6 Kopi Indonesia Paling Enak

Kopi Indonesia Merupakan Salah Satu Yang Paling Terkenal, Dan Paling Enak Di Dunia. Selain Itu, Juga Karena Ragam Varietas Nya Yang Begitu Banyak.

Salah Satunya Yang Populer Adalah Kopi Luwak, Karena Terkenal Akan Proses Panennya Yang Rumit, Sehingga Membuat Harganya Mahal.

Sebagai Pemasok Kopi Dunia, Ternyata Jenis Kopi Indonesia Masuk Ke Dalam Kopi Yang Cukup Populer Di Pasar Internasional. Alasannya, Karena Cita Rasa Khas Yang Tidak Bisa Ditemukan Di Negara Lain.

Meski Banyak Orang Menyangka Kopi Adalah Komoditi Asli Indonesia Namun Ternyata Kopi Bukan Tanaman Asli Indonesia.

Berdasarkan Sejarak, Tanaman Kopi Berasal Dari Ethiopia Yang Kemudian Disebarkan Oleh Orang-Orang Arab Hingga Menembus Pasar Eropa Dan Asia.

Kopi Masuk Ke Indonesia Pada Saat Masa Kolonial Belanda Yang Menjajah Dan Melancarkan Sistem Tanam Paksa.

Yuk, Kita Lihat Daftar Kopi Indonesia Yang Paling Enak, Dan Terkenal Di Dunia Seperti Ulasan Di Bawah Ini.

Baca Juga:

1. Kopi Gayo

Kopi Gayo

Kopi Indonesia Gayo Aceh

Kopi Gayo merupakan jenis Kopi Indonesia jenis Arabika, yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Kopi ini di produksi di daerah Aceh Tengah, tepatnya di  dataran tinggi Gayo, sebagai penghasil salah satu kopi terbaik di dunia.

Cita rasa kopi asal Aceh ini tidak diragukan lagi. Memiliki tingkat keasaman seimbang, dan tekstur yang lebih encer, membuatnya banyak disukai penyuka kopi asam dan tak terlalu pekat.

Untuk penyajiannya sendiri, umumnya tidak diseduh dengan air panas, melainkan langsung direbus dengan air, hingga benar-benar mendidih. Kemudian, kopi dituangkan ke dalam gelas yang sudah diisi gula dan susu.

2. Kopi Luwak

Kopi Luwak

Kopi Indonesia Luwak

Kopi Luwak adalah salah satu kopi Indonesia termahal di dunia, karena memiliki nilai eksotis yang terbilang langka keberadaannya.

Rasanya yang enak, membuat kopi ini laku keras dalam penjualannya. Selain itu, kopi ini juga ramah di lambung.

Biji kopi ini, dipanen dari feses Luwak liar yang dibersihkan. Tekstur dari kopi ini, biasanya lebih halus dari jenis kopi lainnya.

Banyak yang menduga, hal tersebut disebabkan karena proses fermentasi dari perut Luwak.

3. Kopi Toraja, Kopi Indonesia Paling Enak

Kopi Toraja

Kopi Toraja – foto ig @axton.coffee

Beberapa negara yang menjadi tujuan utama ekspor Kopi Toraja adalah Jepang dan Amerika. Pasalnya,  karena karakteristiknya unik,sesuai dengan kebiasaan minum kopi masyarakat disana.

Kopi Indonesia paling enak ini, biasanya tidak menyisakan rasa pahit setelah meminumnya. Sensasi pahit yang dirasakan, hanya ada di awal tegukan. Namun setelah itu, akan hilang dengan dengan sendirinya.

Seperti umumnya kopi Sulawesi, ciri khas utama yang dimiliki adalah rasa earthy. Seperti rasa tanah atau hutan, dengan kandungan asam yang rendah.

4. Kopi Wae Rebo

Kopi Wae Rebo

Kopi Indonesia Wae Rebo

Kopi Indonesia ini ternyata memiliki dua jenis kopi utama, yaitu Robusta dan Arabika. Perbedaan dari kedua kopi tersebut, adalah dari cita rasa yang dihasilkan, dan juga bentuk dari buahnya.

Keunikan dari Kopi Wae Rebo ini adalah, buah kopinya yang berwarna merah menyala. Walaupun, warna kopinya saat dihidangkan adalah hitam pekat, seperti warna minuman kopi pada umumnya.

