KATA OMED

Mau Liburan Ke Nusa Penida Sendiri ? Ini Caranya Dan Jadwal Kapalnya

Published · Updated

Sepertinya Pesona Bali Tak Akan Pernah Habis Dan Selalu Saja Memukai Banyak Wisatawan Yang Datang Ke Pulau Dewata Ini. Kini Banyak Bermunculan Wisata-Wisata Baru Di Pulau Bali Dan Bahkan Disekitar Pulau Bali.

Dan Salah Satu Wisata Di Sekitar Bali Yang Paling Terkenal Saat Ini Adalah Wisata Di Nusa Penida Atau Pulau Penida. Lokasinya Yang Cukup Dekat Dan Mudah Dijangkau Dari Pulau Bali Membuat Banyak Wisatawan Memilih Liburan Ke Nusa Penida.

kelingking beach nusa penida

kelingking beach nusa penida

Salah salah satu alasan mengapa kini Nusa Penida menjadi destinasi wisata terkenal dan mejadi Pavorit bagi Wiasatawa Lokal maupun Internasional adalah karena keindahan alamnya dan wisata baru yang ditawarkan maupun karena pengaruh dari media Sosial.

Banyak selebgram yang mengabadikan foto kerennya di kawasan Nusa Penida maka tak heran jika kawasan ini tengah menjadi salah satu destinasi wisata  baru di Bali yang mulai digandrungi para traveller.

Rumah Pohon di Nusa Penida

Rumah Pohon di Nusa Penida

Banyak Yang Bertanya Ke Saya Bagaimana Caranya Agar Bisa Pergi Ke Nusa Penida Sendiri Tanpa Agen Travel.

Karena Saya Sudah Sering  Bolak-Balik Ke Nusa Penida Sendirian Alias Bolang Maka Dibawah Ini Saya Akan Mencoba Berbagai Tips Tentang Cara Pergi Ke Nusa Penida.

1. Bandara Ngurah Rai – Pelabuhan Sanur Bali

bandar udara ngurah rai bali

bandar udara ngurah rai bali

Jika Kalian Berasal Dari Jakarta Atau Dari Kota Lainnya Maka Ambil Penerbangan Dari Kota Asal Kalian Menuju Bali. Usahakan Ambil Penerbangan Paling Pagi Sekali.

Alasanya Karena Bisa Menghemat Waktu Perjalanan Dan Tidak Terlalu Siang Nyebrang Ke Nusa Penidanya Sehingga Banyak Waktu Yang Kita Miliki Untuk Explore Nusa Penida.

Hal ini juga dikarenakan jadwal keberangkatan paling pagi Kapal Cepat dari Bali ke Nusa Penida adalah Pukul 07.30.

Setibanya kalian di Bandar Udara Ngurah Rai, maka kalian langsung saja ambil Grab/ Gojek atau Rental menuju ke Dermaga Pelabuhan Sanur.

Dibutuhkan waktu sekitar lebih dari 30 menit perjalanan darat dari Bandara Ngurah Rai menuju Pelabuhan Sanur.

Memang terasa cukup lama mengingat jarak dari Bandara menuju Pelabuhan Sanur sendiri cukup jauh. Terlebih jika Macet, duh jangan sampai kalian ketinggalan kapal yang sudah di booking.

Baca Juga :

Pelabuhan Sanur Bali

Pelabuhan Sanur Bali

Sekedar Tips kecil, Jika kalian solo Traveller maka kalian bisa naik angkutan Online seperti Grab atau Gojek Motor saja.

Tapi ya ada resikonya sedikit yakni kalian harus berjalan kaki sekitar 10 menit dari depan Bandara menuju Masjid Bandara dekat dengan parkiran motor.

Dari Depan Masjid Atau Area Parkiran Motor Inilah Kalian Bisa Memesan Angkutan Online Tanpa Takut Dimarahi Petugas Hee. Oh Ya Jika Naik Angkutan Online Biasanya Menghabiskan Biaya Sekitar Rp 30.000an.

