KATA OMED

10 Daerah Di Sulawesi Selatan Yang Paling Banyak Penduduknya

Sulawesi Selatan Merupakan Sebuah Provinsi Di Indonesia Yang Terletak Di Bagian Selatan Pulau Sulawesi Dan Juga Bagian Dari Kawasan Indonesia Timur.

Pusat Pemerintahan Atau Ibukota Provinsi Sulawesi Seletan Berada Di Kota Makassar. Pada Tahun 2020, Penduduk Provinsi Sulawesi Selatan Berjumlah 9.073.509 Jiwa, Dengan Kepadatan 194,22 Jiwa/Km².

Provinsi Sulawesi Selatan Berbatasan Dengan Sulawesi Tengah Dan Sulawesi Barat Di Utara, Teluk Bone Dan Sulawesi Tenggara Di Timur, Selat Makassar Di Barat Dan Laut Flores Di Selatan.

Baca juga :

Peta sulawesi Selatan – foto Sejarah Negara Com

Saat Ini Di Provinsi Sulawesi Selatan Terbagi Kedalam 24 Kabupaten Dan Kota.  Untuk Kotanya Sendiri Yakni Kota Makassar, Kota Pareare Dan Kota Palopo.

Dari Ke-24 Kabupaten Dan Kota Tersebut Saya Mencatat Ada 1 Daerah Di Sulawesi Selatan Yang Memiliki Jumlah Penduduk Terbanyak.

Berikut Ini Adalah Daftar 10 Daerah Di Sulawesi Selatan Yang Paling Banyak Jumlah Penduduknya.

1. Kota Makassar – 1.534.090 Jiwa

Kota Makassar

Kota Makassar di Sulawesi selatan – foto CIO.com

Kota Terbesar Sekaligus Kota Dengan Jumlah Penduduk Paling Banyak Di Sulawesi Selatan Adalah Kota Makassar.

Makassar Merupakan Kota Metropolitan Terbesar Di Kawasan Indonesia Timur Dan Pada Masa Lalu Pernah Menjadi Ibu Kota Negara Indonesia Timur Dan Provinsi Sulawesi.

Kota Makassar Terletak Di Pesisir Barat Daya Pulau Sulawesi Dan Berbatasan Dengan Selat Makassar Di Sebelah Barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene Di Sebelah Utara, Kabupaten Maros Di Sebelah Timur Dan Kabupaten Gowa Di Sebelah Selatan.

Dengan Memiliki Wilayah Seluas 175,77 Km² Dan Jumlah Penduduk Lebih Dari 1,5 Juta Jiwa, Kota Ini Berada Di Urutan Kelima Kota Terbesar Di Indonesia Setelah Jakarta, Surabaya, Bandung Dan Medan.

2. Kabupaten Gowa – 772.684 Jiwa

kabupaten Gowa

kabupaten Gowa

Daerah Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Di Sulawesi Selatan Selanjutnya Adalah Kabupaten Gowa. Kabupaten Gowa Adalah Salah Satu Daerah Tingkat II Di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Ibu Kota Kabupaten Gowa Ini Terletak Di Kota Sungguminasa. Kabupaten Goa Memiliki Luas Wilayah 1.883,33 Km² Dan Berpenduduk Sebanyak 772.684 Jiwa Ditahun 2020.

3. Kabupaten Bone – 738.515 Jiwa

Kabupaten Bone

Kabupaten Bone

Kabupaten Bone Menjadi Kabupaten Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Di Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Bone Ini Meski Lokasinya Cukup Jauh Dari Pusat Pemerintahan Ibu Kota Sulawesi Selatan Namun Perkembanganya Sangat Pesat.

Ibu Kota Kabupaten Bone Terletak Di Kota Watampone. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone Mencatat Jumlah Penduduk Kabupaten Bone Tahun 2015 Adalah Sebanyak 738.515 Jiwa, Terdiri Atas 352.081 Laki‐Laki Dan 386.434 Perempuan.

Dengan Luas Wilayah Kabupaten Bone Yang Dimiliki Yakni Sekitar 4.559 Km2 Persegi, Rata‐Rata Tingkat Kepadatan Penduduk Kabupaten Bone Adalah 162 Jiwa Per Km2.

