KATA OMED

Inilah Bandara Baru, Bandar Udara Tebelian Kabupaten Sintang

Bandara Tebelian merupakan salah satu bandara Kota Sintang yang Baru. Bandara ini dibangun oleh pemerintah pada Tahun 2017 lalu menggantikan Bandar udara Sintang yang lama yakni Bandar Udara Susilo yang berada di pusat perkotaan.

Gerbang masuk bandara Tebelian

Lokasi Bandara Tebelian

Bandar Udara Internasional Tebelian merupakan bandara internasional yang terletak di Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Kapuas Raya Provinsi Kaimantan Barat. Bandara ini berjarak sekitar 15 km atau 30 menit dari pusat kota Sintang.

Bandara Tebelian Kabupaten Sintang

Bandara Tebelian Kabupaten Sintang

Bandara yang dibangun di lahan seluas 144,07 hektar ini mempunyai landasan pacu yang berukuran panjang sekitar 1.660 meter (akan diperpanjang menjadi 3550 meter) dan lebar 30 meter. Tak heran jika dibandara baru ini pesawat sekelas ATR 72 bisa mendarat. Termasuk pesawat yang saya naiki ke Sintang dari Pontianak yakni ATR dari maskapai Nam Air.

Bandar Udara Tebelian Berada didekat sungai Tebelian

Penghubung ke Calon Ibu Kota Provinsi Baru Kapuas Raya

Seperti yang kita tahu Jika Provinsi Kalimantan Barat sendiri merupakan salah satu Provinsi Terluas di Indonesia. Tak heran jika banyak daerah-daerah terpencil sangat sulit terhubung dengan pusat kotanya yakni Pontianak.

Baca JugaUniknya Rumah Betang, rumah khas Dayak

Tampak depan Bandar Udara Tebelian

Nah beberapa taun terkahir mencuat kabar jika Akan ada pembentukan provinsi baru yakni Provinsi Kapuas Raya yang menggabungkan beberapa Kabupaten yakni Kabupaten Sintang, Melawi, Sekadauhingga Kabupaten Kapuas Raya.

Ruang Tunggu Bandara Tebelian Sintang

Bandara Tebelian yang baru mampak Megah dan lebih besar

Kabupaten Sintang digadang-gadang akan menjadi pusat ibu kota provinsi Kapuas Raya. Tak heran jika pembangunan Bandara Tebelian terus dilakukan karna akan menjadi salah satu bandara besar penghubung kota-kota di Kalimantan.

Baca JugaMegahnya Jembatan Tayan, Terpanjang di Kalimantan

Rute penerbangan Sintang ke Pontianak Menggunakan Nam Air

Saat ini Bandara Tebelian menjadi pusat penghubung jalur alternative melalui udara bagi penduduk Sintang dan wilayah sekitarnya, termasuk Kabupaten Sekadau, Sanggau, Melawi. Tercatat ada 4 maskapai yang sudah melayani Rute dari dan ke Sintang seperti Maskapai Garuda, Nam Air, Wings Air hingga Susi Air.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Ardi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Ardi
Guest
Ardi

extraordinary and very charming 👍👍👍👍