun tradisional asli masyarakat Kabupaten Sikka, Maumere, Nusa Tenggara Timur.

nah jika kalian ingin melihat proses pembuatanya dari mulai proses pengumbulan bahan hingga pewarnaan secara tradisional kalian bisa datang ke kawasan wisata adat Tenun Ikat Lepo Lorun.

Tenun Ikat Lepo Lorun ini berada di Jl. Soverdi Kav 1-15 kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

4. Museum Bikon Blewut

Museum Bikon Blewut

Museum Bikon Blewut – foto g maps Yose Bataona

Jika Kalian Menyukai Sejarah, Kabupaten Sikka Juga Memiliki Sebuah Museum Legendaris Yakni Museum Bikon Blewut.

Museum Bikon Blewut Adalah Museum Yang Terletak Di Atas Perbukitan Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka.[1] Museum Ini Menyimpan Beberapa Koleksi Alat-Alat Kebudayaan Dari Era Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum, Hingga Zaman Perunggu.

Selain Koleksi Alat-Alat Kebudayaan, Museum Ini Juga Menyimpan Fosil Fauna Dan Flora Dan Koleksi Seni Budaya Masyarakat Flores Dan NTT Pada Era Kontemporer.

Koleksi Di Museum Bikon Blewut Dikumpulkan Mulai Tahun 1965 Oleh Pater Verhoeven, Misionaris Ordo SVD Yang Memiliki Minat Di Bidang Etnologi, Linguistik, Dan Antropologi Budaya Setempat.

Usaha Pengumpulan Koleksi Kemudian Dilanjutkan Oleh Pater Piet Petu Pada Tahun 80-An Dan Kemudian Menjadi Kepala Museum Dari Tahun 1983 Sampai 1999.

Museum Bikon Blewut  ini berada di jalan raya maumere – ende, universitas. Ledalero, kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

5. Kali Le’a, Magepanda / Desa Magepanda

Desa Magepanda

Desa Magepanda – foto ig @samora_eman

Desa Magepanda Adalah Nama Sebuah Desa Wisata Yang Juga Merupakan Nama Sebuah Kecamatan Di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kecamatan Ini Berjarak Sekitar 30 Kilometer Dari Ibu Kota Kabupaten Sikka Ke Arah Barat.

Pusat Pemerintahannya Berada Di Desa Magepanda. Kecamatan Magepanda Berbatasan Langsung Dengan Kabupaten Ende.

Keindahan Dari Desa Magepanda Ini Adalah Pesona Bentangan Perbukitan, Persawahan Dan Juga Lautanya Yang Indah.

Di Desa Atau Kawasan Kecamatan Magepanda Ini Kita Bisa Melihat Wisata Pantai Magepanda, Pantai Kajuwulu, Pantai Liatua, Bukit Tanjung Salib Dan Juga Wisata Air Terjun Lowo Nio Yang Berada Di Desa Magepanda

6. Pantai Koka

pantai koka maumer

pantai koka maumer – foto ig @pesona_maumere

Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Di Maumere Paling Populer, Pantai Koka Tentunya Memiliki Pemandangan Alam Yang Sangat Indah.

Pantai Ini Memiliki Pasir Putih Yang Cukup Panjang Dan Dibagi Kedalam 2 Kawasan Yang Dibatasi Oleh Sebuah Tebing Besar Dengan Rerumputan Yang Juga Tak Kalah Indahnya.

Pantai Koka Ini Terletak Di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

7.  Pulau Babi

Pulau Babi maumere

Pulau Babi maumere – foto ig @marshallsastra

Tempat Wisata Di Kabupaten Sikka Dan Lokasinya Tak Jauh Dari Kota Maumere Adalah Pulau Babi.

