KATA OMED

6 Tempat Wisata Di Blitar Yang Paling Hits

Blitar merupakan salah satu kota yang terletak di wilayah Jawa Timur atau lebih tepatnya berada di barat Malang dan barat daya kota Surabaya. Kota yang dijuluki sebagai Kota Patria ini juga menawarkan banyak tempat destinasi wisata yang beragam dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Namun sebelumnya, Blitar adalah kota yang memiliki sejarah cukup terkenal, sebab kota ini jadi kota kelahiran sang proklamator Indonesia yakni bapak Ir Soekarno. Beliau juga dimakamkan di tanah kelahirannya tersebut dan saat ini tempat pemakaman Ir Soekarno juga dijadikan sebagai destinasi wajib ketika mengunjungi kota Blitar.

Bagi kamu yang hendak mengunjungi kota Blitar atau memang ingin berlibur disana, kita akan sediakan 6 daftar tempat wisata di Blitar yang wajib kamu sambangi.

1. Candi Penataran

Candi Penataran – sumber gambar : agtvnews.com

Berwisata sambil melihat peninggalan bersejarah seperti candi itu memang sangat menyenangkan. Di Blitar kamu bisa menemui tempat wisata bernama Candi Penataran yang gak kalah eksotis dengan wisata candi-candi lainnya diseluruh Indonesia.

Disini selain terdapat peninggalan candi, juga banyak ditemui peninggalan lainnya seperti prasasti dalam huruf jawa kuno dan masih banyak lainnya. Candi Penataran telah dikelola sebagai objek wisata yang sangat baik, karena disini sudah tersedia fasilitas seperti tempat sholat, toilet, bangku duduk, tempat parkir yang luas dan tersedia banyak stand souvenir.

Lokasi

Candi Penataran berlokasi di Desa Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Wisata mulai dibuka pada puku 08:00-17:00, dan harga tiket masuknya sangat murah hanya Rp 3.000 saja.

2. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo – sumber foto : pasirpantai.com

Bagi yang suka laut, kota Blitar juga memiliki destinasi wisata pantai yang unik bernama Pantai Tambakrejo. Para wisatawan kini mulai ramai mengunjungi pantai Tambakrejo karena keindahan alamnya yang menarik dan air dari pantai ini cenderung sangat jernih.

Hamparan pasir putih yang bersih dijamin ingin setiap kali meluangkan kegiatan untuk berfoto dan di beberapa bagian tersebar semacam bebatuan serta karang hasil aktivitas pembentukan alam secara natural.

Lokasi

Pantai Tambakrejo terletak 30km dari selatan kota Blitar, atau lebih tepatnya berada di daerah Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai Tambakjero cukup membayar tiket masuk seharga Rp 6.000, ditambah harga tiket parkir mobil Rp 2.000 dan untuk motor Rp 1.000.

3. Petilasan Rambut Monte

Petilasan Rambut Monte – sumber foto : travel.tribunnews.com

Masih dengan keindahan alam kota Blitar, selanjutnya destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Petilasan Rambut Monte. Udara yang sejuk, hamparan pepohonan yang hijau serta kolam mata air yang jernih merupakan nilai jual dari wisata Petilasan Rambut Monte ini.

Sangat cocok bagi kamu yang ingin melarikan diri dari penatnya kehidupan kota, karena disini kamu bakal menemukan ketenangan, kesejukan dan serasa menyatu ditengah-tengah alam yang masih asli.

Menurut kepercayaan warga setempat, bagi seseorang yang mengambil ikan disana niscaya akan mendapatkan kutukan. Terlepas dari cerita mistis tersebut, wisata alam Petilasan Rambut Monte ini wajib kamu kunjungi.

Lokasi

Bertempat di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Objek wisata dibuka pukul 08:00-16:00. Pengunjung dewasa akan dikenai tiket masuk seharga Rp 3.000 sedangkan anak-anak hanya Rp 2000.

4. Curug dan Kedung Badrun

Curug dan Kedung Badrun – sumber foto infodolanblitar.blogspot.com

Bagi yang ingin mencari wisata air terjun di daerah Blitar tentunya ada. Curug dan Kedung Badrun merupakan destinasi wisata air terjun terkenal yang dimiliki oleh kota Blitar. Keindahan alam dan struktur tatanan batuan yang unik jadi daya jual wisata ini.

Kamu bisa merasakan air yang dingin dan segar dengan berenang atau mandi di kawah air Curug Kedung Badrun ini. Wisata sangat dikelola dengan baik, karena banyak tersedia fasilitas seperti WC umum dan tempat makan.

Lokasi

Air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter ini berada di lokasi Dusun Bakun, Desa Bakung, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Wisata beroprasi 24 jam, dan harga tiket masuknya gratis.

5. Kampung Cokelat

Kampung Cokelat Blitar – sumber foto : jejakpiknik.com

Beralih dari wisata alam, sekarang kita coba mengunjungi wisata kampung cokelat sekaligus kulineran. Seperti yang sudah banyak orang tahu, kota Blitar merupakan kota penghasil cokelat terbesar, sehingga masyarakat setempat menjadikan tempat perkebunan jadi tempat kunjungan wisata.

Kamu bisa bersantai menikmati olahan cokelat yang disediakan disana, sekaligus juga belajar dalam proses pembuatan cokelat dari awal hingga akhir.

Tenang saja, disana banyak menu makanannya juga kok.

Lokasi

Jalan Banteng – Blorok Nomor 18, Desa Plosorejo, Kademangan, Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Blitar, Jawa Timur. Tempat beroprasi pada jam 08:00-16:30, harga masuk hanya Rp 5.000 saja.

6. Makam Ir Soekarno

Makam Bung Karno – sumber foto : wikipedia.org

Terakhir tempat yang wajib kamu kunjungi di kota Blitar adalah makam Bung Karno. Untuk mengenang jasa dan perjuangan beliau dalam mempertahankan Indonesia, tidak ada salahnya jika kita mengunjungi makam dari Bung Karno ini. Selain itu kamu juga dapat belajar sejarah termasuk biografi dari presiden pertama Soekarno ini.

Makam Bung Karno hampir tidak pernah sepi pengunjung, apalagi sekarang sudah tersedia fasilitas seperti musium dan perpustakaan. Beberapa lukisan peninggalan Bung Karno juga ikut dipajang disana, dan area komplek pemakaman ini memiliki bangunan joglo yang besar dan megah.

Lokasi

Jalan Ir. Soekarno Nomor 152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. Tempat beroprasi pukul 08:00-16:00.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of