KATA OMED

Bukit Idaman Gisting Tanggamus, Catat Info Rute Dan Harga Tiketnya

Published · Updated

Bukit Idaman Tanggamus – Jika ingin berwisata sambil menikmati suasana alam yang indah, ada banyak tempat wisata yang menarik buat kunjungi di Lampung. Salah satu tempat wisata menarik adalah Bukit Idaman Tanggamus.

Awalnya, tempat ini bukan bernama Bukit Idaman, tetapi Bukit Singkek yang artinya pohon serai.  Setelah direnovasi secara total, tempat wisata ini diberi nama Bukit Idaman.

Penasaran tentang indahnya Bukit Idaman Tanggamus? Simak ulasannya berikut ini.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Bukit Idaman Gisting

Bukit Idaman Gisting Tanggamus Lampung

Bukit Idaman Gisting Tanggamus Lampung – foto ig @zahrasrld

Bukit Idaman berada di kelurahan Gisting Atas, kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Lokasi tepatnya sekitar 2 km dari Pasar Gisting ke arah Bukit Idaman.

Dahulu,  Tanggamus adalah bagian dari Lampung Selatan. Namun, Tanggamus telah berdiri menjadi kabupaten sendiri saat ini. Jika masih bingung, lokasi bukit ini tidak jauh dengan tempat wisata Butterfly Swimming Pool.

Bagi orang-orang yang sudah pernah ke Gisting pasti tidak akan sulit menemukan bukit ini.

Rute perjalanan menuju Bukit Idaman dari Bandar Lampung adalah dari Terminal Kemiling menuju Negeri Sakti – Gedong Tataan – Pringsewu – Tanggamus – Talang Padang – Gisting Atas, dan berakhir di Pasar Gisting.

Dari Pasar Gisting, masih lurus hingga terlihat plang Kolam Renang Butterfly. Setelah itu, belok ke kiri dan masuk gang, posisinya tidak jauh dari lapangan.

Dilanjutkan dengan belok ke kiri lurus, ke kanan lurus, hingga tiba di Bukit Idaman.

Baca juga :

Bukit Idaman Gisting, Tanggamus, Lampung

Bukit Idaman Gisting, Tanggamus, Lampung – foto ig @reykaa_ayu

Rute dari Bandar Lampung secara rinci sebagai berikut.

  • Ikuti Jalan Teuku Umar dan Jalan ZA. Pagar Alam ke Jalan Lintas Sumatera/Jalan Soekarno Hatta di Rajabasa sejauh 7.7 km yang bisa ditempuh selama 20 Menit.
  • Ikuti Jalan Lintas Sumatera/Jalan Soekarno Hatta ke Jalan Raden Gunawan di Haji Malela dan lurus di Jalan Raden Gunawan hingga tiba di Negeri Sakti sejauh 4.6 km yang bisa ditempuh selama 7 menit.
  • Setelah itu, belok kanan ke Jalan Ganjaran /Lintas Barat Sumatera/Jalan Raya Kurungan Nyawa/Jalan Raya Negeri Sakti. Ikuti jalan lintas barat sumatera dengan melewati Alfamart Sudirman di sisi kanan sejauh 27.9 km yang bisa ditempuh selama 2 jam. Lalu belok kiri di Jalan Siswa Bhakti, Bukit Idaman berada di kiri.

Jika naik kendaraan umum, naiklah bus di Terminal Rajabasa atau Terminal Kemiling dengan durasi perjalanan sekitar 2,5 jam atau lebih.

Ongkos bus tersebut Rp. 25 ribu saja per orang. Turunlah di depan gang Kolam Renang Butterfly, lalu naik ojek atau berjalan kaki sekitar 1 km ke Bukit Idaman.

Biaya ojek motor sekitar Rp.10 ribu. Sedangkan ongkos mobil travel dari Kota Bandar Lampung adalah Rp. 50 ribu per orang.

Harga Tiket dan Waktu Operasional Bukit Idaman Gisting

Bukit Idaman

Bukit Idaman – seringjalan.com

Harga tiket masuk Bukit Idaman adalah 10 ribu per orang untuk dewasa, sedangkan anak-anak Rp 5.000 saja per orang.

Biaya parkir motor adalah Rp. 2.000, mobil adalah Rp. 5.000, dan Bus Rp. 10.000 saja. Pembayaran tiket dilakukan di Portal depan Bukit Idaman.

Jam buka bukit idaman dari pukul 07 pagi sampai 18 sore. Untuk harinya biasanya buka setiap hari. Waktu tempuh sekitar 10 menit dari jalan utama Gisting.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah siang atau sore hari. Jika datang pada sore hari, para pengunjung akan menikmati indahnya matahari yang terbenam di balik pegunungan tanggamus.

Fasilitas di Bukit Idaman Tanggamus Lampung

Bukit Idaman, Gisting, Tanggamus, Lampung

Bukit Idaman, Gisting, Tanggamus, Lampung – foto ig @shintiaanggraini_

 Fasilitas-faslitas yang bisa dinikmati di Bukit Idaman sebagai berikut.

Kantin

Ada berbagai menu makanan dan minuman yang dijual oleh penduduk sekitar di tempat wisata ini. Harga makanan dan minuman yang dijual sangat terjangkau, termasuk bagi kantong anak muda,

Mushola

Tersedia mushola untuk sholat di Bukit Idaman sehingga berwisata tidak akan melupakan ibadah.

Toilet

Toilet atau WC adalah fasilitas utama yang disediakan untuk para pengunjung sehingga tidak usah khawatir untuk buang air.

Spot Foto

Bukit Idaman Gisting Tanggamus, Lampung

Bukit Idaman Gisting Tanggamus, Lampung – foto ig @mirfaqofaridatul

Spot foto yang menarik dan instagramable di Bukit Idaman antara lain bangku kecil merah, ayunan tinggi, bangku kayu, bangku besar putih, balon love merah, bangku kayu kuning, dan gazebo unik.

Background foto yang paling menarik adalah Gunung Tanggamus yang sangat indah. Pemandangan yang membuat para pengunjung terpesona adalah kumpulan awan bagaikan negeri di atas awan.

Ketika berkunjung ke bukit ini tidak boleh membuang atau meninggalkan sampah secara sembarangan.

Jagalah keindahan dan kelestarian alam di tempat wisata. Selamat menikmati alam bersama teman atau keluarga!

 

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of