Pulau Babi Adalah Sebuah Pulau Kecil Yang Terletak Di Perairan Sebelah Utara Pulau Flores. Secara Administratif, Pulau Ini Termasuk Wilayah Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Pulau Babi Ini Sempat Tenggelam Pada Waktu Gempa Bumi Dan Tsunami Di Pulau Flores Bagian Timur Pada Tahun 1992.

Pulau Ini Indah Karena Pasir Putih Dan Lautan Yang Bening Sehingga Cocok Dijadikan Sebagai Tempat Snokrlig Dan Bersantai Menikmati Keindahan Laut Maumere.

8. Hutan Lindung Egon Ilimedo

Hutan Lindung Egon Ilimedo

Hutan Lindung Egon Ilimedo – foto ig @nickywalong

Jika Menyukai Aktivitas Treking Atau Adventure Ke Tengah Hutan, Mungkin Kalian Bisa Mengujungi Salah Satu Tempat Wisata Di Kabupaten Sikka Ini Yakni Hutan Lindung Egon Ilimedo.

Saat Ini Kawasan Hutan Lindung Egon Ilimedo Merupakan Kawasan Hutan Terluas Di Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Hutan Lindung Egon Ilimedo Berada Lima Kecamatan Yaitu Kecamatan Waigete, Mapitara, Doreng, Waiblama Dan Talibura.

9. Pulau Pangabatang

Pulau Pangabatang

Pulau Pangabatang – foto ig @wirasuastika

Menjadi Salah Satu Tempat Wisata Unggulan Di Maumere Kabupaten Sikka, Pulau Pangabatang Tentunya Memiliki Keindahan Alam Pulau Yang Sangat Indah.

Pulau Pangabatang  Memiliki Bentangan Pasir Putih Dipadukan Dengan Laut Biru Dan Sangat Jernih Membuatnya Menjadi Salah Satu Destinasi Wajib Yang Harus Kalian Datangi Saat Ke Maumere.

Pulau Pangabatang Ini Keindahanya Tak Sebatas Alam Atasnya Saja Tetapi Keindahan Bawah Lautnya Membuat Pulau Ini Sebagai Salah Satu Spot Lokasi Wisata Snorkling Atau Diving.

Untuk Menuju Pulau Pangabatang, Pengunjung Harus Membelah Teluk Maumere Dengan Kapal Motor Dari Pelabuhan Nangahale, Maumere. Pengunjung Akan Menempuh Perjalanan Selama 45 Menit Dari Pelabuhan Menuju Pulau Pangabatang.

10. Air Terjun Lia Niki Maumere

Air Terjun Lianiki

Air Terjun Lianiki – foto ig @samora_eman

Air Terjun Lianiki Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Baru Yang Mulai Ngehits Di Maumere.

Air Terjun Lianiki  Ini Memiliki Karakteristik Bebatuan Yang Indah Dan Unik Berbeda Dari Air Terjun Lainnya Di Kabupaten Sikka.

Air Terjun Lianiki  Ini Berada Di Desa Gera, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur.

11. Patung Bunda Maria Segala Bangsa

Patung Bunda Maria Segala Bangsa di maumere kabuapten sikka

Salah satu tempat ziarah yang paling terkenal di Maumere adalah Tempat Patung Bunda Maria Segala Bangsa berdiri. Yap di Kota Maumere berdiri sebuah patung megah dan berada cukup tinggi diatas perbukitan atau tepatnya dibawah perbukitan gunung Egon.

Meski hanya Berjarak 16 km dari pusat kota Maumere namun untuk tiba ditempat Patung Bunda Maria Segala Bangsa ini berdiri cukup memakan waktu juga. Terlebih lokasinya cukup terpencil diatas bukit berkabut dengan ketinggian sekitar 1620 Mdpl.

12. Desa Doka

 

13.  Air Terjun Murugae

Air Terjun Murugae

Air Terjun Murugae – foto ig @samora_eman

Air Terjun Murugae Ini Masih Jarang Dikenal Oleh Wisatawan Yang Datang Ke Maumere Karena Memang Air Terjun Murugae Ini Masih Cukup Alami Dan Belum Terkenal. Air Terjun Murugae Ini Berada Di Kampung Wolondari.

