KATA OMED

Bundaran Pangkalan Lima kota Pangkalan Bun, Icon Perdamaian di Kotawaringin Barat

Satu lagi Bundaran yang ada di kota Pangkalanbun yakni Bundara Pangkalan Lima. Seperti yang kita tahu jika Kota Pangkalanbun yang menjadi ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat ini terkenal sebagai kota Bundaran. Ada banyak sekali persimpangan dijalan-jalan kota yang dibuat melingkar atau berbentuk Bundaran.

Salah satu Bundaran besar yang baru selesai di Bangun di kota pangkalanbun adalah Bundara Pangkalan Lima. Bundaran ini cukup menarik menurut saya dibanding bundaran-bundaran lainnya. Selain sebagai sebuah bundaran persimpangan seperti pada umumnya, Bundara Pangkalan Lima juga berfungsi sebagai taman khususnya ditengah-tengah bundaran mengingat ukuran bundaran ini sangat besar dan luas.

Bundaran Pangkalan Lima kota Pangkalan Bun

Bundaran Pangkalan Lima kota Pangkalan Bun

Bundara Pangkalan Lima ini juga merupakan pitu gerbang menuju luar kota Pangkalnbun Karena letaknya agak jauh dari pusat kota, bundaran ini kurang begitu popoluer karena hanya dilintasi bagi mereka yang akan menuju Kabupaten disekitarnya seperti Nagabulik dan ke arah Kalimantan Barat. Lokasi Bundara Pangkalan Lima ini berada di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pangkalan Lima.

Ada banyak hal menarik dari Bundara Pangkalan Lima seperti salah satunya adalah ada banyak tempat ibadah beragam agama yang dibangun disekitar Bundara Pangkalan Lima. Ada Masjid, Klenteng, Gereja hingga Pura. Konon pemabngunan tempat-tempat ibadah di Bundara Pangkalan Lima ini sebagai simbol sebuah kerukunan yang akan tetap terjaga dikota Pangkalanbun dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Bundara Pangkalan Lima

Bundara Pangkalan Lima – foto @wesabarli_

Beberapa hal menarik lainnya yakni tepat ditengah Bundara Pangkalan Lima ada sebuah Tugu unik yang cukup iconic dan menjadi landmark Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Kawasan tugu ini atau di Bundara Pangkalan Lima cukup ramai khususnya sore hari karena sering dijadikan sebagai tempat nongkrong dan bersantai warga kobar Khususnya masyarakat  kawasan Pangkalan Lima dan Sungai Rangit.

Baca juga ya :

bundaran Pangkalan Lima kota pangkalan bun

bundaran Pangkalan Lima kota pangkalan bun

Saya sendiri sudah mencatat ada banyak sekali bundaran di Pangkalnbun. Ada lebih dari 8 Bundaran dikota ini dengan nama dan sejarah yang berbeda-beda.

Misalnya saja Bundaran Pancasila yang terletak di jantung Kota Pangkalan Bun. Lokasinya di antara Jalan Iskandar, Jalan HM Rafii, Jalan Pemuda, dan Jalan Malijo. Disebut Bundaran Pancasila karena di atas tugunya terdapat tugu berbentuk Pancasila. Bundaran ini biasanya juga disebut sebagai bundaran selamat datang dikota Pangkalnbun karena lokasinya tepat di gerbang masuk dan keluar menuju Bandara.

Bundaran Pancasila Pangkalanbun

Bundaran Pancasila Pangkalanbun – foto @earband

Ada juga Bundaran Pramuka, yang katanya awalnya dikenal sebagai bundaran Beringin. Hal ini dikarenakan bentuk tugunya menyerupai beringin. Namun seiring waktu, tugu bundaran ini di bongkar dan diganti dengan tugu bertuliskan Praja Muda Karana. Sejak saat itu dikenal lah nama bundaran pramuka. Lokasinya bundaran ini berada di Jalan HM Rafii, Jalan Ahmad Wongso, Jalan Pramuka, dan Jalan Bayangkara.

Dan masih banyak lagi Bundaran-bundaran besar lainnya di kota Pangkalnbun.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of