KATA OMED

Inilah Daftar 13 Bandar Udara Di Kalimantan Timur

Published · Updated

Bandar Udara Di Kalimantan Timur – Kalimantan Timur Adalah Salah Satu Provinsi Yang Berada Di Pulau Kalimantan Dengan Ibu Kotanya Adalah Kota Samarinda.

Pembangunan Yang Cukup Pesat Di Wilayah Tersebut, Semakin Banyak Membutuhkan Fasilitas Bandar Udara Untuk Memudahkan Perpindahan Transportasi Masyarakatnya.

Terlebih Lagi Setelah Ada Wacana Untuk Pengembangannya Menjadi Ibu Kota Negara Baru Pada Beberapa Tahun Mendatang. Sehingga Tidak Menutup Kemungkinan Beberapa Bandar Udara Di Kalimantan Timur Ini Akan Menjadi Yang Tersibuk.

Baca Juga:

peta kalimantan timur

peta kalimantan timur

Daftar Bandar Udara Di Kalimantan Timur Tercatat Ada 13 Buah Bandara, Baik Itu Bersekala Besar Dan Internasional Atau Bandar Udara Sekala Kecil Yang Hanya Dilintasi Oleh Penerbangan Perintis.

  1. Bandar Udara APT Pranoto
  2. Bandar Udara Bontang
  3. Bandar Udara Datah Dawai
  4. Bandar Udara Kalimarau
  5. Bandar Udara Mangkajang
  6. Bandar Udara Maratua
  7. Bandar Udara Melalan
  8. Bandar Udara Muara Badak Pujangan
  9. Bandar Udara Sangkimah
  10. Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan
  11. Bandar Udara Tanjung Bara
  12. Bandar Udara Tanjung Santan
  13. Bandar Udara Uyang Lahai

Untuk lebih mengenal beberapa Bandar Udara yang terdapat di Kalimantan Timur, berikut ini adalah ulasan profilnya.

1. Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman – Sepinggan

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan - Kalimantan Timur

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan – Kalimantan Timur

Sultan Aji Muhamad Sulaiman adalah Bandar Udara Internasional yang melayani penerbangan dari dan ke Balikpapan maupun di wilayah lainnya di Kalimantan Timur.

Dan sekarang fasilitas transportasi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman ini juga sedang diproyeksikan menjadi gerbang utama menuju Ibu Kota Negara yang baru.

Bandar Udara di Kalimantan Timur ini mulai beroperasi pada tanggal 6 Agustus 1997, dan dikelola oleh PT.  Angkasa Pura I, dengan luas lahan sekitar 300 hektar.

Predikat yang disandang Bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman adalah sebagai bandar udara ke-4 terbesar dari 13 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I.

Rencana pengembangan pada lahan yang masih tersedia di sekitar bandara, antara lain berupa hotel transit, meeting room, restoran dan mini market.

2. Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto – Samarinda

Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto

Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto – foto maps Ricky Junaedi9

Bandar Udara di Kalimantan Timur selanjutnya adalah Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto. Posisi dari Bandara ini terletak di Kota Samarinda.

Lokasi Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto berada di kawasan Sungai Siring yang beroperasi pada 24 Mei 2018. Dan saat itu, diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak.

Tujuan dari didirikannya Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto ini, adalah untuk menggantikan Bandar Udara Temindung yang sudah tidak dapat dikembangkan.

Adapun inspirasi dari namanya sendiri diambil dari nama Gubernur Kalimantan Timur pertama yaitu APT Pranoto.

Bandara APT Pranoto memiliki luas area 13 hektar yang terdiri dari sarana berupa gedung administrasi, landasan pacu sepanjang 2.250 m x 45 meter, ukuran taxiway 173 m x 23 m, dan juga apron serta  fasilitas lainnya.

3. Bandar Udara Maratua – Berau

Bandar Udara Maratua, Bandar Udara di Kalimantan Timur - Kalimantan Timur

Bandar Udara Maratua, Bandar Udara di Kalimantan Timur

Bandar Udara Maratua adalah Bandar Udara yang terletak di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Berau, dan dekat sekali dengan perbatasan Malaysia – Filipina.

Pada awalnya, Bandara ini dibangun untuk mengembangkan pariwisata di Kalimantan Timur.

Peletakan batu pertama Bandar Udara di Kalimantan Timur ini dilakukan pada 13 Februari 2017. Saat itu, ditandai dengan mendaratkan pesawat jenis ATR 72, sebagai yang perdana.

Dan hingga saat ini Bandar Udara Maratua telah berhasil melayani beberapa maskapai penerbangan sejak akhir.

Selain melayani transportasi masyarakat lokal, maskapai penerbangan juga mentransportasikan para wisatawan dalam dan luar negeri Dengan tujuan  untuk datang mengunjungi Kepulauan Derawan yang memiliki tempat-tempat wisata indah.

