KATA OMED

Cara Backpackeran Murah ke Lombok Dari Jakarta Atau Surabaya

Kalian Ingin mencoba cara baru liburan ke Lombok di Nusa Tenggara Barat tetapi dengan cara Backpackeran ? Atau kalian ingin mencoba Backpackeran Murah ke Lombok Dari Jakarta Atau Surabaya? Tenang saja guys, saya sudah mencoba beberapa kali rute dan alternatif ini dan semoga saja bisa menjadi refrensi kalian jika memang ingin benar-benar kesana.

Pulau Lombok

Pulau Lombok yang Indah – foto Paket Wisata Lombok

Hal pertama yang perlu kalian siapakan buat Backpackeran ke Lombok adalah Persiapan mulai dari perlengkapan yang akan dibawa selama Trip dan juga selama diperjalanan meliputi Persiapan perbekalan dan juga persiapan Mental. Mengapa mental perlu dipersiapkan itu karena Mental yang akan mempengaruhi kekuatan dan keyakinan kalian melewati berbagai hal selama diperjalanan.

A. Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Backpackeran

  1. Perlengkapan Logistik maupun perlengkapan yang membuat nyaman namun tidak merepotkan saat kita bawa seperti misalnya nesting, tenada, matras,pakaian ganti, obat pribadi, jaket hingga makanan cepat saji namun tahan lama
  2. Izin dari keluarga dan kontak darurat yang tercantum. Usahakan infokan ke teman-teman kalian jika kalian mau backpackeran dan tetap terpantau selama trip.
  3. Jika punya teman yang juga sama-sama ingin backpackeran lebih baik diajak dibanding kalian harus backpackeran sendiri tanpa ada yang menemani.
  4. Bawa persiapan dokumen pendukung dan penting lainnya seperti KTP, atau Sim, surat sehat dan juga surat penting yang memudahkan selama diperjalanan.
  5. Waktu yang cukup agar kalian tidak dipecat karena terlalu lama ambil cuti atau tanpa izin.
  6. Tujuan atau Destinasi wisata yang akan dikunjungi agar tidak rancu dan bingung mau kemana.

Setelah mempersiapkan semuanya, nah sekarang beberapa hal yang perlu kalian catat adalah Rute backpackeran dan juga tranportasi menuju tempat yang akan kita Tuju. Ibaratnya nieh kita harus tau bagaimana cara kita pergi kesana dan kira-kira butuh estimasi budget berapa selama kita pergi.

Pelabuhan Lembar Lombok – foto @roroferryshipspotterindonesia

B. Tips Backpackeran Murah Ke Lombok

Berikut ini Info cara atau tips Backpackeran Murah ke Lombok lewat jalur darat baik dari Jakarta atau Surabaya yang bisa kalian coba atau kalian ikuti :

  1. Pilih Rute Darat baik dari Jakarta atau Surabaya menggunakan Bus, Kereta atau cara Hitchike
  2. Selain itu Pilih Rute juga lainnya seperti naik Fery, Pelni atau jenis kapal lainya
  3. Cari teman atau tumpang selama kalian berada di kereta, Bus atau di kapal, siapa tahu mereka bisa membantu memberi tumpangan atau sekedar mengarahkan
  4. Mayoritas tempat wisata di Lombok itu Gratis, meskipun bayar paling mahal 5000 -10.000 perorang. Kendalanya hanya masalah trasnportasi kebeberapa destinasi saja yang belum ada angkutan umum
  5. Kalian bisa sewa motor atau mobil bareng temen backpackeranmu. Saya sarankan Motor sih namun hati2 karena banyak yang sering kehilangan motor.
  6. Penginapan di Lombok atau dibeberapa tempat wisata di Lombok masih tergolong murah. Sering-sering cek aplikasi booking online agar dapat lebih murah. Atau kalian bisa tinggal dirumah singgah lombok di Mataram dan itu Gratis.
  7. Tetap jaga etika dan jangan mudah percaya sama sesorang yang belum dikenal.

Setelah Persiapan yang matang dirasa cukup dan juga sudah tahu beberapa tips kecil sebelum ke Lombok, sekarang kita atur cara pergi ke Lombok lewat jalur darat dan kira-kira habis berapa banyak selama kita Backpackeran ke sana.

C. KE LOMBOK LEWAT JALUR DARAT / NAIK BUS UMUM

1. Dari Jakarta – Lombok Naik Bus

Tahukah kamu jika dari Jakarta ada bus yang melayani Tujuan Jakarta – Lombok bahkan dari Jakarta – Bima pulau Sumbawa. Nah bus yang melayani rute Jakarta ke Lombok adalah Bus Tiara Mas dan juga BUs Dunia Mas. Kedua Bus ini berangkat setiap hari sekali dengan jam keberangkatan berbeda. Total perjalanan 26-28 Jam atau sejauh 1300 KM.