14. Pantai Wairterang

Pantai Wairterang 

Pantai Wairterang  – foto ig @cdhs2399

Maumere Terkenal Dengan Keindahan Sunsetnya Sebab Saat Sore Hari Sunset Di Tei Pantai Maumere Akan Terlihat Sangat Indah.

Salah Satu Tempat Terbaik Melihat Sunset Maumere Yang Indah Adalah Dari Pantai Wairterang. Panta Ini Merupakan Pantai Yang Terletak Di Sekitar 28 Kilometer Di Sisi Timur Kota Maumere, Ibukota Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Ini Memang Mempunyai Daya Tarik Tersendiri Karena Pantai Ini Berada Di Tengah Teluk Maumere Yang Jug Amenjadi Zona Terlarang Bagi Aktifitas Penangkapan Ikan.

15. Gereja Tua Sikka

Gereja Tua Sikka Maumere

Gereja Tua Sikka Maumere – foto ig @asisbai

Salah Satu Tempat Ibadah Tertua Sekaligus Menjadi Destinasi Wisata Religi Di Kabupaten Sikka Adalah Gereja Tua Sikka.

Keunikan Dari Gereja Ini Selain Bangunanya Juga Karena Sejarahnya. Gereja Ini Sudah Ada Dari Abad Ke 14. Itulah Mengapa Disebut Dengan Gereja Tua Sikka.

Lokasinya Gereja Tua Sikka Berada Di Desa Sikka, Kec Lela Kabupaten Sikka , Flores , Nusa Tenggara Timur.

Lokasi Gereja Yang Dekat Dengan Pantai Dan Ditambah Dengan Bangunan Gereja Yang Eksotis Membuat Bangunan Bersejarah Ini Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Favorit Wisatawan.

16. Patung Kristus Raja Maumere

Patung Kristus Raja Maumere

Patung Kristus Raja Maumere – foto ig @vitaa_vitaaaa

Di Pusat Kota Maumere Ada Sebuah Taman Religi Yang Didalam Taman Tersebut Ada Sebuah Patung Yesus Yang Cukup Besar Atau Yang Oleh Warga Setempat Disebut Patung Kristus Raja Maumere.

Selain Dijadikan Taman Untuk Berkumpul Dan Berdoa, Di Taman Patung Kristus Raja Maumere Ini Juga Sering Digelar Berbagai Acara Penting.

17. Tanjung Salib

Tanjung Salib

Tanjung Salib – foto ig @juan_dori

Tempat Melihat Sunset Yang Indah Di Maumere Ini Bernama Tanjung Salib.

Kawasan Tanjung Salib Ini Selain Menjadi Tempat Melihat Sunset Juga Merupakan Sebuah Kawasan Tempat Wisata Religi Dimana Ada Patung Salib Yang Cukup Besar Ddan Juga Tempat Orang Berziarah.

Tanjung Salib Berada Di Tanjung Kajaluwu Terketak Di Bagian Utara Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Flores-NTT.

18. Air Terjun Tunaohok Wairterang

Air Terjun Tunaohok

Air Terjun Tunaohok – foto mongabay.co.id

Air Terjun Tunaohok Adalah Salah Satu tempat wisata Air Terjun Terindah yang berada Di Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Air Terjun Tunaohok Ini Terletak Di Desa Wairterang, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

19. Tanjung Kajuwulu

Tanjung Kajuwulu

Tanjung Kajuwulu – foto ig @pesona_maumere

Tanjung Kajuwulu Disebut-Sebut Sebagai Salah Satu Tempat Wisata Berburu Sunset Yang Paling Indah Di Maumere.

