KATA OMED

Info Lengkap Dan Rute Menuju Gunung Luhur Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten Yang Lagi Hits

Ada tempat wisata baru dan lagi ngehits di Banten loh khususnya dikawasan kabupaten Lebak. Namanya adalah Negri Diatas Awan yakni sebuah desa yang berada dikawasan perbukitan Gunung Luhur dimana dari kawasan ini kita bisa melihat hamparan lautan awan yang indah dan sangat menawan. Lokasinya sendiri sekitar 70 km dari pusat kota Rangkasbitung atau dekat Baduy.

Negri Diatas Awan Desa Citorek Lebak Banten

Negri Diatas Awan Desa Citorek Lebak Banten – foto @shofwan.hady

Negri Diatas Awan Desa citorek Lebak Banten ini mulai mendadak ngehits setelah banyak video dan foto yang beredar dimasyarakat apalagi didalam foto tersebut terlihat seperti kita sedang berada diatas puncak gunung dengan hamparan lautan awan yang sangat luas dan kawasan pegunungan yang muncul keatas perukaan diantara lautan awan tersebut.

Baca juga ya : Mau ke Labuan Bajo ala Backpacker, Coba cara ini

Gunung Luhur Desa Citorek Negri Diatas Awan Lebak Banten

Gunung Luhur Desa Citorek Negri Diatas Awan Lebak Banten – foto @shofwan.hady

Lokasi Negri Diatas Awan Lebak Banten

Objek wisata Negri Diatas Awan Lebak Banten ini berada di kawasan  Gunung Luhur atau tepatnya berada di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Hampir setiap hari Negri Diatas Awan Lebak Banten ini ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berabagi daerah tidak hanya dari Lebak sajak tetapi dari Jakarta dan Tangerang.

Gerbang Desa Citorek Negri Diatas Awan Lebak Banten

Gerbang Desa Citorek Negri Diatas Awan Lebak Banten – foto @bagus_prayudha

Lokasi Negri Diatas Awan Lebak Banten ini memang sedikit tinggi dan jalanya menanjak, berada tepat diatas perbukitan gunung luhur. Oleh sebab itu jika teman-teman ingin melihat Negri Diatas Awan Lebak Banten, kalian harus naik kendaraan motor atau mobil ofroad dan mobil jenis lainnya menuju puncak gunung luhur dari desa Citorek Kidul.

Jalanan menuju Puncak Gunung Luhur Desa Citorek Lebak

Jalanan Tanah menuju Puncak Gunung Luhur Desa Citorek Lebak – foto @deasaputri22

Harga tiket Masuk Kawasan Wisata Desa Citorek  Negri Diatas Awan Lebak Banten

Untuk melihat Panorama sunrise dan hamparan lautan awan dikawasan Gunung Luhur yang berada di kawasan TNGH desa Citorek kalian tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harga tiketnya sangatlah murah. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 5.000 untuk tiket masuknya dan Rp. 2.000 untuk biaya parkir motor. Sementara untuk biaya Parkir mobil adalah Rp. 10.000.

Lautan Awan di Desa Citorek Lebak Banten

Lautan Awan di Desa Citorek Lebak Banten – foto @firdausialkahfi107

Bagi teman-teman yang ingin mendirikan tenda atau camping di Desa Lautan Awan Citorek di lebak Banten kalian hany aperlu membayar biaya camp sebesar Rp. 30.000 / tenda. Namun bagi teman-teman yang malas membawa tenda dan ingin menyewa tenda saja, disanapun sudah tersedia penyewaan tenda yakni harga sewanya Rp. 50.000 per tenda nya.

Lautan Awan Gunung Luhur Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten

Lautan Awan Gunung Luhur Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten – foto @jrmcko_

Cara Menuju Desa Citorek  Negri Diatas Awan Lebak Banten

Bagi teman-teman yang tertarik datang ke Desa Lautan Awan Citorek di lebak Banten ini kalian terlebih dahulu harus menuju Kabupaten Lebak Banten khususnya bagi mereka yang berasal dari luar Lebak seperti dari Jakarta. Dari pusat kota Rangkasbitung atau ibu kota Kabupaten Labak Banten, kalian harus naik angkutan mobil atau kendaraan pribadi atau sewa sebab tidak ada angkutan umum menuju Desa Citorek.