Baca Juga ya :

Bus Tiara Mas Jakarta - Lombok

Bus Tiara Mas Jakarta – Lombok : foto bus-pariwisata.com

Untuk Bus Tiara mas akan berangkat dari Terminal Pulau Gadung pukul 17.00 sore dan akan tiba dipelabuhan Lembar lombok sekitar pukul 21.00 Malam hari keesokan harinya. Sedangkan jadwal bus Dunia Mas dari pulau Gadung Jakarta akan berangkat pukul 14.00 Siang dan tiba dipelabuhan Lembar Lombok Barat adalah sekitar pukul 17.00 sore – 19.00 Malam dikeesokan harinya. Untuk harga tiket bus dari Jakarta ke Lombok sama yakni masih diangka Rp 550.000 / penumpang.

Nama Bus Jam Berangkat Jam Berangkat
PO Tiara Mas 17:00:00 Rp 550.000,00
PO Dunia Mas 14:00:00 Rp 550.000,00

Catatan : 

  • Kebarangkatan : Jakarta
  • Lama Perjalanan : 1 Hari 1 malam
  • Menggunakan : Bus antar Kota & Pulau
  • Total Biaya : Rp 195.000

2. Dari Surabaya – Mataram Lombok Naik Bus

Bagi teman-teman yang ada di Surabaya jangan khwatir sebab dari kota Surabaya juga ada bus yang melayani rute Surabaya – Lombok. Tentunya bus yang sama dengan bus dari Jakarta yakni bus Tiara Mas dan Bus Dunia mas yang akan singgah di kota Surabaya sebelum melanjutkan perjalanan ke Bali.

Tapi selain kedua bus tersebut ada banyak bus lainnya yang melayani rute Surabaya ke Lombok yakni Bus Titian Mas, Bus Safari Dharma Raya, Langsung Indah dan Bus Rasa Sayang. Untuk Harga Tiket Bus dari Surabaya ke Lombok bervariasi Mulai dari Rp 300.000 hingga 350.000 tergantung busnya.

Nama Bus Jam Keberangkatan Harga tiket
PO Tiara Mas 16:30:00 Rp 300.000,00
PO Dunia Mas 15:00:00 Rp 300.000,00
Titian Mas 17:00:00 Rp 300.000,00
Safari Dharma Raya Letjend Sutoyo 07:00:00 Rp 325.000,00
PO Langsung Indah 11:30:00 Rp 350.000,00
Rasa Sayang Perwakilan Perak 14:00:00 Rp 350.000,00

Mayoritas Bus berangkat dari Terminal Purabaya di Surabaya dan mengakhiri perjalanannya di Kantor PO. Tiara Mas Cabang Mataram dan juga di Terminal Bertais Mataram. Perjalanan dari Surabaya ke Mataram dengan bus bisa memakan waktu kurang lebih sekitar14 – 20 jam perjalanan karena harus menempuh jarak sejauh 550 km.

Catatan : 

  • Kebarangkatan : Jakarta
  • Lama Perjalanan : 3 Hari 2 malam
  • Menggunakan : Kereta + Kapal Fery
  • Total Biaya : Rp 195.000

D. NAIK KAPAL LAUT FERY ATAU PELNI DARI SURABAYA KE LOMBOK

Nah satu lagi cara lainnya yang bisa kalian pilih untuk bisa ke Lombok dengan cara backpackeran yakni naik Kapal Laut. Saat ini ada 2 jenis kapal laut yang melayani pelayaran ke Lombok yakni Kapal Pelni dan juga kapal Aspd alias kapal Ferry. Untuk kapal laut pelni biasanya melayani rute Jauh.

kapal pelni km egon

kapal pelni km Egon – foto Pos Kupang – Tribunnews.com

Untuk kapal pelni yang saat ini melayani rute Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju pelabuhan Ampenan Lombok adalah Kapal pelni KM Egon yang berlayar setiap 1 kali dalam seminggu. Namun kapal KM Egon ini jadwalnya tidak tentu dan harus kit alihat sendiri dikantor pelni Surabaya atau melalui situsnya pelni.co.id. Untuk Harga Tiket KM Egon dari Tanjung Perak Surabaya ke Ampenan Lombok Adalah :Dewasa Rp 157.000 dan Balita Rp 20.000.

