KATA OMED

6 Nama Lembah di Pulau Sulawesi

Published · Updated

Nama Lembah di Pulau Sulawesi – Sulawesi adalah pulau terbesar ke 11 di dunia dan luas wilayah mencapai 174.600 km2 dengan puncak tertingginya berada di Rantemario yang mencapi ketingiian 3,478 mdpl. Tercatat hingga saat ini ada sekitar 18.455.058 jiwa yang mendiami pulau Sulawesi.

Ada  6 provinsi di pulau Sulawesi yakni provinsi Sulawesi Utara (Manado), Gorontalo (Gorontalo), Sulawesi Tengah (Palu), Sulawesi Barat (Mamuju), Sulawesi Selatan (Makassar), Sulawesi Tenggara (Kendari).

Pulau Sulawesi juga memiliki 6 taman nasional dan 19 cagar alam. Selain itu, di pulau Sulawesi ada 3 kawasan lindung lautan.

Baca juga ya :

Peta Pulau Sulawesi

Peta Pulau Sulawesi – foto wikipedia

Bentang alam di pulau Sulawesi mencakup 4 semenanjung, yakni Semenanjung Minahasa di bagian utara, Semenanjung Timur, Semenanjung Selatan, dan Semenanjung Tenggara.

Selain banyak memiliki sumber daya alam seperti gunung, sungai dan perbukitan, Pulau Sulawesi juga banyak memiliki lembah.

Lembah sendiri merupakan sebuah wilayah atau kawasan yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang cukup panjang. dan pada bagian Sisi-sisinya adalah berupa perbukitan yang cukup tinggi.

Berikut ini adalah daftar nama lembah yang ada di Pulau Sulawesi.

Nama Lembah di Sulawesi Lokasi Lembah
Lembah Bada Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah
Lembah Biru Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan
Lembah Ramma Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan
Lembah Lemelu Kabupaten Banggai Pulau, Sulawesi Tengah
Lembah Walennae Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan
Lembah Napu Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah

Pulau Sulawesi memiliki 3 buah teluk yang memisahkan semenanjung-semenanjung ini, yaitu Teluk Tomini di antara Semenanjung Minahasa dan Timur, Teluk Tolo di antara Semenanjung Timur dan Tenggara, dan Teluk Bone di antara Semenanjung Selatan dan Tenggara.

Baca juga ya :

1. Lembah Bada – Sulawesi Tengah

Kawasan Megalitikum Lembah Bada Poso

Kawasan Megalitikum Lembah Bada Poso – foto kataomed

Lembah yang ada di Pulau Sulawesi yang pertama adalah Lembah Bada yang terletak di Kecamatan Lore Selatan, Poso Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Lembah Bada adalah bagian dari  kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Di Lembah Bada ada puluhan patung megalitikum yang diperkirakan didirikan pada abad ke-14 silam.

2. Lembah Lemelu – Sulawesi Tengah

danau lamelu di  Lembah Lemelu sulawesi tengah

danau lamelu di  Lembah Lemelu sulawesi tengah – foto ig @wahyudiyasandee

Lembah yang ada di Pulau Sulawesi berikutnya adalah Lembah Lemelu yang ada di Pulau Peling, Kabupaten Banggai Pulau,  provinsi Sulawesi Tengah.

Lembah Lemelu ini memiliki sebuah danau yang cantik dan juga unik dimana setiap 6 bulannya air Danau ini akan surut dan di dasar danau akan tumbuh rumput hijau. kemudian sekitar 6 Bulan lagi danau akan kembali terisi kembali dengan kedalaman beberapa meter.

3.  Lembah Ramma – Sulawesi Selatan

Lembah Ramma Sulawesi Selatan

Lembah Ramma Sulawesi Selatan – foto ig @bosang_dirumah

Lembah Ramma adalah Lembah yang ada di Sulawesi berikutnya. Lembah Ramma berada di kaki gunung Lompobattang dan Gunung Bawakareang.

Lokasi Lembah Ramma sendiri tepatnya berada di Kabupaten Gowa provinsi Sulawesi Selatan. karena Letaknya yang berada di kaki gunung mebuat Lembah Ramma memiliki pemandangan bukit yang indah dan mengelilingi area lembah plus padang rumput hijau yang membentang luas.

Baca juga ya :

4. Lembah Napu – Sulawesi Tengah

Lembah Napu di Sulawesi Tengah

Lembah Napu di Sulawesi Tengah – foto ig @eki.ruutana

Lembah yang ada di Sulawesi selanjutnya adalah Lembah Napu. Lembah Napu adalah sebuah lembah yang cukup luas  meliputi wilayah desa Sedoa, Wuasa, Wanga dan Watutau di kecamatan Lore Utara dan Lore Peore, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Sama halnya dengan Lembah Bada. di  Lembah Napu juga ada puluhan patung megalitikum yang cukup tua dan masih terjaga dengan baik hingga sekarang.

5. Lembah Biru – Sulawesi Selatan

Lembah Biru gowa Sulawesi Selatan

Lembah Biru gowa Sulawesi Selatan – foto ig @annysiaawwaliah

Lembah yang ada di Sulawesi selanjutnya adalah sebuah lembah cantik yang ada di Sulawesi Selatan.

Nama lembah ini adalah lembah  Biru yakni sebuah lembah yang cukup luas dan berada di daerah kabupaten Gowa provinsi Sulawesi Selatan.

Sedikit berbeda dengan lembah-lembah lain yang ada di Sulawesi, lembah  Biru menawarkan pemandangan khas pegunungan yang sejuk dan perbukitan yang cukup tinggi.

6. Lembah Walennae – Sulawesi Selatan

Lembah Walennae di Sulawesi Selatan

Lembah Walennae di Sulawesi Selatan – foto g maps Echa Fadly

Lembah yang ada di pulau Sulawesi yang terakhir adalah Lembah Walennae. Lembah  ini terletak di kabupaten soppeng provinsi Sulawesi Selatan.

Lembah Walennae tercatat banyak mengandung nilai kebudayaan yang tinggi karena memiliki identitas kebudayaan Sulawesi Selatan yang cukup.

Kawasan Lembah Walennae ini mewakili hasil pencapaian budaya purba jaman Paleolitik di Sulawesi Selatan menjadi kawasan situs Paleolitik tertua di Pulau Sulawesi.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of