KATA OMED

Menembus Batas Negri Edisi Perbatasan Jagoi Babang Bengkayang

Terabaikan namun dibutuhkan. Mungkin itulah kata yang tepat untuk mengambarkan perbatasan Antara Indonesia dan Malysia yang berada di Jagoi babang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat.

tugu pancasila diperbatasan jagoi babang

tugu pancasila diperbatasan jagoi babang

Saya sendiri sudah mengunjungi lebih dari 20 perbatasan Indonesia dengan beberapa negara seperti Timur Leste, Papua New Guinea, Australia, Philipina hingga Malaysia dan negara lainnya disemua penjuru negri ini.

Dan perbatasan Jagoi ini bisa dibilang perbatasan yang cukup sederhana bersama beberapa perbatasan Indonesia lainnya seperti di Soeta Merauke, Sebatik Nunukan dan Malinau Kalimantan Utara.

Perbatasan Jagoi Babang

perbatasan jagoi babang bengkayang

perbatasan jagoi babang bengkayang

Oh ya, perbatasan Jagoi ini adalah perbatasan yang menghubungkan Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Barat dengan negri Serawak Malaysia.

Ada 4 perbatasan besar di Kalimantan barat ini seperti Perbatasan Entikong, Badau di Putusibau dan Aruk di Sambas. Namun khusus perbatasan Jagoi ini berbeda sekali dengan yg lainnya dimana perbatasan Jagoi jauh dari kata bagus dan lengkap.

bangunan plbn jagoi babang yang terbengkalaii

bangunan plbn jagoi babang yang terbengkalaii

Mungkin karna status perbatasan Jagoi yang bukan Pos Lintas Batas Negara yang bisa Cap paspor dan bebas melintas antar kedua negara sehingga terlihat sedikit terabaikan.

Padahal disini sudah ada bangunan yang megah yang disiapkan sebagai pos Imigrasi namun entah mengapa tidak diteruskan dan terbengkalai. Konon dari negara sebelah tidak mengingikan PLBN ini ada makanya masih tertunda.

bangunan d perbatasan jagoi babang yang masih tertunda

bangunan d perbatasan jagoi babang yang masih tertunda

Perbatasan jagoi sendiri masih sangat sederhana. Pemeriksaan kendaraan maupun orang yang melintas di kedua negara inipun hanya diperiksa secara standar mengenai tujuan dan barang bawaan yang akan dibawa menyebrang.

Umumnya warga yang melintas diperbatasan ini adalah mereka yang memang hidup diwilayah terdekat dengan menjual barang dagangan maupun hasil bumi diantara kedua negara.

tugu batas negara di kawasan jagoi babang

tugu batas negara di kawasan jagoi babang

Karena statsu saya yang hanya berkunjung saja maka saya hanya bisa berfotoa diantara kawasan perbatasan jagoi babang saja tanpa diizinkan untuk menyebrang.

Jika saya ingin melintas ke malaysia harus melalui plbn aruk atau bengkayang dan cap paspor disana.

Lokasi Perbatasan Jagoi Babang

perbatasan jagoi babang

perbatasan jagoi babang

Secara administrati, perbatasan jagoi babang ini berada di kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

WIlayah jagoi babang  ini terletak di perbatasan Kalbar-Serawak yakni perbatas di sebelah timur indonesia dimana jaraknya kurang lebih 1 jam ke Kota Serawak.

pos penjagaan di perbatasan jagoi babang

pos penjagaan di perbatasan jagoi babang

Sebelah utara Kecamatan ini berbatasan dengan Lundu, Sarawak Malaysia,sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Seluas dan kecamatan Siding, sebelah timur berbatasan dengan Serikin, Sarawak Malaysia.

Di kecamatan jagoi babang sendir terdapat enam desa, yaitu Desa Jagoi, Desa Sekida, Desa Sinar Baru, Desa Semunying Jaya, Desa Kumba, Desa Gersik.

patok batas negara di jagoi babang

patok batas negara di jagoi babang

Jagoi Babang berjarak 115 km dari Kabupaten Bengkayang atau sekitar 2 jam dari Kantor Pemda Bengkayang.  Kecamatan ini terdiri atas 6 Desa dan 14 dusun dengan jumlah KK 1679 dan 6948 jiwa.

Info Rute Menuju Perbatsan Jagoi Babang

Untuk bisa sampai di perbatasan jagoi babang ini, saya naik kendaraan umum seperti bus umum dari kota bengkayang selama kurang lebih 2-3 jam dengan biaya sekitar 34 ribuan.

Namun bagi kalian yang datang dari kota pontianak juga ada kendaraan umum seperti damri atau bus umum yang langsung membawa kalian dari pontianak tujuan jagoi babang dengan waktu tempuh hamir 9 jam perjalanan.

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of