15 Nama Danau di Sumatera Yang Wajib Dikunjungi!

Nama Danau di Sumatera – Pulau Sumatera merupakan pulau besar yang sangat terkenal akan keindahannya yang sangat eksotis. Pulau ini terletak di Indonesia bagian barat.

Pulau ini juga dianugerahi oleh banyaknya kekayaan alam dan budaya yang menambah keragaman bumi nusantara.

Selain terkenal akan keindahannya, Pulau Sumatera juga sangat terkenal akan wisatanya, seperti wisata air dan pegunungan.

Peta Kepulauan nias dan sinabang di Sumatera

Peta Kepulauan nias dan sinabang di Sumatera – foto romadecade.com

Wisata air yang dapat dikunjungi di Sumatera adalah wisata danaunya yang terkenal berukuran besar dan indah, sehingga merupakan destinasi wisata yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia..

Nah, bagi kamu yang tertarik ingin menjelajahi danau-danau yang eksotis, nah berikut ini 15 nama danau di Sumatera yang wajib dikunjungi!.

Baca Juga ya:

1. DANAU RANAU – SUMATERA SELATAN & LAMPUNG

danau ranau oku selatan

danau ranau oku selatan – foto ig @eviharcella

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Danau Ranau tepatnya terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Danau Ranau adalah danau tektonik/vulkanik terkenal sangat indah dengan udara sejuk karena berada di antara wilayah perbukitan. Danau ini juga terkenal karena memiliki hasil ikan yang melimpah.

Melihat potensi tersebut, pemerintah setempat pun sedang menggalakan upaya untuk lebih mengelola danau ini menjadi daerah destinasi wisata bagi para pemburu liburan seru!

2. DANAU SINGKARAK – SUMATERA BARAT

danau singkarak sumatera barat

danau singkarak sumatera barat – foto ig @feryfebrizon

Danau Singkarak merupakan danau terluas di Sumatera Barat. Lokasinya membentang pada dua kabupaten, Solok dan Tanah Datar. Daerah disekitar danau sering dijadikan event balap sepeda yang digabungkan dengan pariwisata.

Event tersebut dikenal dengan nama Tour de Singkarak , yang rutenya akan menempuh sekitar wilayah danau yang indah. Tujuannya untuk dapat lebih memperkenalkan keindahan alam Sumatera Barat.

Keunikan lain yang dimiliki oleh Danau Singkarak adalah, dikenal sebagai penghasil Ikan Bilih yang hanya hidup di Singkarak. Ikan berukuran kecil-kecil itulah yang kemudian menjadi sumber penghidupan masyarakat sekitar danau.

3. DANAU KERINCI – JAMBI

danau kerinci jambi

danau kerinci jambi – foto ig @rikosaputrasd

Danau Kerinci terletak di Provinsi Jambi. Danau ini merupakan danau vulkanik dan berada pada ketinggian 783 mdpl. Selain terkenal karena keindahannya, daerah sekitar danau merupakan suatu wilayah yang terkenal akan sajian kuliner tradisionalnya.

Danau Kerinci memiliki bentuk permukaan yang datar datar dan hampir rata dengan tanah di tepiannya. Danau ini dikelilingi oleh sawah yang membentang luas.

Tidak heran, karena Provinsi Jambi merupakan daerah pemasok beras terbesar di Sumatera. Apabila kamu sedang beruntung, di sekitar danau pada pagi hari memiliki pemandangan unik sekelompok bangau putih yang terbang dan mencari makan di persawahan.

4. DANAU MANINJAU – SUMATERA BARAT

danau maninjau sumatera barat

danau maninjau sumatera barat – foto ig @kevin.pict

Danau Maninjau merupakan satu dari sekian banyak danau menawan di Sumatera Barat.

Untuk mencapainya kamu akan melewati jalan legendaris berupa tikungan-tikungan yang terkenal dengan nama “Kelok 44” atau kamu dapat membacanya sebagai “kelok ampek puluah ampek”.

Tikungan-tikungan tajam tersebut harus dilalui sebelum dapat menikmati keindahan panorama danau di tempat tujuan.

Baca Juga ya:

Danau ini berada di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lokasinya dikelilingi oleh tebing-tebing perbukitan yang memagari air yang terkungkung dalam ceruknya.

Bila sedang cerah, air danau berwarna biru terang. Di tepi danau terdapat persawahan yang luas menghampar bagaikan karpet alam yang membentang.

