Inilah 5 Kota Terbesar Di Kalimantan Utara

Kalimantan Utara Merupakan Provinsi Termuda Indonesia Yang Resmi Disahkan Menjadi Provinsi Dalam Rapat Paripurna DPR Pada Tanggal 25 Oktober 2012 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2012 Lalu.

Kalimantan Utara Yang Biasa Disingkat Kaltara Adalah Sebuah Provinsi Di Indonesia Yang Terletak Di Bagian Utara Pulau Kalimantan.

baca juga : inilah  daftar kota terbesar di Kalimantan beserta fotonya

peta kalimantan utara

peta kalimantan utara – foto brilio.net

Provinsi Ini Berbatasan Langsung Dengan Negara Tetangga Malaysia, Yaitu Negara Bagian Sabah Dan Sarawak.

Pusat Pemerintahan Kalimantan Utara Saat Ini Berada Di Kota Tanjung Selor, Bersama Dengan Pusat Pemerintahan Kabupaten Bulungan.

Jumlah Penduduk Di Provinsi Kalimantan Utara Tercatat Ada 738.163 Jiwa.

5 Kota Terbesar Di Kalimantan Utara

Dan  Inilah 5 Kota Terbesar Di Kalimantan Utara berdasarkan jumlah penduduknya saat ini.

Peringkat Kabupaten/Kota Populasi 2020 Ibu kota
1 Kota Tarakan 242.800 Tarakan
2 Kabupaten Nunukan 199.100 Nunukan
3 Kabupaten Bulungan 151.800 Tanjung Selor
4 Kabupaten Malinau 82.500 Kota Malinau
5 Kabupaten Tana Tidung 25.600 Tideng Pale

 

1. Kota Tarakan

Pusa Kota Taraka

Pusa Kota Tarakan – foto kaltra.prokla

Kota Tarakan adalah salah satu kota di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia dan sekaligus merupakan kota terbesar di Kalimantan Utara.

Kota Tarakan memiliki luas wilayah 677,53 km² dan sesuai dengan data Badan Pusat Statistik 2021 jumlah penduduk kota Tarakan  sebanyak 242.786 jiwa.

Kota Tarakan terdiri dari 4 kecamatan dan 20 kelurahan. Pemeluk agama terbesar adalah Islam disamping Kristen Protestan, Budha, Katolik dan Hindu.

Kota Tarakan yang didiami oleh suku asli yaitu, Tidung dalam perkembangannya sebagaimana daerah lain dihuni pula oleh suku-suku lain seperti Dayak, Bulungan, Banjar, Jawa, Tionghoa, Bugis, Melayu, Bali, Madura, Moro, Suluk, Toraja, Buton, Manado, Maranao, Mandar, Makassar dan lain-lain.

2. Kota Nunukan – Kabupaten Nunukan

pusat kota nunukan

pusat kota nunukan – foto gmaps b nest

Kota Nunukan Adalah Salah Satu Kecamatan Sekaligus Ibu Kota Dan Pusat Pemerintahan Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia.

Sebagian Besar Wilayah Kecamatan Nunukan Berada Di Pulau Nunukan, Yang Terpisah Dari Pulau Utama Yaitu Pulau Kalimantan.

Selain Merupakan Lokasi Pusat Pemerintahan Kabupaten Nunukan, Kota Nunukan Juga Pusat Aktivitas Segala Kegiatan Ekonomi Dan Lalulintas Perdagangan.

Kota Nunukan Terdiri Dari 4 Kelurahan Dan 1 Desa Dan Memiliki Potensi Daerah Terutama Di Bidang Perdagangan, Jasa, Pertanian Dan Perkebunan.

Dan Tahun 2021 Tercatat Jumlah Penduduk Kota Nunukan Sebanyak 63.391 Jiwa, Dengan Kepadatan 77 Jiwa/Km². Semntara Jumlah Penduduk  Kabupaten Nunukan Sendiri Mencapai 199.090 Jiwa.

Kota Nunukan Juga Menjadi Kota Perdagangan Lintas Batas Dengan Daerah Tawau Negara Malaysia Timur.