Baca juga ya :

Stasiun Rangkasbitung

Stasiun Rangkasbitung – foto @Ekonomi-bisnis

Jarak ke Gunung Luhur Desa Citorek sendiri dari pusat ibukota Kabupaten Lebak yakni Rangkasbitung adalah 78 kilometer atau kurang lebih 1.5 jam – 2,5 jam perjalanan menggunakan mobil maupun motor. Rute dari Rangkas Bitung adalah menuju Cipanas – Lebak Gedong – Citorek hingga Gunung Luhur. Jika kalian bingung lokasinya, bisa dimaps kok guys dan jika sudah dilokasi Desa Citorek Kidul kalian bisa tanya saja sama warga setempat soal lokasi tepatnya Negri Lautan Diatas Awan.

Bagi teman-teman yang datang dari pusat kota Serang, perjalanan akan memakan waktu sekitar 4 jaman. Ambil jalur dari arah petir kemudian terus ke daerah Rangkasbitung dan maps saja menuju Desa Citorek Kidul atau kearah kecamatan Cibeber. Nah dari sana jika kalian tanya ke warga arah ke Citorek kalian akan dibantu, jadi jangan lupa tanya sama warga setempat yah.

Lokasi Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten

Sunrise yang indah di Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten – foto @vikileonardo

Sebenarnya karena Negri Lautan Awan Desa Citorek Lebak Banten ini masih tergolong destinasi wisata baru jadi aksesnya atau jalanya masih belum bagus. Namun kini pemerintah setempat sudah mulai memperbaiki jalanan menuju perbukitan tempat melihat lautan awan.

Perlu ekstra hati-hati ya guys saat kalian menuju puncak gunung luhur atau lokasi melihat lautan awan sebab jalurnya masih jalur proyek jalan yang belum selesai pengerjaanya dari Desa Citorek hingga kelokasi Gunung Luhur(September 2019). Meski Kondisi jalannya masih berbatu dan tanah merah di beberapa bagian jalan terutama jalanan menuju spot foto yang panjangnya sekitar Satu kilometer. Kita juga harus melewati kawasan tanjakan yang cukup tajam kurang lebih sekitar satu kilometeran hingga akhirnya tiba dipuncak.

Area di sekitar Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten

Area di sekitar Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten – foto @lizanaachmad

Ingat ya gengs kalo motor atau mobil kalian tidak sanggup nanjak kepuncak, tolong jangan dipaksa apalagi saat musim hujan, itu jalananya sangat licin dan berlumpur jadi lebih baik berjalanan kaki saja ke puncaknya.

Waktu Terbaik melihat Negri Diatas Awan Lebak Banten

Biasanya wisatawan yang datang ke Negri Lautan Awan Desa Citorek Lebak Banten ini akan datang pada sore atau malam hari khususnya bagi wisatawan yang datang dari jauh. Mereka akan menginap didekat lokasi desa Citorek apalagi saat ini sudah mulai banyak rumah warga yang dijadikan homestay. Jika kalian ingin merasakan suasana adevnture mungkin camping ditempat ini jadi pilihan terbaiknya.

Indahnya Pemandangan Gunung Luhur Desa Citorek Lebak Banten

Indahnya Pemandangan Gunung Luhur Desa Citorek Lebak Banten – foto @vikileonardo

Namun bagi sebagian warga yang rumahnya dekat mereka akan datang pada dini hari ke Desa Citorek dan menunggu waktu subuh hingga akhirnya Waktu Sunrise terbaik dan lautan awan akan muncul ke permukaan setelah Sholat subuh atau sekitar pukul 05.00 pagi hari.

