KATA OMED

Simbol Pria ada di Rumah Adat Lopo

Rumah Adat Lopo – Seperti yang sudah dibahas di postingan sebelumnya jika salah satu Suku yang cukup besar mendiami pulau Timor NTT adalah Suku Dawan.

Selama perjalanan melintasi kota kota di Pulau Timor, saya melihat disepanjang jalan ada banyak rumah adat yang cukup unik yang menjadi icon budaya suku setempat.

Nah Salah satu ciri khas dari suku Dawan adalah bentuk rumahnya yang berbeda antara rumah perempuan dan rumah laki-laki.

Rumah Adat Ume Kebubu

Rumah Adat Ume Kebubu

Rumah perempuan bernama rumah Ume Kebubu yang konon melambangkan wanita orang Timor yang santun, bersahaja, merendah, dan setia.

Sementara itu, rumah adat laki-laki bernama Lopo seperti yang ada difoto ini. Rumah adat Lopo melambangkan sosok laki-laki yang terbuka, kokoh, dan sebagai tempat berkumpulnya keluarga yang dipimpin oleh bapak selaku kepala keluarga.

Rumah Adat Lopo

Rumah Adat Lopo

Biasanya Lopo akan diletakan atau dibangun didepan rumah utama sementara Ume kebubu diletakan dibelakang rumah utama karena umumnya sering dijadikan tempat penyimpanan bahan makanan atau juga menjadi dapur utama.

Selain dijadikan semacam Tempat berkumpul saat ada acara keluarga, biasanya Lopo juga dijadikan sebagai tempat menerima tamu. Tak heran bila hampir disetiap depan rumah warga di pulau Timor terdapat Lopo yang dibangun cukup besar.

lopo di pulau timor versi modern

lopo di pulau timor versi modern

Lopo di Kabupaten TTU, kabupaten TTS atau dikabupaten Belu dibedakan dari bentuk Atapnya yang sekilas seperti terlihat sama namun jika diamati kita bisa melihat bedanya.

Mungkin bagi kalian yang sering mendengar kata Gazebo atau Saung depan Rumah, nah kurang lebih seperti ini baik fungsi atau manfaatnya.

lopo, rumah adat ntt untuk kaum pria

lopo, rumah adat ntt untuk kaum pria

Akhh semakin sering explore provinsi yang super panas ini, aku semakin jatuh cinta sama NTT.

Next perjalanan saya akan kembali explore pulau timor dngan lebih banyak lagi tempat yang akan saya explore.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of