Berkunjung ke Desa Takpala, Desa Budaya Alor yang masih Tersisa

Setelah memutuskan meninggalkan Kupang dan memilih explore Pulau Alor, saya merasa perjalanan saya kali ini semakin menarik. Dari Kupang ke Alor saya naik pesawat Trans Nusa sebab saat itu cuaca sedang buruk jadi tak ada kapal yang berlayar ke Alor.

Meski dihari pertama tiba sempat seharian disambut hujan namun akhirnya dihari kedua saya bisa bernafas lega setelah matahari kian bersinar dengan terangnya.

Welcome di bandar Udara Mali Kabupaten Alor

Sekitar 30 menit perjalanan menggunakan motor dari pusat Kota Kalabahi yakni Ibu Kota Kabupaten Alor, akhirnya saya tiba juga disebuah desa adat yang lokasinya berada diatas perbukitan. Namanya Desa Adat Takpala yang hingga kini masih mempertahankan prinsip-perinsip dan kehidupan nenek leluhurnya.

Baca Juga : Mencoba Pakaian Adat Sampit Kota Waringin

Rumah Adat desa Takpala Alor

Menurut bapak Martin yang kebetulan saat itu menjadi pemandu saya mengatakn jika Dulunya area Desa Takpala adalah hutan. Suku yang mendiami daerah sini dikenal sebagai Suku Abui, yang artinya orang gunung. Nah mereka inilah yang sampai saat ini masih bertahan didesa Takpala.

Selain bisa mngenal lebih dekat suku adat dipesisir Alor ini, saya juga mendapat kesempatan untuk mencoba langsung pakaian adat Alor yang menurut saya sangat menarik baik dari segi kain tenunya, aksesorisnya maupun senjata yang biasa digunakanya. Bisa dibilang pakaian adat Alor khususnya laki2 adalah salah satu pakain adat Paling Epik di Indonesia Versi saya.

Cara Menuju Desa Takpala

Sebelum mendatangi Desa Adat Takpala, kita harus terlebih dahulu tiba di kota Kalabahi. Ada banyak alternatif rute menuju ibu Kota kabupaten Alor ini yakni melalui Pesawat Udara seperti Wings atau Trans Nusa dan bisa juga melalui Jalur Laut yakni Via Pelni atau Very.

Selengkapnya tentang Rute kekota Kalabahi, silahkan simak disini :

Setibanya di Kota Kalabahi kita harus melanjutkan perjalanan menuju Desa Takpala. Bisa dengan menyewa Motor atau Mobil di penginapan tempat kalian menginap. Saya sendiri mendapat info sewa Motor di homestay Cantik yang lokasinya tak jauh dari pelabuhan Kalabahi.

Tangga Menuju Desa Takpala

Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan menuju Desa. Ingat bawa kendaraanya harus pelan-pelan terlebih petunjuk menuju desa Takpala hanya berupa papan plang jalan saja, tidak ada gapura atau gerbang desa.

Setibanya dijalan setapak menuju perkampungan adat yang berada diatas bukit, kita harus melewati tanjakan yang cukup curam. Kurang lebih sekitar 5 menitan kita melewati bukit tersebut barulah kita sampai diujung jalan dan akan bertemu parkiran desa adat.

Karna Lokasinya berada di Bukit, pemandanganya Indah guys

Yang Unik di Desa Adat Takpala

Setibanya kita di Desa adat maka kita akan disambut oleh guide lokal yang akan membantu menjelaskan dan menerangkan semua hal yang ada disini. Kebetulan saat itu tidak seramai biasanya dan hanya bertemu beberapa orang wisatawan dari Kalabahi.

Saya dan pak Martin sambil memikul Moko

Disini kita bisa melihat kerajinan tangan hasil tenunan para wanita yang dilakukan setiap hari. Dereta rumah adat khas Pulau Alor terbentang dan tersusun rapi menambah kesan istimewa dan Eksotis.

Rumah Adat Alor NTT

Seperti yang sudah diinfokan diatas jika kita juga bisa menyewa baju adat khas mereka. Lengkap dengan pakaian Adat, senjata dan aksesorinya. Biasanya kalo dalam rombongan kita hanya perlu membayar Rp 50.000 saja per orang yang memakai. Kebetulan saat itu saya sendirian jadi saya berikan saja Rp 100.000.

Baca Juga : Pulau Sebatik, Dapur di Malaysia Ruang Tamunya di Indonesia

Mencoba Pakaian Adat Alor si Desa Adat Takpala

Tak hanya itu, jika ingin melihat kesenian lengkap dengan tarianya, upacaranya dan detailnya wajib merogoh kocek sekitar Rp 1.500.000 / rombongan. Namun agar semuanya tersusun rapi dan acaranya bisa berjalan lancar maka kita harus menginfokan jauh-jauh hari sebelum kedatangan kita.

Intinya buat kalian yang sedang ada di Alor Wajib singgahi dan kunjungi desa adat Takpala, Desa khas Pulau Alor yang masih bertahan lama hingga sekarang.

4
Leave a Reply

avatar
4 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Mencoba Pakaian Adat Alor di Desa Takpala […]

trackback

[…] Baca Juga : Uniknya Desa Budaya Takpala di Alor […]

trackback

[…] Baca Juga : Uniknya Desa Adat Alor yang masih bertahan hingga Sekarang […]

trackback

[…] Baca Juga : Berkunjung ke Desa Adat Alor yang Unik […]