KATA OMED

Pendakian Bukit Mongkrang, Rute dan Biayanya

Published · Updated

Pendakian Bukit Mongkrang kini mulai banyak dilakukan para traveller atau para pendaki yang menyukai aktivitas alam. Mungkin Bukit Mongkrang belum setenar bukit atau gunung-gunung lainnya yang biasa didaki oleh pendaki namun yang pasti Bukit Mongkrang kini mulai ngehits setelah banyaknya pendaki yang mencoba mendaki dan menguploadnya kemedia sosial.

Bukit Mongkrang merupakan salah satu bukit indah yang ada di kawasan Tawangmangu kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Bukit Mongkrang meski tidak setinggi gunung Lawu  yang ada disampingnya atau gunung lainnya yang biasa didaki namun tetap memiliki pemandangan yang indah dan juga sering dijadikan lokasi camping santai bersama teman-teman.

Pendakian Bukit Mongkrang

Pendakian Bukit Mongkrang – foto @anakrumahan.ofc

Bahkan sunrise di Bukit Mongkrang juga sangat indah, tak heran jika Bukit Mongkrang menjadi salah satu lokasi camping para pendaki. Saat malampun Bukit Mongkrang memiliki keindahan lainnya yakni milkiway yang terlihat denga jelas dari atas. Saat pagi hemm jauh lebih indah yakni dengan banyakan awan atau kabut disekitar Bukit Mongkrang yang terhampar luas mengeliling area Bukit Mongkrang.

Bukit Mongkrang Pendek namun menantang

Gunung Mongkrang di Karanganyar

Gunung Mongkrang di Karanganyar – foto @afifandresmessi

Bukit Mongkrang memang tidak telalu tinggi. Ketinggian Bukit Mongkrang hanya 2194 Mdpl saja namun jangan salah, meski ketinggianya hanya 2000an tetapi soal medan atau treking pendakianya tidak bisa diremehkan.

Banyak pendaki yang sudah mendaki Bukit Mongkrang mengatakan jika gunung ini pendek-pendek cabe rawit. Meski pendek namun cukup menantang dan cukup terjal terutama dibeberapa jalur atau medan yang harus dilalui.

Baca Juga ya :

Camping di Bukit Mongkrang

Camping di Bukit Mongkrang – foto @ardhaap_

Bukit Mongkrang berada tepat dikaki gunung Lawu. Jadi saat kita mendaki atau berada dipuncak Bukit Mongkrang kita bisa melihat dengan jelas gunung lawu yang berada tepat disisinya.

Bukit Mongkrang ini keunggulanya selain trek pendeknya juga savana ilalang yang memenuhi pandangan mata dari ujung keujung bahkan sepertinya semua sudutnya dipenuhi ilalang. Apalagi saat ilalang-ilang ini berbunga, hemm pemandanganya sangat berbeda sekali dengan gunung-gunung lainnya.

Cara Menuju Bukit Mongkrang

Jika kalian dari Solo, kalian bisa menuju Bukit Mongkrang melalui jalur arah Tawangmangu. Dari kota solo hanya butuh waktu sekitar 1-1.5 jam saja menggunakan kendaraan motor atau mobil hingga sampai di Pos atau Basecampnya (Pos Jaga Warga) bernama Pos Lapangan Tlogo Dlingo Karanganyar.

Jalur Pendakian Gunung Mongkrang

Jalur Pendakian Gunung Mongkrang – foto @jo.chryst

Perlu dingat jika jalur menuju kawasan Tawangmangu itu berkelok-kelok dan menanjak. Terkadang beberapa persimpangan juga jalanya cukup terjal hingga membutuhkan fokus yang kuat. Lokasi Bukit Mongkrang  sebenarnya juga tidak terlalu jauh dari jalan utama Karanganyar-Magetan via Cemara Sewu.

Setibanya di lokasi desa atau pos sebelum pendakian, kalian bisa menitipkan kendaraan disekitar rumah warga atau area parkir yang sudah mulai tersedia disana. Bahkan jika kalian ingin menitipkan motor untuk menginap juga bisa. Kalo hanya sekedar mendaki terus pulang dan tidak sampai satu hari biaya parkirnya hanya Rp 5000 saja. Tapi untuk menginap 10-15K per motornya.

