KATA OMED

Lokasi Tugu Khatulistiwa Pantai Sasak di Kabupaten Pasaman Barat

Di negara Indonesia selain kota Pontianak, ternyata ada banyak kota lain yang juga dilalui oleh garis khatulistiwa atau garis ekuator.

Garis Khatulistiwa merupakan garis pemisah atau yang membagi antara bumi utara dan bumi selatan.

Salah satunya seperti di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 20 April tahun 2018 silam dibangunlah sebuah Tugu atau monumen Khatulistiwa di Muara Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia.

Peresmian Tugu Khatulistiwa ini sebagai penanda bahwa daerah ini dilalui oleh garis Khatulistiwa juga dipimpin langsung oleh Bupati Pasaman Barat Bapak Syahiran.

Dengan berdirinya Tugu tersebut dia berharap dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Muara Sasak.

Daya Tarik Tugu Khatulistiwa Pantai Sasak

1. Didirikan di Pantai Muaro Sasak

Tugu Khatulistiwa Pantai Sasak Pasaman Barat

Tugu Khatulistiwa Pantai Sasak Pasaman Barat, Foto: Ig/ pantaisasakpasamanbarat

Tugu atau Monumen Khatulistiwa ini berdiri di area dekat Pantai Muaro Sasak yang selama ini menjadi objek wisata alam andalan Pasaman Barat.

Maka tak heran, apabila Tugu Khatulistiwa ini diberi nama sesuai dengan lokasi berdirinya yakni Tugu Khatulistiwa Pantai Sasak.

Dengan adanya Tugu Khatulistiwa Pantai Sasak yang berdiri kokoh ini juga diharapkan akan menambah objek wisata atau destinasi wisata di Pasaman Barat.

Kedepannya akan ada fasilitas areal taman bermain di Tugu Khatulistiwa ini.

2. Objek Wisata Pantai Muaro Sasak

Pantai Muaro Sasak Pasaman Barat

Pantai Muaro Sasak Pasaman Barat, Foto: Ig/ fuad.azmi

Selain bisa berkunjung ke Tugu Khatulistiwa Pantai Sasak ini dan juga mengabadikan momen di Tugu tersebut, kalian juga bisa mengunjungi Pantai Muaro Sasak yang indah.

Di Pantai ini ada banyak spot menarik yang bisa dijadikan untuk hunting foto sepuas hati.

Seperti misalnya berburu sunset pada waktu sore hari atau spot foto ikonik bertuliskan “I LOVE POHON SERIBU”.

Pantainya juga bersih dengan hamparan pasir putih yang mengagumkan. Kemudian di sekitar pantai juga ada banyak pepohonan cemara yang membuat udaranya semakin sejuk.

Dengan adanya Tugu Khatulistiwa di dekat objek wisata Pantai Muaro Sasak ini, semoga akan membuat Pantai ini lebih ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah.

Sebenarnya, tidak hanya Pantai Sasak saja para wisatawan juga bisa mengunjungi destinasi wisata alam lain yang menarik lainnya seperti Pantai Air Bangis, Pantai Sikabau, Muaro Binguang dan Lubuak Landua.

3. Festival Titik Kuliminasi di Tugu Pantai Sasak

Titik Kulminasi Matahari Tugu Khatulistiwa

Titik Kulminasi Matahari Tugu Khatulistiwa, Foto: Ig/ jredondo28

Kota Pasaman Barat merupakan salah satu daerah titik kulminasi di Sumatera Barat selain Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Pasaman.

Adanya Festival Titik Kulminasi ini pun pertama kali diadakan di dekat Tugu Khatulistiwa di Pantai Muaro Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kabupaten Pasaman Barat.

Titik kulminasi merupakan fenomena alam ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa.

Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi.

Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan menghilang beberapa detik saat diterpa sinar matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain di sekitar tugu.

Peristiwa titik kulminasi matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

Pada gelaran Festival Titik Kulminasi di Pantai Muaro Sasak ini terdapat banyak kegiatan, diantaranya penanaman pohon buah-buahan dan pohon pelindung sebanyak 2.200 batang di sepanjang tepi pantai Muaro Sasak.

Selain itu adapula penampilan kesenian berupa gondang tasa, festival layang-layang darek, lomba silat gelombang dan open turnamen bola voli pantai Bupati Cup se-Sumbar.

Nantinya, di Pantai Muaro Sasak ini juga akan dibuat sebuah konservasi penyu, cemara laut dan juga dibangun home stay atau tempat penginapan untuk wisatawan yang datang.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Jam buka dari objek wisata Tugu Khatulistiwa Pantai Sasak ini adalah setiap hari kira-kira pagi hingga sore. Untuk tiket masuk tidak ada referensi jelas yang menyebutkan.

Lokasi Tugu Khatulisitiwa Pantai Sasak

Tugu Khatulistiwa ini terletak tidak jauh dari objek wisata Pantai Muaro Sasak yang beralamat di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Untuk rute menuju ke lokasi juga tidak sulit dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda ataupun roda empat.

Sumber: radarbangsa, antaranews

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of