KATA OMED

Mengenal Bandar Udara Iskandar, Bandara yang ada di Kota Pangkalan Bun Kabupaten Waringin

Published · Updated

Bandar Udara Iskandar – Salah satu daya tarik Kabupaten Kota Waringin Barat atau biasa disingkat Kabupaten Kobar adalah keberadaan Taman Nasional Tanjung Puting yang amat terkenal di dunia.

Taman Nasional Tanjung Puting ini merupakan salah satu Habitat alami orang utan Kalimantan yang hampir punah yang kini tidak hanya menjadi rumah untuk para orang utan saja tetapi juga menjadi kawasan konservasi.

Taman Nasional Tanjung Puting, Pangkalan Bun

Taman Nasional Tanjung Puting, Pangkalan Bun

Kota PangakalanBun yang merupakan ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah menjadi salah satu pusat pemerintahan dan pusat perekonomian warga Kobar.

Untuk menunjang semua itu, pemerintah setempat sudah membangun pelabuhan, jaan raya dan juga bandar udara yang menjadi satu satunya bandar udara di wilayah itu yakni bernama Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun.

Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun

Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun

Bandar Udara Iskandar ini menjadi satu satunya gerbang udara bagi warga Kabupaten Kota Waringin entah untuk berkunjung kekawasan Taman Nasional Tanjung Puting atau urusan bisnis.

Bandar udara Iskandar juga menjadi tumpuan akses tercepat dari dan ke kawasan Kota Waringin bagi Kabupaten lainnya yang tak jauh dari Kabupaten Kobar seperti masyarakat Kabupaten Sukamara, Lamandau dan sebagian besar dari Kabupaten Seruyan.

Gerbang Kota Pangkalan Bun

Gerbang Kota Pangkalan Bun

Bandaran Iskandar di Kabupaten Kota Waringin Barat

Bandaran Iskandar di Kabupaten Kota Waringin Barat

Bandar Udara Iskandar sendiri terletak di Jl. Iskandar, kelurahan Pasir Panjang, kecamatan Arut Selatan Kota Pangkalan Bun, Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Bandar Udara Iskandarini juga menjadi satu satunya bandara di Kalimantan Tengah yang memiliki stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) avtur.

Banyak penerbangan dari Pangkalanbun menuju daerah pulau Jawa seperti Semarang, Surabaya dan Jakarta.

Hal ini tak terlepas dari banyaknya pendatang dari pulau jawa yang bermukim dan berbisnis ke kabupaten Kota Waringin Barat dan sekitarnya.

Bentuk bangunan bandara Iskandar memadukan unsur Dayak dan Modern

Bentuk bangunan bandara Iskandar memadukan unsur Dayak dan Modern

Ruang Tunggu Bandara Iskandar Pangkalan Bun

Ruang Tunggu Bandara Iskandar Pangkalan Bun

Bandar Udara Iskandar juga menjadi bandara militer angkatan udara dan cargo antar kota di Kalimantan, Sulawesi dan Pulau Jawa.

Oh ya beberapa Maskapai sudah melayani rute dari dan ke Pangkalan Bun seperti Garuda, Nam atau Sriwijaya, Trigana, Susi hingga Wings Air. Bandara yang berada dikota kecil tapi lalu lintas penerbanganya cukup padat.

Untuk akses keluar Bandar Udara Iskandar, hanya ada taxi atau rental yang biasa menawarkan jasanya dengan harga yang cukup tergolong mahal yakni sekitar 100 ribuan sekali angkutan yang bisa diisi 2-3 orang.

Padahal jarak dari Bandara Iskandar ke kota Pangkalanbun hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

Satu lagi, dikota Pangkalan bun tidak ada Angkutan umum selain ojek online yah jadi memang angkutan taxi bandara menjadi pilihan terbaiks elain menyewa mobil sendiri.

Jadi jangan berharap kamu bisa dengan mudah berpergian kesana kesini hanya mengandalkan angkutan umum saja ya guys.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of