Tapi Buat Kalian Yang Mau Menyewa Motor Langsung Di Bali, Kalian Bisa Coba Menghubungi Nomor Penyewaan Motor Ini Boby : +62 877-0116-6862 Dengan Tarif  Mulai Dari 40 – 50 Ribuan Sehari.

Dia Akan Mengantar Motornya Ke Bandara Ngurah Rai Loh Jadi Kalian Langsung Sewa Motor Saja Dan Langsung Menuju Pelabuhan Sanur Bali.

parkiran motor di pelabuhan sanur

parkiran motor di pelabuhan sanur

Sekadar Informasi Saja, Jika Kalian Menyewa Motor Sendiri Dan Membawa Ke pelabuhan Sanur, Maka Kalian Harus Menginapkan Motor Kalian Di Pelabuhan Sanur.

Jangan Lupa Kunci Stang Motor Selama Memarkirkan Motor Kalian Disanur. Kebetulan Pelabuhan Sanur Itu Buka Terus Tanpa Ditutup Jadi Bisa Langsung Memarkirkan Motor Kalian Disana.

Bahkan Saya Tidak Menemukan Petugas Parkiran Yang Menarik Bayaran Loh Heee Lumayan Banget Dan Kita Hanya Bayar Uang Retribusi Masuk Ke Pelabuhan Sanur Sekitar Rp 2ribuan.

2. Pelabuhan Sanur – Nusa Penida

dermaga pelabuhan sanur

dermaga pelabuhan sanur

Setibanya Kita Di Pelabuhan Sanur Bali, Kita Harus Menyebrang Naik Speed Boat Atau Kapal Cepat Menuju Nusa Penida.

Tak Hanya Ke Nusa Penida Saja, Kapal Cepat Dari Pelabuhan Sanur Juga Diperuntukan Bagi Penyebrangan Ke Nusa Ceningan Atau Nusa Lembongan.

ruang tunggu pelabuhan sanur bali

ruang tunggu pelabuhan sanur bali

Tarif Speed Boat Atau Kapal Cepat Dari Sanur Ke Nusa Penida Adalah Rp 75.000 Jika Kita Naik Kapal Maruti Expres, Semabu Hills, Sri Rejeki Dan Kapal-Kapal Lainnya.

Lama Penyebrangan Dari Pelabuhan Sanur Ke Nusa Penida Adalah Sekitar 40 Menitan. Untuk Jadwal Keberangkatan Kapal Dari Pelabuhan Sanur Ke Nusa Penida Selalu Ada Setiap Hari Dari Pagi Hingga Siang Hari.

Baca JugaInilah Jembatan Tayan, Terpanjang nomor 2 di indonesia

pelabuhan sanur bali

pelabuhan sanur bali

Sekedar Tambahan Info Saja, Saat Kita Akan Naik Ke Kapal Atau Ke Boat, Kit Aharu Smelintasi Ombak Atau Air Laut Yang Kadang Bisa Lebih Dari Selutut.

Jadi Usahakan Saat Akan Menyebrang Atau Naik Kapal, Kalian Memakai Celana Pendek Saja.

Saat Penyebrangan Kapal ke Nusa Penida

Saat Penyebrangan Kapal ke Nusa Penida

Oh Ya, Untuk Loket Pembelian Tiket Kapal Express Ke Nuda Penida Berada  Tepa Di Depan Pantai Sanur.

Dari Gerbang Masuk Menuju Pelabuhan Sanur Atau Area Parkiran Motor, Kita Hanya Perlu Lurus Saja Hingga Mentok Dan Bertemu Dengan ATM Mandiri.

Dari Sana Ambil Jalan Kekiri Lalu Ikuti Saja Jalan Tersebut Sampai Bertemu Dengan Banyak Loket2 Kapal Penyebrangan Termasuk Loket Kapal Maruti Dan Semabu Atau Kapal -Kapal Lainnya.