Kabupaten Bone Sebagai Salah Satu Daerah Yang Berada Di Pesisir Timur Sulawesi Selatan Memiliki Posisi Strategis Dalam Perdagangan Barang Dan Jasa Di Kawasan Timur Indonesia Yang Secara Administratif Terdiri Dari 27 Kecamatan, 328 Desa Dan 44 Kelurahan.

4. Kabupaten Bulukumba – 418.326 Jiwa

Bulukumba

Bulukumba – foto pegipegi.com

Kabupaten Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Di Sulawesi Selatan Selanjutnya Adalah Kabupaten Bulukumba. Kabupaten Bulukumba Adalah Salah Satu Daerah Tingkat II Di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Ibu Kota Kabupaten Ini Terletak Di Kota Bulukumba. Berdasarkan Data BPS Kabupaten Bulukumba Tahun 2019, Kabupaten Ini Memiliki Luas Wilayah 1.154,58 Km² Dan Berpenduduk Sebanyak 418.326 Jiwa.

Kabupaten Bulukumba Mempunyai 10 Kecamatan, 27 Kelurahan, Serta 109 Desa. Kabupaten Bulukumba Terletak Di Ujung Bagian Selatan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Kabupaten Bulukumba Terkenal Dengan Industri Perahu Pinisi Yang Banyak Memberikan Nilai Tambah Ekonomi Bagi Masyarakat Dan Pemerintah Daerah. Jarak Tempuh Dari Kota Makassar Ke Bulukumba Adalah Sekitar Sekitar 153 Km .

5. Kabupaten Pinrang – 407.236 Jiwa

kantor bupati kabupaten Pinrang

kantor bupati kabupaten Pinrang – foto sindonews.com

Jumlah Penduduk Terbanyak Di Provinsi Sulawesi Selatan Selanjutnya Yakni Kabupaten Pinrang. Kabupaten Pinrang Adalah Salah Satu Kabupaten Di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Jumlah Penduduk Kabupaten Pinrang Pada Tahun 2020 Adalah 407.236 Jiwa Dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Mencapai 192,23 Jiwa/Km²

Kabupaten Pinrang Terletak 185 Km Dari Makassar Arah Utara Yang Berbatasan Dengan Kabupaten Polawali Mandar Provinsi Sulawesi Barat.

Luas Wilayah Kabupaten Pinrang Adalah 1.961,77 Km² Yang Terbagi Ke Dalam 12 Kecamatan, Meliputi 68 Desa Dan 36 Kelurahan Yang Terdiri Dari 86 Lingkungan Dan 189 Dusun.

Kabupaten Pinrang Dengan Ibu Kota Pinrang Terletak Disebelah 185 Km Utara Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Secara Administratif, Kabupaten Pinrang Berbatasan Dengan  Sebelah Utara Dengan Kabupaten Tana Toraja, Sebelah Timur Dengan Kabupaten Sidenreng Rappang Dan Enrekang, Sebelah Barat Kabupaten Polmas Provinsi Sulawesi Barat Dan Selat Makassar, Sebelah Selatan Dengan Kota Parepare.

6. Kabupaten Jeneponto – 415.174 Jiwa

kabupaten Jeneponto

kabupaten Jeneponto – foto tribuntimur.com

Selanjutnya Kabupaten Jeneponto Juga Masuk Kedalam Daftar Wilayah Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Di Sulawesi Selatan.

Kabupaten Jeneponto Adalah Salah Satu Daerah Tingkat II Di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia Dengan Ibu Kota Kabupaten Jeneponto Berada Di Desa Bontosunggu.

Kabupaten Jeneponto Memiliki Luas Wilayah 749,79 Km2 Dan Jumlah Penduduk Kabupaten Jeneponto Sebanyak 415.174 Jiwa Berdasarkan Sensun Tahun 2020 Lalu.