4. Bandar Udara Tanjung Bara – Kutai

Bandar Udara Tanjung Bara

Bandar Udara Tanjung Bara – foto maps Andrew Ginting

Daftar Bandar Udara di Kalimantan Timur selanjutnya adalah Bandar Udara Tanjung Bara.  Bandar Udara Tanjung Bara ini  terletak di Desa Singa Gembara, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Bandar Udara Tanjung Bara Memiliki ukuran landasan pacu sepanjang 1.000 m x 18 m dan pemiliknya adalah salah satu perusahaan besar, yaitu PT. Kaltim Prima Coal.

Bandar Udara Tanjung Bara banyak melayani penerbangan Charter dari Balikpapan pp dengan maskapai Air Born, dengan Pesawat jenis DHC-6 Twin Otter.

5. Bandar Udara Kalimarau – Berau

Bandar Udara Kalimarau, Berau - Kalimantan Timur

Bandar Udara Kalimarau, Berau – Kalimantan Timur

Bandar Udara Internasional Raja Alam ini atau yang lebih dikenal sebagai Bandara Kalimarau ini lokasinya terletak di Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur.

Bandar Udara di Kalimantan Timur ini memiliki panjang landas pacu berukuran 2.250 meter.

Adapun maskapai penerbangan yang melayani Bandara Kalimarau ini diantaranya adalah Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Sriwijaya Air, Susi Air, dan Wings Air.

6. Bandar Udara Melalan, Kutai Barat

Bandar Udara Melalan, Bandar Udara di Kalimantan Timur

Bandar Udara Melalan, Bandar Udara di Kalimantan Timur – foto ig angkasajasamandiri

Bandar Udara Melalan adalah nama bandar udara yang berada di wilayah kabupaten Kutai Barat, provinsi Kalimantan Timur.

Bandar Udara Melalan Kutai Barat terletak di Kampung Gemuhan Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Kawasan ibu kota kabupaten yakni kota Sendawar, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Bandar Udara Melalan ini memiliki ukuran landasan pacu 900 m x 23 m meter menjadi 03/21 berukuran 1300 x 30 meter (4265 ft × 98 ft) permukaan aspal awal tanggal 17 Juli 2014.

Jarak Bandar Udara Melalan dari pusat kota Sendawar jaraknya sekitar 8 km.

7. Bandar Udara Datah Dawai, Mahakam Ulu

Bandar Udara Datah Dawai

Bandar Udara Datah Dawai- foto maps Adrian Kuswanto

Bandar Udara di Kalimantan Timur selanjutnya adalah Bandar Udara Datah Dawai yakni bandar udara yang terletak di Desa Long Lunuk, Kecamatan Long Pahangai, Kode Pos 75568, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.

Bandar Udara Datah Dawai ini memiliki ukuran landasan pacu atau runway 850 m x 23 m. Pada tahun 2015, landasan pacu bandar udara Datah Dawai berhasil ditingkatkan menjadi 1.600 m x 30 m.

Bandar Udara Datah Dawai ini memiliki jam operasional selama 7 jam yakni dari jam 09.00 – 16.00 WITA.

Bandar udara Datah Dawai kini dapat didarati pesawat jenis ATR-70 berkapasitas penumpang 70 orang.

Selain itu, peningkatan landasan pacu ini menjadikan Datah Dawai juga mampu didarati oleh pesawat Hercules yang berguna mengangkut bahan kebutuhan warga  sekitar.

8. Bandar Udara Bontang

Bandar Udara Bontang

Bandar Udara Bontang – foto maps Irfan Agdhian

Bandar Udara Bontang atau yang bernama Bandar Udara PT Badak Bontang adalah nama bandara yang dimiliki oleh perusahaan Badak NGL yakni perusahaan pengolahan gas alam cair LNG terbesar di Indonesia.

Bandar Udara Bontang ini terletak di pusat kota Bontang, provinsi Kalimantan Timur yang Jaraknya dari pusat kota Bontang  hanya sekitar 5 km.

Bandar udara PT Badak Bontang ini bisa disinggahi oleh dua jenis pesawat Aerospatiale ATR 42-500 buatan Aerospatiale.

Adapun operator dari pesawat tersebut yang pertama Nusantara Air Charter (PK-JKG) untuk penerbangan charter PT Pupuk Kaltim, dan Pelita Air Service untuk penerbangan Badak NGL.

9. Bandar Udara Uyang Lahai

Bandar Udara Uyang Lahai

Bandar Udara Uyang Lahai

Bandar Udara Uyang Lahai adalah salah satu Bandar Udara di Kalimantan Timur yang juga berjenis bandara perintis.

Bandar Udara Uyang Lahai adalah bandar udara perintis yang terletak di desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Bandar Udara Uyang Lahai ini diresmikan dengan nama Lapangan Terbang Perintis Uyang Lahai pada 19 September 2013 oleh Wakil Bupati Kutai Timur saat itu.

Bandara Uyang Lahai sempat melayani rute penerbangan Kongbeng ke Samarinda menggunakan pesawat cesa seperti susi air.

Baca Juga:

Demikianlah, sedikit ulasan tentang daftar Bandar Udara di Kalimantan Timur. Semoga dapat bermanfaat, bagi Sobat yang membutuhkan informasinya.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of