Jadwal Kapal Cepat dari Sanur ke Nusa Penida

Berikut Ini Jadwal Kapal Speed Boat Dari Sanur Ke Nusa Penida Atau Sebaliknya Jadwal Kapal Dari Nusa Penida Ke Sanur :

1. Jadwal Kapal Semabu Hills 

jadwal kapal semabu hills

jadwal kapal semabu hills

2. Jadwal Kapal Idola

jadwal kapal idola dari sanur ke nusa penida

jadwal kapal idola dari sanur ke nusa penida

3. Jadwal Kapal Sri Rejeki

jadwal kapal sri rejeki dari sanur ke nusa penida

jadwal kapal sri rejeki dari sanur ke nusa penida

4. Kapal Maruti Express

Loket kapal Maruti Express di Sanur

Seperti Yang Sudah Disampaikan Diatas Jika Kapal Penyebrangan Menuju Nusa Penida Bali Cukup Banyak Jumlahnya.

Tak Hanya Kapal Maruti, Idola Atau Semabu Hillss Saja Saja Namun Juga Banyak Kapal Express Lainnya Yang Melayani Rute Ini Seperti Dream Beach, Yamuna Express, Mola-Mola Express, The Angels Dan Speed Boat Lainya.

Jadi Jika Kalian Ketinggalan Jam Kapal Tak Perlu Khawatir Karna Bisa Naik Kapal Penyebrangan Di Jam Lainnya.

**

Pelabuhan Di Nusa Penida

Pelabuhan Toya pakeh si Nusa Penida

Pelabuhan Toya pakeh di Nusa Penida

Jadi Ada Banyak Sekali Nama Pelabuhan Di Nusa Penida Tergantung Kalian Naik Kapal Cepat Apa Dan Biasanya Setiap Kapal Cepat Atau Speed Boat Dari Nusa Penida Akan Berhenti Dibeda-Beda Pelabuhan.

Misalnya Saja Kapal Cepat Maruti Express Akan Menaikan Dan Menurunkan Penumpangnya Di Pelabuhan Toya Pakeh Nusa Penida. Lalu Ada Kapal Semabu Hill Yang Menurunkan Atau Menaikan Penumpangnya Di Pelabuhan Banjar Nyuh Yang Bedekatan Dengan Toya Pakeh.

pelabuhan banjar nyuh nusa penida

pelabuhan banjar nyuh nusa penida

Sementara Kapal-Kapal Cepat Lainnya Ada Yang Menurunkan Atau Menaikan Penumpangnya Di Pelabuhan Sampalan Dan Pelabuhan-Pelabuhan Lainnya.

Jadi Usahakan Informasikan Kedatangan Kalian Di Pelabuhan Terdekat Dengan Penginapan Selama Di Nusa Penida.

Daftar Pelabuhan Di Nusa Penida :

1. Pelabuhan Toya Pakeh
2. Pelabuhan Buyuk
3. Pelabuhan Br. Nyuh
4. Pelabuhan Mentigi
5. Pelabuhan Sampalan (Ferry)
6. Pelabuhan Lembongan

Transportasi & penginapan Selama Di Nusa Penida

keliling nusa penida

keliling nusa penida

Setibanya Di Nusa Penida, Kalian Tak Perlu Bingung Dan Khawatir Mengenai Transport Selama Explore Nusa Penida Karena Disana Disepanjang Pelabuhan Atau Jalan Keluar Pelabuhan Banyak Sekali Orang Yang Menyediakan Penyewaan Motor Ataupun Mobil.