Tanjung Kajuwulu Ini Berada Dalam Sat Kawasan Wisata Religi Tugu Salib Dan Tempat Doa Lainnya Sehingga Biasanya Wisatawan Yang Datang Berziarah Juga Sekaligus Menikmati Keindahan Tanjung Kajuwulu.

Tanjung Kajuwulu Berada Di Jl. Raya Maumere – Magepanda, Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

20. Tempat pelelangan ikan Maumere

Tempat pelelangan ikan Maumere

Tempat pelelangan ikan Maumere – foto ig @pesona_maumere

Jika Kalian Ingin Mencari Tempat Untuk Melihat Sunset Yang Indah Di Maumere, Kalian Bisa Datang Ke Tempat Pelelangan Ikan Maumere.

Karena Lokasinya Ditepi Pantai Jadi Sangat Tepat Sekali Jika Kalian Bisa Melihat Sunset Yang Indah Diantara Lautan Dan Perahu-Perahu Nelayan.

Lokasi Tempat Pelelangan Ikan Maumere Ini Ada Di Pusat Kota Sehingga Tak Perlu Khawatir Kemalaman Dijalan.

21. Air Terjun Muri Sobe

Air Terjun Muri Sobe

Air Terjun Muri Sobe – foto ig @pesona_maumere

Selain Terkenal Akan Keindahan Pantai Dan Lautnya, Maumere Juga Terkenal Akan Keindahan Wisata Alam Lainnya Seperti Air Terjun. Salah Satu Air Terjun Yang Paling Terkenal Dikabupaten Sikka Adalah Air Terjun Muri Sobe.

Air Terjun Muri Sobe Atau Yang Biasa Di Sebut Air Terjun Si Kembar Karena Ada Dua Aliran Air Terjun Berdekat Ini Berada Di Desa Detunaka, Maumere, Kabupaten Sikka, Ntt.

22. Gereja Sanctissima Trinitas Bloro

Gereja Sanctissima Trinitas Bloro

Gereja Sanctissima Trinitas Bloro – foto ig @instakatolik

Satu Lagi Gereja Unik Yang Memiliki Design Cukup Megah Dan Nyentrik Yang Berada Tak Jauh Dari Kota Maumere Adalah Gereja Sanctissima Trinitas Bloro.

Gereja Sanctissima Trinitas Bloro Ini Berada Di Desa Bloro, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

24. Gunung Egon

Gunung Egon

Gunung Egon – foto ig @rinabeatrix

Gunung Egon adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Gunung ini memiliki tinggi 1.703 meter dari permukaan laut. Egon kembali aktif pada 2006 setelah vakum selama 75 tahun. Egon tercatat meletus dahsyat pada 1925.

25. Bukit Golgota Maumere

Bukit Golgota Maumere

Bukit Golgota Maumere – foto ig @ennodasilva

Tempat Wisata Religi Di Maumere Cukup Banyak. Salah Satunya Yang Bisa Kamu Datangi Khususnya Bagi Umat Nasrani Adalah Wisata Religi Di Bukit Golgota Maumere.

Bukit Golgota Ini Masih Berada Dalam Satu Kawasan Dengan Wisata Lainnya Seperti Patung Bunda Maria Yang Berada Di Punca Nilo. Nah Dari Patung Bunda Maria Ini Kita Masih Luru Lagi Dan Naik Lagi Hingga Akhirnya Sampai Di Bukit Golgota.

Saat Kita Menuju Puncak Bukit Golgota, Kita Akan Menemukan Patung-Patung 14 Perhentian Sebelum Ketika Memasuki Area Puncak Patung Yesus Di Salibkan.

**

Itulah Daftar 25 Tempat Wisata Di Maumere Terbaru Dan Paling Terkenal Yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Kamu Datang Ke Kabupaten Sikka, Flores Nusa Tenggara Timur.

Dari Sekian Banyak Destinasi Yang Menarik Diatas, Mana Sekiranya Destinasi Yang Ingin Kamu Kunjungi?

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of