5. DANAU TOBA – SUMATERA UTARA

Danau Toba Sumatera -Photo By Egindo

Danau Toba Merupakan danau terbesar di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara. Terbentuk karena letusan vulkanis Gunung Toba Purba yang konon pernah menghancurkan kehidupan di Atlantis.

Keunikan tersendiri pada danau ini adalah, di tengah danau terdapat Pulau Samosir. Pulau tersebut merupakan pulau vulkanik yang berpenduduk sekitar 97.000 jiwa.

Di daratan danau itu terdapat danau lagi bernama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Di pulau itu pun seringkali mengadakan atraksi menarik terkait kebudayaan Batak, termasuk para penyanyinya yang bersuara emas.

6. DANAU LAUT TAWAR – ACEH

Danau Lut Tawar Takengon

Danau Lut Tawar Takengon

Danau Laut Tawar terletak di gugusan Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Danau tektonik-vulkanik ini memiliki luas 5.472 hektar, dengan panjang 17 km.

Airnya sangat jernih dan hawanya sejuk, menambah suasana tenang berada di sekitar danau. Disepanjang perjalanan menuju lokasi danau, terdapat barisan gunung berapi dan deretan pohon pinus yang sangat memanjakan mata untuk dilihat

Di perairan Danau Laut Tawar memiliki 37 jenis ikan di dalamnya. Kekayaan alam yang terdapat di danau tersebut merupakan anugerah yang tiada terkira bagi masyarakat Suku Gayo. Keunikan lain dari daerah ini adalah sebagai penghasil kopi. Mungkin kamu pernah mendengar nama Kopi Gayo.

7. DANAU DENDAM TAK SUDAH – BENGKULU

danau dendam tak sudah bengkulu

danau dendam tak sudah bengkulu – foto ig @yepi_asgard

Salah satu Danau yang cukup unik di Bengkulu adalah Danau Dendam Tak Sudah. Danai di Pulau Sumatera ini memang namanya demikian mengingat ada cerita awal yang mengatakan jika ada sebuah masalah hinga berujung dendam yang tak sudah-sudah.

Danau Dendam Tak Sudah memiliki banyak jenis flora khas Bengkulu seperti di antaranya adalah anggrek matahari, plawi, bunga bakung, gelam, terentang, sikeduduk, brosong, ambacang rawa, dan pakis

Danau ini berlokasi di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Danau Dendam Tak Sudah memiliki luas keseluruhan 557 dan luas permukaan 67 hektare.

8. DANAU ZAMRUD – RIAU

danau zamrud siak riau

danau zamrud siak riau – foto ig @alfedri_official

Kali ini nama danau di Sumatera datang dari wilayah Riau. Nama danaunya adalah Danau Zamrud. Danau Zamrud terletak di desa zamrud kabupaten Siak provinsi Riau.

Danau zamrud siak merupakan salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi khususnya wilayah Siak Riau.

Danau ini sendiri masuk kedalam kawasan Taman Nasional Zamrud. Meskipun jalan menuju danau zamrud cukup sulit dengan menempuh jarak jarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota, namun jika sampai disana pasti akan terbayar dengan keindahan wilayah konservasi danau zamrud.

9. DANAU KEMBAR – SUMATERA BARAT

danau kembar sumatera barat

danau kembar sumatera barat – foto ig @yasriirsay

Satu lagi danau indah yang ad adi wilayah Sumatera Barat yakni Danau Kembar. Danau Kembar merupakan julukan yang diberikan untuk Danau Diateh (Di Atas) dan Danau Di Bawah.

Objek wisata ini berada di Kecamatan Danau Kembar, 60 kilometer dari Kota Padang ke arah Arosuka, Ibukota Kabupaten Solok. Jika kalian datang dari pertigaan Lubuk Selasih, ambil jalan menanjak untuk menuju Danau Kembar atau Alahan Panjang Sumatera Barat.

Panorama danau yang juga disebut sebagai Danau Dieteh ini bisa dinikmati melalui ketinggian. Salah satu tempat yaitu melalui dermaga kawasan wisata Danau Kembar.

10. DANAU TALANG – SUMATERA BARAT

danau talang sumatera barat

danau talang sumatera barat – foto ig @tomybudiarto

Nama Danau di Pulau Sumatera yang juga berlokasi disumatera Barat adalah Danau Talang.

Lokasi Danau Talang ini berada di kawasan Gunung Talang, Kabupaten solok provinsi Sumatera Barat. Keadaan alam di sekitar danau talang ini sangat cantik dan masih sangat alami.