Penduduk Kabupaten Nunukan Umumnya Berasal Dari Suku Tidung Dan Dayak.

Suku Lain Yang Ada Di Nunukan Termasuk Suku Bugis, Makassar, Melayu, Jawa, Tionghoa, Batak, Dan Lainnya. Sementara Bahasa Yang Digunakan Lebih Mirip Bahasa Melayu, Karena Wilayah Ini Juga Berbatasan Dengan Malaysia.

3. kota Tanjung Selor – Kabupaten Bulungan

Kota Tanjung Selor

Kota Tanjung Selor – ftoo tribunkaltim.com

Kota Terbesar Ke-3 Di Provinsi Kalimantan Utara Adalah Kota Tanjung Selor.

Tanjung Selor Adalah Sebuah Kecamatan Sekaligus Merupakan Pusat Pemerintahan Atau Ibukota Dari Provinsi Kalimantan Utara. Kota Ini Juga Ini Terletak Di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia.

Tanjung Selor Juga Merupakan Ibu Kota Dari Kabupaten Bulungan Karena Status Tanjung Selor Saat Ini, Masih Berstatus Kecamatan Yang Masih Dipimpin Oleh Camat.

Kota Tanjung Selor Memiliki Luas Wilayah 677,77 Km² Dan Berdasarkan Data BPS Kabupaten Bulungan Tahun 2021 Jumlah Penduduk Tanjung Selor Sebanyak 56.569 Jiwa, Dengan Kepadatan Penduduk 84 Jiwa/Km².

Sementara Luas Kabupaten Bulungan Sendiri Yakni 13.181,92 Km² Dengan Jumlah Penduduk Pada Tahun 2020 Sebanyak 151.844 Jiwa.

4. Kota Malinau – Kabupaten Malinau

Kota Malinau

Kota Malinau – foto kalatara.prokal .co

Kota Malinau Adalah Sebuah Kecamatan Yang Juga Merupakan Pusat Pemerintahan Dari Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia.

Pada Tahun 2020 Jumlah Penduduk Kota Malinau Ini Berjumlah 26.625 Jiwa Dengan Kepadatan Penduduknya  Yaitu Sebesar 187 Jiwa/Km².

Kabupaten Malinau Sendiri Merupakan Kabupaten Terluas Di Kalimantan Utara, Yakni 40.088,38 Km² Dan Memiliki Jumlah Penduduk Pada Tahun 2020 Sebanyak 82.519 Jiwa.

Di Kabupaten Malinau Terdapat Taman Nasional Kayan Mentarang Dengan Luas 1.271.696,56 Ha.

5. Kota Tideng Pale – Kabupaten Tana Tidung

Bundaran KTT tideng pale

Bundaran KTT tideng pale – foto Sinoman Pati Muda

Kota Tideng Pale Menjadi Kota Terbesar Terakhir Saat Ini Di Kalimantan Utara. Kota Tideng Pale Adalah Nama Salah Satu Desa Di Wilayah Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia.

Kota Tideng Pale Menjadi Pusat Pemerintahan Dan Ibu Kota Kabupaten Tana Tidung Dimana Kta  Ini Memiliki Luas Wilayah 148,33 Km² Dengan Populasi Ditahun 2020 Berjumlah 5.296 Jiwa, Dan Kepadatan 35,70 Jiwa/Km².

Penduduk Asli Kabupaten Tana Tidung Kalimantan Utara Ialah Suku Tidung Dan Suku Dayak, Termasuk Di Kecamatan Sesayap Dan Juga Desa Ini.

Ada Juga Suku Lain Yang Berasal Dari Luar Kalimantan, Seperti Suku Jawa, Toraja, Bugis, Makassar, Dan Suku Lainnya.

Kabupaten Tana Tidung Merupakan Pemekaran Dari 3 Wilayah Kecamatan Di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, Yakni Kecamatan Sesayap, Sesayap Hilir Dan Tanah Lia.

Penduduk Kabupaten Tana Tidung Ini Paling Sedikit Dari Semua Kabupaten/Kota Di Kalimantan Utara, Yakni 25.584 Jiwa Dengan Kepadatan Penduduk 6 Jiwa/Km2.

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of