Untuk Tarif Sewa Motor Mulai Dari 75.000 Tergantung Jenis Kendaraan Motor Yang Digunakan. Tapi Ingat Jika Kalian Menyewa Motor Harus Cek Remnya Mengingat Jalanan Di Nusa Penida Masih Naik Turun Bukit Dan Cukup Terjal.

jalanan di kota nusa penida

jalanan di kota nusa penida

Apalagi Soal Penginapan Di Nusa Penida, Disana Banyak Sekali Hotel, Hostel, Cottage Hingga Villa Atau Sekals Resort. Kalian Bisa Booking By Aplikasi Online Atau Langsung Datang Ke Penginapanya.

Salah Satu Penginapan Berupa Cottage Di Nusa Penida Yang Pernah Saya Tempati Adalah Sunset Hill Cottage Yang Lokasinya Ada Diatas Bukit Dan Jauh Dari Kota.

Sunset Hill Cottage Ini Menurut Saya Cukup Rekomend Karena Lengkap Fasilitasnya Dan Cukup Sunyi Sehingga Cocok Bagi Kalian Yang Tidak Menyukai Keramaian.

Saat Promo Saya Mendapatkan Tarif Cukup Murah Yakni Sekitar Rp 150.000 / Kamar Untuk 2 Orang. Dan Kebetulan Pihak Penginapan Juga Menyediakan Kendaraan Sewa Motor Dengan Tari Mulai 50.000 Dan Mobil Mulai Dari 300.000.

sunset hill cotage nusa penida

sunset hill cotage nusa penida

sunset hill cottage

sunset hill cottage

Kebetulan Pihak Cottage Juga Menyediakan Antar Jemput Gratis Dari Pelabuhan Nusa Penida Ke Penginapanya.

Silahkan Wa Saja Bli Eka : +62 821-4401-2017 Untuk Booking Penginapannya.

Oh Ya Satu Lagi, Jika Kalian Ingin Mencari Penginapan Yang Jauh Lebih Murah Untuk Kelas Backpackeran, Bisa Hubungi Ibu Siti Yang Penginapanya Ada Di Depan Pantai Toya Pakeh. Ini Nomor Ibu Siti : +62 813-3775-1346

Daftar Wisata Di Nusa Penida

peta wisata di nusa penida

peta wisata di nusa penida

Pulau Nusa Penida Sendiri Sangat Luas yakni sekitar 202,8 km² dengan total penduduk mencapai lebih dari 45,500  orang.

Pulau Nusa Penida Sendiri Merupakan Bagian Dari Kabupaten Klungkung Provinsi Bali.

Nusa Penida Juga Merupakan Nama Sebuah Kecamatan Yakni Kecamatan Nusa Penida Yang Wilayahnya Terdiri Dari Tiga Kepulauan Yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Lembongan Dan Pulau Ceningan.

Untuk Explore Wisata Mana Dulu Selama Di Nusa Penida, Kalian Bebas Memilih Mau Ke Arah Barat Atau Ke Arah Timur Dan Gunakan Google Maps Kalian.

Selain Itu Destinasi Wisata Di Nusa Penida Cukup Jauh-Jauh. Jika Ingin Explore Semua Wisata Di Nusa Penida Butuh Lebih Dari 2 Hari.

Tapi Umumnya Wisatawan Yang Datang Akan Explore 2 Hari Saja Dimana Hari Pertama Akan Berkunjung Ke Wilayah Nusa Penida Barat Dan Hari Kedua Akan Ke Wilayah Nusa Penida Timur.

Kelingking Beach, Primadona Wisata di Nusa Penida

Kelingking Beach, Primadona Wisata di Nusa Penida

Berikut Ini Saya Mencoba Mendata Destinsi Wisata Yang Ada Di Nusa Penida Yang Bisa Kalian Kunjungi Yang Dibagi Kedalam 3 Zona Yakni Zona Wilayah Barat Nusa Penida, Zona Wilayah Timur Nusa Penida Dan Zona Wilayah Selatan Nusa Penida.