Pesona Danau Talang indah begitu terkenal dikalangan para pendaki mengigat lokasinya berada di Gunung Talang.

11. DANAU AEK NATONANG – SUMATERA UTARA

danau aek natonang samosir

danau aek natonang samosir – foto ig @seven_malau

Selain Danau Toba, Sumatera Utara juga memiliki danau lainnya yang tak kalah uniknya yakni bernama Danau Aek Natonang.

Danau unik ini terletak di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Sumatra Utara.

Jika Pulau Samosir dikatakan sebagai pulau di atas pulau maka Danau Aek Natonang yang berada di Pulau Samosir ini bisa dikatakan sebagai danau di atas danau karena berada dikawasan Danau Toba. Danau Aek Natonang ini memiliki area seluas 105 hektare.

12. DANAU SIDIHONI – SUMATERA UTARA

Danau Sidihoni pulau samosir

Danau Sidihoni pulau samosir – foto ig @mahen_ngl

Sebenarnya Danau Aek Natonang bukan satu-satunya danau di Pulau Samosir sebab ada satu lagi danau lagi yang lebih besar dari Danau Aek Natonang di pulau ini yakni Danau Sidihoni.

Danau Sidihoni terletak di Kecamatan Pangururan, Pulau Samosir. Danau Sidihoni berjarak 8 kilometer dari Pangururan ini cukup indah dan menarik untuk dikunjungi.

Pemandangan di sekitar danau Sidihoni juga sangat menawan dimana banyak cahaya yang muncul dipantulkan oleh air danau. Dikelilingi oleh bukit landai berwarna hijau muda dan deretan pohon pinus membuat Danau Sidihoni semakin menarik sebagai tujuan wisata selain danau toba.

13. DANAU SHUJI – SUMATERA SELATAN

Danau Shuji Lembak di muara enim

Danau Shuji Lembak di muara enim – foto ig @paramiswari

Meski wisata danau shuji lembak ini tergolong wisata yang masih baru dan belum sepenuhnya selesai dibangun namun antusias wisatawan yang ingin segera melihat langsung rupa dari danau shuji lembak ini cukup tinggi.

Hal ini terlihat saat mulai dikunjungi oleh sebagain wisatawa dan masih diuji coba pembukaaanya namun sudah penuh dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah di muara enim maupun sekitarnya.

Secara administratif, Danau Shuji Lembak ini berada di desa lembak, kecamatan lembak  kabupaten muara enim provinsi Sumatera Selatan.

14. DANAU GUNUNG TUJUH – JAMBI

danau gunung tujuh kerinci jambi

danau gunung tujuh kerinci jambi – foto ig @fakhrianindita_photograph

Salah satu danau di sumatera yang berada diatas gunung adalah Danau Gunung Tujuh yang berada di provinsi Jambi. Danau Gunung Tujuh ini terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia.

Danau Gunung Tujuh ini juga menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat kerinci karena Danau Gunung Tujuh merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara.

Seperti namanya, danau gunung tujuh ini memang dikelilingi oleh tujuh gunung yakni Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut , Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh.

Luas Danau Gunung Tujuh ini adalah sekitar 960 hektare, dengan ukuran panjang 4,5 kilometer serta lebar tiga kilometer. Danau ini memiliki ketinggian sekitar 3,805 meter, jalan menuju puncak sangatlah terjal dengan kemiringan mencapai 50 – 60 derajat.

15. DANAU DEPATI EMPAT – JAMBI

Danau Depati empat jambi

Danau Depati empat jambi – foto @yusmithaa__

Masih dari Jambi, danau di sumatera yang jug atak kalah indahnya dan berada diketinggian adalah Danau Depati Empat. Danau Depati Empat sendiri masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan menawarkan keindahan dan ketenangan alamnya.

Danau Depati Empat secara Administratif berada di wilayah Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Danau Depati Empat membentang seluas 271 hektare di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Letaknya di sebelah barat daya Kota Bangko, pusat ibu kota Kabupaten Merangin.

**

Well, Guys! Demikian ulasan kita mengenai 15 Nama Danau di Sumatera Yang harus kamu tahu.

Semoga dapat membantu memberikan informasi destinasi liburan wisata yang ingin kamu kunjungi. Jangan lupa untuk share foto-foto Instagram kamu ya!

Selamat berlibur!

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of