5. Kopi Wamena

Kopi Wamena, Kopi Indonesia Paling Enak

Kopi Wamena,Kopi Indonesia Paling Enak – foto ig @andar_tm

Kopi Indonesia dari Wamena Papua ini, terkenal karena memiliki rasa yang balance dan smooth. Aroma yang dihasilkan bernuansa coklat dan floral yang cukup harum, manis, serta keasaman yang rendah.

Kopi Wamena menjadi pilihan yang baik, karena rasanya sangat ringan dan tidak asam. Selain itu juga dianggap sebagai kopi sehat, karena diproduksi secara organik oleh para petani.

Selain itu, jenis kopi ini menghasilkan rasa earthy dengan sensasi herbal, dan rasa yang terasa smokey setelah meminumnya.

Kopi ini juga dirasa memiliki rasa yang unik, karena memiliki sensasi floral. Hal tersebut dapat terjadi, karena proses penanaman yang tanpa pestisida.

6. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang – foto ig @kopibungaduri

Kopi yang tumbuh di dataran tinggi Bukit Barisan Sumatera ini, memiliki rasa yang kuat, karena ditanam di daerah pegunungan. Sidikalang merupakan Kopi Indonesia Paling Enak dan dapat mengalahkan kopi dari Brazil.

Proses pengolahannya, dilakukan secara natural, dan cocok bagi para penyuka kopi “kelas berat”. Karena, memang memang memiliki aroma khas yang cukup kuat.

Baca Juga:

Jenis Kopi Di Indonesia

Kopi Arabika

Kopi Arabika

Saat Ini Ada Lebih Dari 100 Spesies Atau Jenis Kopi Yang Dikenal Di Dunia. Namun Hanya Ada Tiga Jenis Kopi Yang Menjadi Komoditas Populer Di Dunia Yaitu Arabika (Coffea Arabica), Robusta (Coffea Canephora Var. Robusta), Dan Liberika (Coffea Liberica).

Kopi Arabica Atau Yang Biasa Dikenal Dengan Kopi Arabika Adalah Kopi Pertama Yang Ditemukan Di Ethiopia Dan Oleh Bangsa Arab Disebarkan Ke Penjuru Dunia.

Nama Arabika Sendiri Kemudian Digunakan Karena Peran Bangsa Arab Dalam Menyebarkan Biji Kopi Tersebut. Arabika Juga Merupakan Jenis Kopi Pertama Yang Dibawa Ke Indonesia Oleh Belanda.

Kopi Robusta

Kopi Robusta

Selanjutnya Ada Kopi Robusta Atau Yang Bernama Latin Coffea Canephora Var. Robusta Dan Dipercaya Pertama Kali Ditemukan Di Kongo.

Jenis Kopi Robusta Ini Sebetulnya Merupakan Subspesies Atau Varietas Dari Coffea Canephora.

Ada Dua Varietas Utama Coffea Canephora Yaitu Robusta Dan Nganda. Tapi Di Antara Keduanya Kopi Robustalah Yang Lebih Populer Sehingga Namanya Sering Digunakan Untuk Menyebut Canephora.

Nama Robusta Diambil Dari Kata Robust Yang Berarti Kuat. Sayangnya, Meski Tanaman Ini Lebih Kuat Dan Tahan Terhadap Gangguan Hama Dibanding Arabika Namun Kadang Kualitas Buahnya Lebih Rendah.

Indonesia Sendiri Termasuk Penghasil Kopi Robusta Terbesar Di Dunia Setelah Vietnam Dan Brazi. Ada Lebih Dari 80% Perkebunan Di Indonesia Ditanami Robusta.

Baca juga :

Kopi Liberika

Kopi Liberika

Jenis Kopi Yang Ketiga Adalah Kopi Liberica Atau Kopi Liberika Pertama Ditemukan Di Negara Liberia.

Banyak Orang Beranggapan Bahwa Tanaman Ini Berasal Dari Daerah Liberia, Padahal Liberika Juga Ditemukan Tumbuh Liar Di Daerah Afrika Lainnya.

Pohon Liberika Bisa Mencapai Tinggi 18 Meter. Ukuran Buahnya Lebih Besar Dibanding Arabika Dan Robusta. Meski Buahnya Besar Dan Bobot Buah Keringnya Hanya 10% Dari Bobot Basahnya.

***

Demikianlah ulasan kali ini, mengenai 6 Kopi Indonesia yang paling enak, dan juga cukup terkenal di mancanegara. Semoga dapat menjadi referensi berguna, bagi para penikmat kopi di Indonesia.

 

Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of