Tapi Perlu Diingat Juga Jika Punya Waktu Sehari Saja Maka Hanya Bisa Explore 1 Zona Dan Itupun Pasti Terburu-Buru Jadi Usahakan Jika Punya Banyak Waktu, Minimal Kalian Butuh 2-3 Harian Untuk Explore Semua Wisata Di Nusa Penida:

Daftar Wisata di Barat Nusa Penida

Berikut Ini Daftar Wisata Yang Ada Di Nusa Penida Bagian Barat Yang Bisa Kamu Kunjungi :

1. Kelingking Beach (Pantai Kelingking)

spot foto di kelingking beach

spot foto di kelingking beach

kelingking beach di nusa penida

kelingking beach di nusa penida

2. Broken Beach (Pasih Uug)

broken beach nusa penida

broken beach nusa penida

3. Angel’s Billabong (Umah Tran)

Angel Billabong

Angel Billabong – foto ig @glowabroad

pantai di nusa penida

pantai di nusa penida

4. Pohon Cinta

banyak spot foto kekinian di nusa penida

banyak spot foto kekinian di nusa penida

5. Paluang Cliff

Paluang Cliff

Paluang Cliff – foto ig @razzasaiia

6. Banah Beach

Banah Cliffs

Banah Cliffs – foto ig @baktywisnu

7. Crystal Bay (Pantai Penida)

Crystal Bay

Crystal Bay – foto ig @the_last_journey_

**

Datar Wisata di Timur Nusa Penida

Berikut Ini Daftar Wisata Yang Ada Di Nusa Penida Bagian Timur Yang Bisa Kamu Kunjungi :

1. Diamon Beach

diamon beach nusa penida

diamon beach nusa penida

tangga menuju pantai diamond nusa penida

tangga menuju pantai diamond nusa penida

2. Atuh Beach

pantai atuh dari atas

pantai atuh dari atas

jalan setapak di diantara pantai diamond beach dan pantai atuh beach

jalan setapak di diantara pantai diamond beach dan pantai atuh beach

3. Rumah Pohon Batu Molenteng

rumah pohon di nusa penida

rumah pohon di nusa penida

rumah pohon nusa penida

rumah pohon nusa penida

4. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies nusa penida

Bukit Teletubbies nusa penida – foto ig @susanairma

5. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan

Pantai Suwehan – foto ig @amelia_rizqa

Daftar Wisata di Selatan Nusa Penida

Berikut Ini Daftar Wisata Yang Ada Di Nusa Penida Bagian Selatan Yang Bisa Kamu Kunjungi :

1. Tembeling Water Springs (Mata Air Tembeling)

Tembeling Water Springs

Tembeling Water Springs – fot oig @wongyfongy

2. Seganing Waterfall (Air Terjun Seganing)

Seganing Waterfall

Seganing Waterfall – Credit by @dicaviajantes

3. Peguyangan Waterfall (Air Terjun Peguyangan)

Peguyangan Waterfall

Peguyangan Waterfall – foto ig @gianmarcobasta

**

Tips Penting Saat Liburan Ke Nusa Penida

  1. Ada Banyak Atm Pemerintah Seperti Mandiri, Bni Dan Bri Di Pusat Kota Penida
  2. Signal Yang Bagus Dan Kuat Hanya Telkomsel
  3. Jika Ingin Ke Wilayah Pantai Atuh, Dimond Beach Atau Rumah Pohon, Gunakan Keyword Diamond Beach Saja di maps dan Jangan menggunakan keyword Pantai Atuh Agar Tidak Tersasar.
  4. Jalanan Di Nusa Penida Cukup Terjal Dan Curam Banyak Tikungan Tajam Dan Tanjakan Yang Aduhai. Hati2 Membawa Kendaraan Sendiri Dan Pastikan Lagi Remnya Berfungsi.
  5. Banyak Spot Wisata Dinusa Penida Yang Gratis Alias Tidak Berbayar. Hanya Beberapa Spot Saja Bayar Seiklasnya.

Selamat Berlibur Ke Nusa Penida

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of