7. Kabupaten Wajo – 400.000 Jiwa

masjid raya sengkang Kabupaten Wajo

masjid raya sengkang Kabupaten Wajo – foto youtube Om Gendu

Dengan Jumlah Penduduk Kurang Lebih Sekitar 400.000 Jiwa, Kabupaten Wajo Salah Satu Daerah Dengan Jumlah Penduduk Teranyak Di Provisi Sulawesi Selatan.

Kabupaten Wajo Adalah Salah Satu Daerah Tingkat II Di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu Kota Kabupaten Ini Terletak Di Sengkang.

Kabupaten Wajo Memiliki Luas Wilayah 2.056,19 Km². Saat Ini Kabupaten Wajo Dibagi Kedalam 14 Kecamatan.

8. Kabupaten Luwu – 370.683 Jiwa

Kabupaten Luwu

Kabupaten Luwu

Kabupaten Luwu Tercatat Memiliki Jumlah Penduduk Sebanyak 370.683 Jiwa. Awalnya Kabupaten Ini Merupakan Salah Satu Kabupaten Terluas Di Sulawesi Selatan Sebelum Akhirnya Dimekarkan Menjadi Beberapa Kabupaten.

Beberapa Kabupaten Pecahan Kabupaten Luwu Tersebut Adalah Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara Yang Kemudian Dimekarkan Lagi Menjadi Kabupaten Luwu Timur Dan Kota Palopo.

Luas Wilayah Kabupaten Luwu Adalah 3.000,25 Km² Yang Terbagi Kedalam 22 Kecamatan, 20 Kelurahan Dan 207 Desa.

Kabupaten Luwu Memindahkan Pusat Pemerintahan Dari Kota Palopo Ke Kota Belopa, Sejak Tahun 2006, Seiring Ditetapkannya Belopa Sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu.

9. Kabupaten Maros – 353.121 Jiwa

Kabupaten Maros

Kabupaten Maros – foto kmnu.or.id

Kabupaten Maros Yang Lokasinya Tak Jauh Dari Kota Makassar Juga Masuk Kedalam Daftar Daerah Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kabupaten Maros Adalah Salah Satu Daerah Tingkat II Di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu Kota Kabupaten Maros Terletak Di Kota Turikale.

Kabupaten Maros Memiliki Luas Wilayah 1.619,12 Km² Dan Berpenduduk Sebanyak 353.121 Jiwa Dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Sebesar 218,09 Jiwa/Km² Pada Tahun 2019.

Bersama Kabupaten Takalar Dan Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros Dikenal Sebagai Kabupaten Penyangga Kota Makassar Karena Kabupaten Maros Merupakan Wilayah Yang Berbatasan Langsung Dengan Ibu Kota Propinsi Sulawesi Selatan Makassar.

10. Kabupaten Pangkep – 305.758 Jiwa

Kabupaten Pangkep

Kabupaten Pangkep – foto yotube Adam Daniary,

Yang Terakhir Adalah Kabupaten Pangkep Yang Masuk Kedalam Daftar Wilayah Di Sulawesi Selatan Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak.

Kabupaten Pangkep Adalah Salah Satu Kabupaten Di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia Dengan Ibu Kotanya Adalah Pangkajene.

Jumlah Penduduk Kabupaten Pangkep Tercatat Ada 305.737 Jiwa Yang Terdiri Atas 147.229 Laki-Laki, Dan 158.508 Jiwa Perempuan.

Secara Administratif Luas Wilayah Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan Adalah 12.362,73 Km2. Untuk Wilayah Laut Seluas 11.464,44 Km2, Dengan Daratan Seluas 898,29 Km2, Dan Panjang Garis Pantai Di Kabupaten Pangkajene, Dan Kepulauan Yaitu 250 Km, Yang Membentang Dari Barat Ke Timur.

Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan Terdiri Dari 13 Kecamatan, Di Mana 9 Kecamatan Terletak Pada Wilayah Daratan, Dan 4 Kecamatan Terletak Di Wilayah Kepulauan.

**

Itulah Tadi Daftar 10 Kabupaten Dan Kota Di Sulawesi Selatan Yang Paling Banyak Jumlah Penduduknya. Saat Ini Kamu Tinggal Dikota Mana?

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of