Sunrise Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten

Sunrise Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten – foto @gunung_luhur

Dari jam tersebut hingga pukul 09.00 pagi hamparan lautan awan mulai mengelilingi kawasan Gunung Luhur ini dan tentunya sejuknya udara pagi khas pegunungan semakin membuat wisatawan merasa nyaman dan tenang berada dikawasan ini. Jangan lupa pakai jaket yah gengs karena meski tidak sedingin puncak tapi udara dan suhu disekitar tempat ini cukup dingin apalagi saat kita sedang menunggu terbitnya matahari.

Fasilitas Di Negri Lautan Awan Desa Citorek Lebak Banten

Seperti yang sudah disampaikan diatas jika Negri Lautan Awan Desa Citorek Lebak Banten ini masih tergolong destinasi wisata yang baru dibuka untuk umum sehingga fasilitasnya belum cukup lengkap. Namun pengelola terus menambah fasilitas-fasilitas umum agar membuat nyaman pengunjung yang datang.

Parkiran di Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten

Parkiran di Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten – foto @gunung_luhur

Disekitar tempat wisata sudah ada Toilet umum, parkiran yang luas 24 jam, Warung Makanan dan juga area Camping maupun penyewaanya tendanya. Oh ya jika ingin sholat bisa sholat dimasjid Desa Citorek saja atau kalo ingin menginap dirumah warga setempat yang kini banyak mulai beralih fungsi menjadi homestay dadakan.

Camping di Negeri Lautan Atas Awan Citorek Lebak

Selain pesona lautan awan di Gunung Luhur di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber Lebak Banten, Desa citorek juga memiliki spot camping yang sangat indah dan juga nyaman. Biasanya banyak wisatawan yang ingin datang melihat lautan awan di desa Citorek Lebak mereka akan menginap di camp area yang tersedia ditempat ini.

Camping di Gunung Luhur Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten

Camping di Gunung Luhur Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten – foto @rusmanawati57

Nah jika teman-teman ingin mendirikan tenda atau camping di Desa Lautan Awan Citorek di lebak Banten ini, kalian hanya perlu membayar biaya camp sebesar Rp. 30.000 / tenda. Namun bagi teman-teman yang malas membawa tenda dan ingin menyewa tenda saja, disanapun sudah tersedia penyewaan tenda yakni harga sewanya Rp. 50.000 per tenda nya.

Gunung Luhur Citorek Negri Diatas Awan Lebak Banten

Gunung Luhur Citorek Negri Diatas Awan Lebak Banten – foto @tukangfotoartis

Catatan Penting :

  1. Usahakan datang Menginap di Desa Citorek agar tidak terlambat menikmati sunrise dan lautan awanya
  2. Jam terbaik menikmati lautan awan adalah jam 05.30 – 07.00 pagi hari
  3. Tidak ada signal kecuali signal indosat itu saja masih sering putus2. Telkomsel masih tewas dikawasan ini.
  4. Ada penyewaan tenda kok jadi kalian bisa camping disana dan gak perlu ngehomestay
  5. Jangan datang saat musim hujan sebab jalanan masih berlumpur dan licin
  6. Sering-sering tanya ke warga setempat dan jangan sampai terlewat sebab masih minim petunjuk
  7. Bawa kendaraan ofroad atau trail biar bisa sampai kepuncaknya
  8. Banyak warung yang berjualan jadi tenang jangan takut kelaparan
  9. Parkiran motor / mobil 24 jam
  10. Jangan buang sampah sembarang ya
  11. Jangan datang weekend sebab ratusan pengunjung bakalan memnuhi area. Jika mau sepi datang weekday atau hari biasa saja
Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

6
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
3 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors
Kata OmedLinardyOdieRoni Prapusu Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Roni Prapusu
Guest
Roni Prapusu

Mohon ijin apakah mobil sedan bisa naik ke atas?

Odie
Guest
Odie

Bos klo pom bensin paling terakhir sebelum TKP ada ngk deket lokasi?? And nama daerah’y apa?

Linardy
Guest

Pakai Motor Yamaha R15 kuat gak yah?