Bukit Piarakuku, Bukit Terindah di Pulau Sumba

Bukit Piarakuku Sumba – Salah satu keunggulan pesona Sumba adalah Keindahan Kawasan Perbukitan yang tersebar hampir di semua wilayah baik dari Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah hingga Sumba Timur.

Dari sekian banyak kawasan Perbukitan Indah di pulau Sumba, Menurut saya pribadi Bukit Piarakuku yang berada di Sumba Timur adalah Kawasan Perbukitan Terbaik dan Juga Terindah.

Bukit Piarakuku Sumba ini memang berlokasi cukup jauh dari kota Waingapu yakni pusat kota kabupaten Sumba Timur yang mebutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan motor atau mobil.

Bukit Piarakuku Sumba

Bukit Piarakuku Sumba

Meski lokasinya cukup jauh, naun perjalanan menuju ke arah Bukit Piarakuku ini tak bisa digambarkan dengan kata-kata karena semuanya indah.

Banyak sapi-sapi dan kuda-kuda yang berkeliaran disepanjang tepi jalan dan perbukitan seolah menyambut kita datang.

Bukit-bukit yang dipenuhi ilalang dan savana indah juga terbetang memanjang selama diperjalanan kita menuju Bukit Piarakuku.

Pesona Bukit Piarakuku Sumba

Bukit Piarakuku

Bukit Piarakuku

Bukit Piarakuku Sumba menjadi yang terindah di Sumba bukan tanpa sebab. Keindahan yang dimiliki Bukit Piarakuku Sumba ini bisa kita lihat dari luasnya hamparan kawasan perbukitan yang membentuk beragam pola.

Hamparan Rerumputan Hijau yang terbentang diantara Deretan Tebing yang membentuk Beragama Pola Unik sangat membuat betah kita berlama-lama menatapnya.

wisata Bukit Piarakuku Sumba

wisata Bukit Piarakuku Sumba

Bukit Piarakuku di Sumba

Bukit Piarakuku di Sumba

Tak hanya itu saja, kawasan Bukit Piarakuku Sumba juga memilih bentangan Bukit yang sangat luas dan bahkan sejauh mata memandang masih akan tetap terlihat Indah.

Spot sunset untuk melihat matahari terbenam maupun spot sunrise untuk melihat matahari terbit juga bisa kita saksiskan langsung dari beragam sudut Bukit Piarakuku Sumba ini.

Disekitar Bukit Piarakuku Sumba ini terdapat banyak patung-patung hasil pahatan anak muda atau para pemuda warga sekitar yang mengelola wisata bukit ini.

Bukit Piarakuku Sumba Timur

Bukit Piarakuku Sumba Timur

gazbo di Bukit Piarakuku Sumba

gazbo di Bukit Piarakuku Sumba

Ada patung tokoh ternama, patung monyet, patung kuda hingga patung binatang-binatang lainnya seperti ayam dan burung.

Fasilitas di sekitar Bukit Piarakuku Sumba ini masih tergolong minim karena hanya ada gazebo seadanya untuk beristirahat dari teriknya matahari sumba.

Selain itu tidak ada warung yang berjualan makanan ataupun minuman. Jadi buat kalian yang datang ke Bukit Piarakuku Sumba wajib membawa makanan atau minuman sendiri.

Harga Tiket Masuk Bukit Piarakuku Sumba

pemandangan Bukit Piarakuku Sumba

pemandangan Bukit Piarakuku Sumba

Untuk Harga Tiket masuk ke kawasan Bukit Piarakuku Sumba ini juga sangat murah yakni hanya perlu membayar RP 5000/ Orang tanpa biaya parkir.

Sayangnya di kawasan ini tidak ada Toilet maupun warung yang berjualan sehingga kita perlu mempersiapkan sendiri sebelum tiba ditempat ini.

Namun ada toilet yang berada di tepi jalan sekitar 300 meter sebelum measuki kawasan Bukit Piarakuku Sumba ini. Jadi hanya disanalah kalian bisa buang air kecil.

keindahan Bukit Piarakuku Sumba

keindahan Bukit Piarakuku Sumba

Untuk menuju Bukit Piarakuku atau Dari pusat Kota Waingapu dibutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih perjalanan melewati banyak jalan mulai jalan raya hingga jalan berbatu yang masih bisa dilalui kendaraan roda empat.

Bukit Piarakuku Sumba juga bisa dijadikan sebagai lokasi untuk melihat Sunrise maupun Sunset dan bahkan melihat Milkiway yang Indah.

Oh ya, Bukit Piarakuku ini memilki arti Bukit Pria karena Bukit Piarakuku Sumba ini ternyata dikelola oleh Para pemuda Pria kampung sekitar.

Sedangkan Bukit Hiliwuku yang berada di sebelahnyaatau tak jaduh dari Bukit Piarakuku Sumba,  memilki arti Bukit Wanita.

Pulau Sumba memang selalu menggoda. Pulu sumba juga selalu penuh Pesona yang mendamaikan Jiwa.

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of