KATA OMED

Cara Menuju Pulau Pandang Batubara, Sumatra Utara

Pulau Pandang Batubara – Nggak kalah dengan panorama bawah lautnya, pemandangan yang tersaji di pulau pandang sangat indah. Pulau ini menyajikan pemandangan berbeda di ketiga sisinya.Pulau pandang adalah destinasi wisata yang menawarkan panorama bawah laut yang indah. Air laut di pulau ini jernih berwarna tosca. Laut yang menjorok ke dalam pulau memiliki air yang tenang sehingga cocok untuk snorkeling.

Lantai laut yang dangkal di area pantai Pulau Pandang memiliki gugusan terumbu karang yang indah dan ikan yang berwarna-warni sehingga sangat rugi kalau nggak berenang atau snorkeling untuk mengamati keindahan bawah lautnya.

pulau pandang batubara

pulau pandang batubara – sumber foto instgram @sumut_wonderful

Di sisi barat yang berbatasan dengan pulau Sumatra terdapat lengkungan yang tampak seperti teluk. Sisi ini memiliki hamparan pasir putih beserta pantai yang landau.

Di sisi ini air laut sangat tenang sehingga bisa digunakan untuk berenang. Nah area ini yang biasanya digunakan para pengunjung untuk melakukan snorkeling.

Berbeda dengan pulau bagian barat, sisi timur pulau pandang menyajikan bentangan pasir putih yang dihiasi banyak bebatuan granit besar yang kokoh.

Sementara sisi ketiga yaitu isi yang membentang di selatan menghadap ke padang memiliki air laut dengan ombak besar. Disini terbentang pantai dengan bebatuan granit yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran.

Lokasi Pulau Pandang

Lokasi Pulau Pandang

Lokasi Pulau Pandang – sumber foto instagram @achmad_syahfrizal

Pulau pandang merupakan pulau terluar yang berada di Selat Malaka dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Secara administratif, Pulau Pandang masuk ke wilayah Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara , Sumatera Utara.

Untuk mencapai pulau ini kalian perlu melalui jalur darat dan jalur laut tentunya. Jike berangkat dari medan kamu harus menempuh perjalanan darat dan laut total selama 6 jam. Lebih tepatnya 4 jam perjalanan darat dan 2 jam perjalanan laut.

Harga Tiket Masuk Pulau Pandang

Harga Tiket Masuk Pulau Pandang

Harga Tiket Masuk Pulau Pandang – sumber foto instagram @asyiki_03

Karena pulau ini merupakan pulau yang terpencil, untuk dapat mencapai pulau ini diperlukan biaya yang cukup mahal. Jika mengikuti open trip biaya yang dibutuhkan berkisar dari Rp 350.000 hingga Rp 700.000 tergantung paket yang kalian pilih.

Akan tetapi tentunya dengan menggunakan paket ini pengunjung dimudahkan dengan proses antar jemput dari medan ke pulau pandang dan dari pulau pandang ke medan melalui jalur tanjung tiram.

Selain akses ke pulau yang mudah, sudah tersedia itinerary sehingga pengunjung tinggal mengikuti jadwal yang tersedia.

Baca juga : 

pantai di pulau pandang batubara

pantai di pulau pandang batubara – foto ig @yukberkelana

Untuk menghemat biaya, terdapat opsi lain untuk backpacker yang ingin mengunjungi pulau pandang. kalian bisa menumpang perahu dari desa Silau Baru, kecamatan Silau Laut, Asahan.

Di pelabuhan desa silau baru terdapat kapal yang biasa membawa wisatawan berkeliling ke dua pulau terdekat, salah satunya adalah pulau pandang.

Akan tetapi untuk mendapatkan perahu terdapat kuota penumpang yang harus terpenuhi. Selain itu, pemilik kapal dapat membatalkan secara sepihak apabila kondisi laut sedang tidak bersahabat.

Fasilitas Yang Ada Di Pulau Pandang

Fasilitas Yang Ada Di Pulau Pandang

Fasilitas Yang Ada Di Pulau Pandang – sumber foto instagram @danil_s98

Meskipun lokasinya terpencil, pulau padang memang disiapkan untuk berkembang sebagai destinasi wisata, oleh karena itu fasilitas di pulau ini sudah sangat memadahi. Terdapat dermaga, toilet, penginapan, dan spot snorkeling di pulau ini.

Pengunjung yang mengunjungi pulau pandang juga dapat melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas yang tidk boleh terlewat tentu saja sight seeing.

Pengunjung dapat menikmati indahnya pulau terutama saat sunset dan sunrise. Pemandangan di pulau ini juga tentu saja sangat indah jika difoto.

Di pulau pandang juga terdapat Menara mercusuar yang dapat dinaiki pengunjung untuk dapat melihat seluruh sisi pulau dari ketinggian.

Selain itu pengunjung juga dapat melakukan snorkeling untuk menikmati pemandangan di bawah air. Pengunjung yang hobby juga dapat memancing dapat membawa pancingnya dan memancing di pulau pandang.

pulau Pandang

pulau Pandang – sumber foto instagram @teuku.fahmii

Selain berbagai aktivitas yang bisa dinikmati pengunjung, di pulau Pandang terdapat ikon berupa batu belah. Batu belah adalah batu granit besar yang seakan terbelah dua dengan pedang karena potongannya rapi.

Selain karena bentuknya yang seakan terbelah rapi, mitos tentang batu ini juga terkenal dimana konon batu inii dapat menelan orang.

Di mulut batu biasanya juga ada sesajen yang menambah kesan mistik batu ini. Batu belah dapat dicapai dengan trekking naik ke atas bukit.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of