Kapal Ferry Dari Pelabuhan Ujung Surabaya – Pelabuhan Lembar lombok

Sedangkan kapal fery asdp sendiri saat ini meluncurkan 2 jenis kapal cepatnya yakni Legundi dan DLN Oasis. Kedua kapal ini melayani rute pendek dan tidak terlau jauh seperti halnya rute Suraba – Lombok. Saat ini memang sudah tersedia jalur pelayaran asdp atau kapal ferry dari Surabaya ke Lombok. Untuk Jadwal keberangkatan kapalnya sendiri bisa kalian lihat sendiri disini :

Km Legundi rute Surabaya ke Lombok

Km Legundi rute Surabaya ke Lombok – foto tribunjatim

Untuk jadwal keberangkatan kapal Legundi yang tetap masih setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 14.00 setiap minggunya. Namun biasanya kapalnya akan beroperasi setiap hari jika ada lonjakan penumpang. Untuk Harga tiket penumpanya dibagi kedalam 2 kategori yakni Penumpang Dewasa : Rp 87.000 dan penumpang Anak – anak : Rp 62.000 setiap kali jalan.

Sementara jika kalian naik kapal DLN Oasis dari Pelabuhan Ujung Surabaya ke pelabuhan Lembar lombok jadwal keberangkatanya berbeda dengan jadwal kapal fery yakni setiap hari Senin, Rabu dan hari Jumat pukul 18.00. Untuk Harga Tiket penumpang dari Surabaya ke Lombok adalah orang dewasa akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 90.000, dan anak-anak Rp 65.000.

Kapal Fery Dln Oasis Surabaya ke Lombok

Kapal Fery Dln Oasis Surabaya ke Lombok

Waktu tempuh yang biasanya diperlukan dari Surabaya menuju Lombok adalah sekitar 18 – 20 jam dan tergantung dengan kondisi cuaca saat berlayar. Tenang saja guys karena diatas kapal ferry sudah tersedia warung yang menjual makanan dan minuman serta disedikan tempat tidur barak bagi penumpang yang ingin beristirahat plus colokan.

Catatan : 

  • Kebarangkatan : Pelabuhan Ujung Surabaya
  • Lama Perjalanan : 2 Hari 1 malam
  • Menggunakan : Kapal Fery / Kapal Pelni
  • Total Biaya : Rp 80.000 – Rp 95.000

E. DARI JAKARTA KE LOMBOK NAIK KERETA + KAPAL LAUT

Selain alternatif yang sudah disampaikan diatas ada juga alternatif gabungan yang bisa menjadi pilihan terutama bagi warga yang berasal dari Jakarta. Pertama kalian naik kereta Api dari Stasiun senen Jakarta ke Stasiun Pasar Turi Surabaya. Selain melalui setasiun senen kalian juga bisa naik dari stasiun Gambir menuju stasiun Gubeng Surabaya. Intinya kalian harus tiba terlebih dahulu di Kota surabaya dengan naik kereta.

Oh ya harga tiket kereta api dari Jakarta ke surabaya paling murah adalah Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan Ekonomi dengan Tujuan Stasiun Gubeng Surabaya yakni seharga Rp 104.000 dimana waktu keberangkatan kereta dari Jakarta atau pasar senen adalah Pukul 10.00 siang dan akan tiba di stasiun Gubeng Surabaya pukul 01.35 dini hari.

Stasiun Pasar Senen

Stasiun Pasar Senen – foto merahputih.comdln oas

Dari stasiun kalian tunggu waktu sekalian sholat subuh bagi yang muslim dan setelah agak siang perjalanan kalian lanjutkan naik grab atau gojek menuju pelabuhan Ujung di Surabaya yang lokasinya tak jauh dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika kalian akan menggunakan Kereta + Kapal Laut Ferry alias gabungan. Jadi setelah naik kereta kalian akan naik kapal ferry Legundi atau kapal Dln oasis menuju Surabaya.

Jangan lupa cocokan jadwal kebrangkatan kereta dengan jadwal keberangkatan kapal Fery Legundi atau Dln Oasis. Seperti yang disampaikan diatas jika harga Tiket kapal fery legundi atau dlns oasis hanya Rp 90.000 saja sehingga jika ditotal perjalanan menggunakan gabungan angkutan kereta api + kapal fery ini jauh lebih murah yakni hanya habis Rp 195.000 saja.

Catatan : 

  • Kebarangkatan : Jakarta
  • Lama Perjalanan : 3 Hari 2 malam
  • Menggunakan : Kereta + Kapal Fery
  • Total Biaya : Rp 195.000

***

Selamat mencoba guys. Saran saya jika kalian punya cukup banyak waktu pilih opsi terakhir yakni menggunakan kereta + kapal ferry. Selain harganya murah juga waktunya tidak terlalu lama.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

3
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
OmedAlexandria Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Alexandria
Guest
Alexandria

Nice info nih

Alexandria
Guest
Alexandria

Nice info nih kakaaakkkk

Omed
Admin

maksih kaka