Trek atau Jalur pendakian Bukit Mongkrang

Pendakian Gunung Mongkrang

Pendakian Gunung Mongkrang – foto @afifandresmessi

Karena Bukit Mongkrang masih dikelola oleh pemuda atau warga desa setempat jadi jalur utama atau jalur resminya hanya satu saja. Setelah menitipkan motor diparkiran kalian tinggal masuk menuju gerbang pos pendakian Bukit Mongkrang. Setelah melapor dan mencatat nama atau membayar tiket masuk kalian tinggal mengikuti jalur pendakiannya saja.

Dari pos awal sampai sekitar 30 menitan mendaki, kalian sudah bisa menemui banyak ilalang dan jalur yang menanjak dengan pemandangan kaki bukit lainnya dan gunung-gunung disekitarnya. Setengah jam kemudian jika kalian mendaki santai kalian sudah bisa mendirikan tenda diarea camp yang ada disana.

Gerbang Pendakian Gunung Mongkrang

Gerbang Pendakian Gunung Mongkrang – foto @romzeffect

Jadi sebenarnya Bukit Mongkrang ini gunungnya luas atau bukitnya lebar hingga puncaknya banyak. Nah kalian bisa bebas memilih ingin camping dimana atau sekedar foto disudut mana.

Oh ya selama dijalur pendakian Bukit Mongkrang tidak ada warung jadi kalian bawa minum dari bawah atau bawa makanan sendiri untuk dimakan diatas. Jaga sampah jangan buang sembarangan yah. Jika kalian tidak sempat membeli diajalan, tenang saja karena dibasecamp bawah atau saat ada di pintu masuk, banyak warung makanan dan minum yang dijual warga sekitar.

Pendakian Gunung Mongkrang Karanganyar

Pendakian Gunung Mongkrang Karanganyar – foto @rizkyyulian_syah

Puncak Bukit Mongkrang ada 2 buah yakni Puncak Candi Mongkrang 1 dan Puncak Candi Bukit Mongkrang 2. Biasanya pendakian hanya dilakukan sampai Puncak Candi Bukit Mongkrang 1 saja karena disana tempat camping berada dan pos yang pas untuk melihat pemandangan alam disekitarnya yang nampak indah dengan ilalang dan juga alamnya.

Harga tiket masuk Bukit Mongkrang

Harga tiket masuk Bukit Mongkrang masih cukup terjangkau. Kalian hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk tiket sekali mendaki. Sebenarnya pembayaran tiket 10 ribu itu dilakukan dua kali, pertama Rp 5.000 di area parkir dan kedua kalian harus bayar tiket lagi Rp 5.000 daat berada di pos retribusi.

Gerbang Pendakian Gunung Mongkrang

Gerbang Pendakian Gunung Mongkrang – foto @romzeffect

Nah buat kalian yang ingin camping diatas Bukit Mongkrang, maka kalian hanya perlu membayar tiket masuknya plus biaya campingnya yakni Rp 5000 di pos bawah dan Rp 7500 saat kalian berada di post masuk. Sebenarnya biaya Rp 5000 dipos parkir itu semacam uang retribusi untuk karang taruna, sedangkan biaya lainnya itu uang penjagaan dan perawatan alias uang pengelolaan Bukit Mongkrang.

Keistimewaan Bukit Mongkrang

Salah satu alasan mengapa banyak pendaki yang camping di Bukit Mongkrang atau mendaki Bukit Mongkrang adalah karena kawasan ini masih terilang baru jadi belum ramai pendaki.

Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang – foto @eryfirdia

Alasan kedua dikarenakan Bukit Mongkrang memiliki pemandangan yang indah tidak hanya pemandangan hamparan padang ilalang saja tetapi pemandangan kota Tawangmangu juga terlihat. Bahkan saat malam hari peara pendaki bisa melihat pemandangan city light dari Bukit Mongkrang.

Keindahan lainnya yang ditawarkan dari Bukit Mongkrang adalh treking atau jalurnya yang cukup cepat atau singkat. Jadi bagi mereka yang hanya ingin sekedar bersantai menikmati secangkir kopi atau camping tipis-tipis bisa memilih Bukit Mongkrang sebagai lokasi pendakian. Tapi tetap guys perlu diingat yah meski kita hanya mendaki santai namun usahakan jika ingin camping tetap membawa perlengkapan pendakian yang sefty.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of