Berkunjung ke Desa Pelangi di Pulau Kolorai

Salah satu pulau yang saya kunjungi saat explore kawasan Kepulauan Morotai adalah Pulau Kolorai. Pulau ini ternyata salah satu pulau berpenghuni terpadat yang ada di Kabupaten Morotai Provinsi Maluku Utara. Pulau yang terkenal karna keindahan pantainya maupun bawah lautnya ini juga terkenal sebagai desa pelangi nya Morotai. Semua rumah mulai dari tembok, jalanan hingga dermaga dicat bewarna-warni.

Pulau Kolorai Di Morotai

Menjadi Desa Wisata di Pulau Kolorai

Didesa ini ini juga ada banyak sekali keistimewaan seperti salah satunya aktivitas warga yang sering mencari ikan, kerang dan rumput laut maupun beragam acara budaya yang rutin digelar dipulau ini. Dari pusat Kota Daruba hanya membutuhkan sekitar 2 jam perjalanan laut menggunakan kapal nelayan.

Baca Juga :Unik dan serem, Tradisi Dabus Tusuk dada Khas Maluku

Dermaga Pulau Kolorai

Gerbang kampung Kolorai

Keindahan dan Keunikan Pulau Kolorai

Biasanya pulau ini disinggahi wisatawan untuk menikmati santap makan siang atau yang ingin membeli minuman dan makanan. Namun tak sedikit juga yang sengaja datang kepulau ini untuk mengenal lebih dekat lagi kehidupan sosial masyarakatnya. Berbagai fasilitas umum tersedia dipulau ini mulai dari sekolah umum, masjid besar, kantor desa, balai desa hingga jalanan yang rapi dan bersih ada di pulau ini.

Baca JugaInilah Pulau Dodola, pulau terindah di Morotai

Pulau desa wisata Kolorai di Morotai

Jalan disepanjang kampung pulau Kolorai dicat bewarna warni

Pulau Kolorai sendiri dihuni oleh kurang lebih 150 Kepala Keluarga yang terdiri dari beberapa suku yaitu suku Galela, Ternate dan Bajo. Hal unik lainnya dari pulau ini adalah ada sebuah sumur tua yang berada di tengah pulau. Sumur ini rasanya tawar dan bisa dikonsumsi, sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan mendapatkan air tawar.

Pulau Kolorai yang indah Kini menjadi desa wisata

Untuk sampai dipulau Kolorai seperti yang sudah disampaikan diataa jika kita harus naik kapal speed selama 2 jam. Buat kalian yang mau kepulau ini maka terlebih dahulu harus kekota Daruba di Morotai. Nah biasanya disana banyak perahu yang disewakan. Atau jika hari pasar tiba kalian bisa numpang keperahu warga yang membeli kebutuhan pokok.

 

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

8
Leave a Reply

avatar
6 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
7 Comment authors
Resya NurlianaOmedAndyPristaBagus Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Resya Nurliana
Resya Nurliana

Waaaa bagus nihhhh