5 Tempat Wisata Di Pulau Moyo Dan Rutenya

Pulau Moyo adalah pulau yang lokasinya berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau kecil ini juga berada di sekitar terumbu karang yang indah.

Pantai berpasir putih dan perairan biru ini, memiliki suasana yang tenang. Tidak heran jika banyak ratu, selebriti, dan olahragawan kelas dunia, pernah mengunjungi pulau ini.

Walaupun lokasinya terbilang jauh dari Kota Sumbawa, namun fasilitas wisata yang tersedia ada di Pulau Moyo, terbilang cukup memadai.

Baca Juga:

peta pulau moyo

peta pulau moyo – foto pesona lokal

Beberapa resort yang tersedia di pulau elok ini, bahkan terbilang mewah dan berkelas internasional.

Nah, tempat wisata apa sajakah, yang membuat Putri Diana, Maria Sharapova dan David Beckham betah menginap di pulau ini? Yuk, kita lihat daftarnya di bawah ini.

1. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu Pulau Moyo

Air Terjun Mata Jitu Pulau Moyo

Tempat wisata yang memiliki julukan Queen Waterfall ini, pernah membuat mendiang Putri Diana betah berendam di dalamnya. Keasrian dan  kesejukan Pulau Moyo ini, memang sudah terkenal di seluruh dunia. 

Air Terjun Mata Jitu yang indah ini, memiliki tujuh kolam yang berundak-undak, seperti air terjun di negeri dongeng. Airnya  terjun yang memiliki warna kehijauan ini, membuat setiap pengunjung yang datang, seperti terhipnotis oleh panoramanya. 

Selain berendam, lokasi wisata air ini juga cukup aman untuk berenang. Uniknya lagi di tepian air terjunnya, setiap pengunjung dapat menikmati stalaktit dan stalagmit yang telah terbentuk berjuta-juta tahun lalu. 

Wah…, pasti bakal betah berlama-lama di sini!. Awas jangan lupa pulang ya Guys!.

2. Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo

pantai Tanjung Pasir pulau Moyo

pantai Tanjung Pasir pulau Moyo – foto ig @setitiharti

Pulau Moyo memiliki koleksi pantai yang sarat dengan keindahannya. Seperti halnya Pulau Lombok dan Bali, pulau ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang mempesona. Salah satu dari bentuk keindahan tersebut, terdapat di Pantai Tanjung Pasir.

Pantai Tanjung Pasir memiliki hamparan pasir putih yang terluas di antara yang lain. Air lautnya yang  jernih, berwarna kebiruan yang menyatu dengan warna langit. Perairan ini juga terkenal dengan wisata airnya. 

Selain bermain dapat berenang dan bersantai di pinggir pantai, para wisatawan juga dapat menikmati pemandangan hewan laut dan terumbu karang yang Instagramable!

3. Air Terjun Diwu Mba’i Pulau Moyo

Air terjun Diwu Mbai, Pulau Moyo

Air Terjun Diwu Mbai, Pulu Moyo – Photo by @fatannuari

Selain memiliki Air Terjun Mata Jitu, Pulau Moyo juga memiliki  Air Terjun Diwu Mba’i, yang tidak kalah mempesonanya. Kesegaran air terjun ini, serasa oase di tengah kehangatan Pulau Moyo. 

Walaupun undakannya tidak sebanyak Mata Jitu, namun air terjun ini tetap terasa seperti magnet. Siapapun yang datang kesana, akan merasakan keengganan, untuk beranjak pergi dari surga dunia ini.

Panorama Air Terjun Diwu Mba’i sangatlah asri, karena berada di sekitar kamu hutan belantara, dengan pepohonan tuanya yang tinggi menjulang. Selain itu, terdapat sebuah ayunan, yang menggantung di pohon besar sekitar air terjun. 

Jika punya nyali setangguh Tarzan, coba deh, berayun-ayun sambil menceburkan diri ke kolam air terjun di bawahnya. Keren…!

4. Pantai Raja Sua Pulau Moyo

Pantai Raja Sua

Pantai Raja Sua

Dari Pantai Tanjung Pasir, para pengunjung dapat melanjutkan wisata ke Pantai Raja Sua, yang hanya berjarak sekitar 20 menit dengan perahu motor.

Pantai ini memang bukan yang tergolong sebagai pantai berpasir putih, karena terletak di daerah hutan dengan pepohonan tinggi. 

Namun walaupun begitu, kejernihan air lautnya tidak tertandingi kecantikannya. Ibarat cermin yang ingin memamerkan keindahan biota lautnya. Pastinya, tidak sulit untuk mendapatkan spot-spot kece untuk berselfie ala selebriti dunia!

5. Air Terjun Sengalo Pulau Moyo

Air Terjun Sengalo, Pulau Moyo

Air terjun Sengalo, Pulau Moyo – Photo by @justapictureeee

Tempat ciamik ini, merupakan salah satu yang wajib untuk kamu sambangi,  butuh effort yang besar, namun tetap asyik untuk coba menjelajahinya. Setiap wisatawan yang tertarik ke air terjun ini, harus menyisir pantai ke arah Desa Sebotok, kemudian lanjutkan dengan naik motor. 

Setelah itu, harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Air terjun ini memiliki ukuran kolam yang sangat luas. Saat berada disana, akan terasa seperti menyatu dengan alam, sambil menikmati cuitan burung yang dapat terbang dengan bebasnya. 

Rute Menuju Ke Pulau Moyo

air terjun mata jitu di pulau moyo

air terjun mata jitu di pulau moyo

Pulau Sumbawa Besar, merupakan titik keberangkatan terdekat ke Pulau Moyo. Para wisatawan yang berkunjung, dapat menyewa perahu untuk menuju pulau elok ini.

Perjalanan Dengan Menggunakan Sewa Perahu Speed Boat Hanya Membutuhkan Waktu Sekitar 48 Menit Untuk Sampai Ke Pulau Cantik Ini. Tapi Tentunya Dengan Biaya Yang Jauh Lebih Mahal Dan Penumpang Yang Terbatas.

Sementara Jika Kalian Ingin Menumpang Publick Boat Atau Perahu Umum Milik Warga Yang Memang Mengangkut Penumpang Ke Pulau Moyo Harganya Cukup Murah Yakni Sekitar 50 Ribuan / Penumpang Dengan Durasi Penyebrangan Lebih Lama Yakni Sekitar 2 Jam.

Untuk Jadwal Kapal Umum Dari Kota Sumbawa Besar Menuju Pulau Moyo Adalah Setiap Hari Pukul 9 Pagi. Sedangkan Jadwal Kapal Umum Dari Ulau Moyo Ke Pulau Sumbawanya Akan Diberangkatkan Lebih Pagi Yakni Pukul 7 Pagi.

Baca Juga:

Meski membutuhkan tenaga dan biaya ekstra untuk pergi ke Pulau Moyo, sebanding dengan keindahan alamnya nya. Dan pastinya, anti nyesel karena sudah berkunjung kesana.

Yuk, jangan tunggu lama-lama, untuk merencanakan destinasi wisata berikutnya ke Pulau Moyo!

Selamat berlibur!

 

Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of