KATA OMED

Fasilitas Di Desa Denai Lama Dan Harga Tiketnya

Denai Lama merupakan salah satu bagian dari Desa Wisata Kampoeng Lama yang terletak di Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

Destinasi wisata ini dibentuk, untuk membangun citra pariwisata di Kabupaten Deli Serdang.

Tempat ini telah berhasil bermetamorfosis, dari upik abu menjadi gadis cantik. Terbukti dari nilai pendapatan ekonomi nya, yang telah mencapai hingga ratusan juta rupiah.

Siapa sangka, desa ini dulunya hanyalah perkampungan sepi yang gelap dan becek.

Namun kondisi itu perlahan menghilang, karena Denai Lama mulai berkembang menjadi destinasi wisata dengan berbagai atraksi.

Desa Denai Lama

Desa Denai Lama – foto ig @sadadnst

Dari hamparan sawah nan hijau, berbagai spot foto yang ikonik, kafe baca, hingga pasar tradisional yang menjajakan aneka kuliner.

Akses menuju kampung wisata ini sangat mudah dijangkau, karena lokasinya tidak jauh dari Bandara Kualanamu. Untuk sampai ke lokasi, hanya perlu memakan waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Medan.

Baca Juga:

Aktivitas di Desa Denai Lama

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di desa wisata ini adalah:

1. Menikmati Panorama Keindahan Alam 

Keindahan panorama alamnya, merupakan daya tarik utama desa wisata ini. Dan atraksi utamanya, terlihat dari kehijauan area persawahannya, yang langsung mampu menarik minat banyak pengunjung.

2. Berselfie

Desa Wisata Denai Lama

Berselfie di Desa Wisata Denai Lama – Photo by Tavel Kompas

Berfoto dengan latar belakang sawah hijau yang menyegarkan, dan berpadu dengan birunya langit pastinya akan membuat kamu semakin semangat berselfie ria.

Selain itu, juga terdapat spot unik berupa jembatan bambu, yang sengaja dibangun untuk menjadi spot tracking.

Namun, dapat juga menjadi spot selfie yang keren dan Instagramable loh! Dan bagi para pemburu spot-spot yang ikonik, jembatan bambu dan suasana pedesaan, sudah pasti akan menghasilkan gambar-gambar foto yang artistik.

3. Melihat Berbagai Aktivitas Seni Dan Budaya

Kesenian Tradisional di Denai Lama

Kesenian Tradisional di Denai Lama – Photo by Metro Rakyat News

Desa Wisata Denai Lama merupakan desa dengan mayoritas penduduk asli Melayu dan Jawa. Sehingga, memiliki keunikan tersendiri, dalam kehidupan sosial budaya masyarakatnya.

Perpaduan antara dua suku ini, menjadi ciri khas dan kearifan lokal yang menarik. 

Selain menikmati suasana pedesaan yang memanjakan mata, masyarakat sekitarnya  juga sering mengadakan berbagai macam pertunjukan kesenian tradisional. Bentuknya berupa sendratari dan musik tradisional. 

4. Mengunjungi Pasar Wisata

Jajanan di Denai Lama

Jajanan di Denai Lama – Photo by Detik Travel

Setiap Sabtu dan Minggu, para  pengunjung akan ditawarkan untuk sarapan pagi di tengah sawah, tepatnya di Agrowisata Paloh Naga. Dan kegiatan lainnya adalah, menggelar opening Pasar Tradisional Paloh Naga, pada setiap hari yang sama.

Para pengunjung dapat menikmati sarapan pagi di tengah sawah, sambil ditemani alunan musik gamelan, dan tarian tradisional Jawa serta Melayu. Asyik kan?!

Pasar Tradisional yang baru dibuka tersebut, menyuguhkan berbagai kulineran tempo doeloe berupa makanan dan minuman.

Beberapa diantaranya seperti Grontol Jagung, Sawot Ubi, Ambuyat, Lapek Bugih, Bubur Pedas Khas Melayu, dan makanan tradisonal lainnya. 

Uniknya lagi, para pengunjung  wajib menukar mata uang rupiah, dengan kepingan kayu yang disebut dengan Kepeng. Harga per orangnya mulai dari Rp 2.000. Pasar ini hanya buka di hari Sabtu dan Minggu, pada pukul 06.00-11.00 WIB.

Fasilitas Di Desa Denai Lama

Fasilitas Di Desa Denai Lama

Fasilitas Di Desa Denai Lama – foto ig @bingkaisumatera_daaitv

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di desa yang kaya akan sentuhan budaya tradisional ini, diantaranya adalah:

  • Areal Parkir
  • Balai Pertemuan
  • Kuliner
  • Outbound
  • Selfie Area
  • Spot Foto
  • Tempat makan

Harga Tiket di Denai Lama

Desa Denai Lama sumatera utara

Desa Denai Lama sumatera utara – foto ig @hariananalisa

Untuk masuk ke kawasan ini, para pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000. Namun bagi pengunjung yang menginginkan paket wisata untuk keluarga, harga per orangnya mulai dari Rp. 160.000.

Desa Wisata Kampoeng lama juga memiliki paket wisata buat para pengunjung yang datang bersama keluarga.

 Isi paketnya terdiri dari berkunjung ke pasar tradisional, menanam padi, menangkap Ikan, families games, makan pagi, dan makan siang. Selain itu, wisata berkeliling desa. 

Baca Juga:

Nah, Guys! Selesai sudah ulasan kali ini, tentang Desa Denai Lama, beserta dengan keterangan harga tiket dan fasilitasnya. Semoga dapat menjadi bahan referensi berguna, bagi kamu yang ingin berlibur kesana.

Selamat berlibur!

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of