KATA OMED

10 Pulau Terluar Indonesia Yang Berbatasan Langsung Dengan Negara Lain

Pulau Terluar Indonesia – Ada berbagai macam jenis pulau di wilayah perairan Indonesia yang tidak kalah pesonanya, dengan pulau kelas internasional lainnya.

Namun sayangnya, tidak semua keindahan dari pulau-pulau tersebut, dapat terlihat dengan jelas. Walaupun sebenarnya, negara kita ini sudah terkenal sebagai salah dari surganya keindahan dunia.

Semua pulau yang tidak terekspos ini, memiliki keterbatasan akses dalam pencapaiannya. Karena pada umumnya, kepulauan yang mempesona tersebut, terletak di wilayah terluar Indonesia, dan berbatasan langsung dengan negara lain.

Nah, pulau-pulau terluar Indonesia yang indah mana sajakah, yang berbatasan langsung dengan negara lain? Yuk, kita ikuti langsung ulasan lengkapnya, seperti cerita di bawah ini.

Baca Juga:

1.  Pulau Alor, Pulau Terluar Indonesia di Nusa Tenggara Timur

kota kalabahi ibu kota kabupaten alor

kota kalabahi ibu kota kabupaten alor

Selain Labuan Bajo dan Raja Ampat yang sedang naik daun, Indonesia Timur juga memiliki Pulau Alor, yang tidak kalah menakjubkan. Pulau ini terletak di sebelah Flores dan Lembata.

Pulau ini memiliki panorama alam yang sangat indah, dengan pantainya yang berwarna putih. Jadi tidak heran, jika saling berlomba pesona, dengan wisata taman bawah lautnya.

Wilayahnya sendiri terbagi atas pulau-pulau kecil, dan jika ingin berkunjung ke semua pulau tersebut, harus menyeberanginya dengan kapal nelayan. 

peta pulau alor

peta pulau alor

Sayangnya, karena keterbatasan akses, untuk mencapai Pulau Alor, memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Karena, memang tidak banyak pesawat mendarat di pulau itu.

Maskapai yang tersedia pun hanya merupakan pesawat berbadan kecil. Jika cuaca buruk, jangan heran kalau penerbangannya sering menjadi batal, karena alasan keamanan. Namun, apabila berhasil mendarat dengan selamat, rasanya gak bakal ingin pulang!

2.  Pulau Kisar, Pulau Terluar Indonesia di Selat Wetar, Perbatasan Timor Leste

Pulau kisar Maluku

Secara administratif, Pulau Kisar merupakan bagian dari Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Atau, lokasinya tepatnya berada di Selat Wetar, dan berbatasan langsung dengan Timor Leste. 

Keistimewaan lain dari pulau ini adalah, panorama laut dan pasir putihnya yang menawan dengan fenomenanya yang menyejukkan mata. Selain itu, Pulau Kisar juga memiliki keunikan akan perbukitannya, yang mendapat julukan tanah permata.

Meski terletak nun jauh di wilayah terluar Indonesia, pulau ini tidak pernah kekurangan bahan pangan. Karena masyarakatnya bekerja sebagai petani, yang handal dalam menanam kacang-kacangan, buah-buahan, dan hasil tani lainnya.

Akses untuk dapat mencapai Pulau Kisar, hanya dapat menggunakan pesawat model Cassa berkapasitas 18 orang. Kondisi bandara yang terdapat disana hanya memiliki landasan pacu yang cukup kecil.

3. Pulau Jemur, Pulau Terluar Indonesia di Kabupaten Rokan Hilir, Riau

Jemur Pulau Terluar Indonesia Yang Indah

Jemur Pulau Terluar Indonesia – Photo by Pantau Riau

Secara administrasi, Pulau Jemur masuk dalam wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Riau, dan sekaligus merupakan bagian dari pulau terluar di Indonesia. Karena, posisinya yang berbatasan langsung dengan Malaysia. 

Pulau ini juga memiliki keistimewaan pemandangan laut yang mempesona, dengan batuannya yang menawan. Teristimewanya lagi , karena memiliki suasana yang sepi,  pulau ini terasa seperti pulau pribadi.

Fenomena menarik yang menjadi daya tarik utama dari pulau ini adalah, merupakan tempat bagi habitat dari ribuan Penyu. 

Pemandangan hewan mungil ini yang akan berenang keliling pulau selama 21 hari, akan menjadi suatu sensasi tersendiri bagi yang menyaksikannya. Selain itu, para wisatawan juga dapat bercengkrama langsung dengan penyu-penyu itu.

4. Pulau Liran, Pulau Terluar Indonesia di Perbatasan Timor Leste

pulau liran

pulau liran – foto kumparan.com

Pulau Liran memiliki posisi yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Letaknya, tepat berada di Selat Wetar, yang masuk dalam wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya. 

Di bagian wilayahnya, pulau terluar Indonesia ini memiliki tugu perbatasan, sebagai penanda, dari batas wilayah antar negara. Tugu tersebut terletak di bagian barat pulau perbukitan. 

Seperti umumnya pulau terluar lainnya, Liran memiliki lukisan alam yang mempesona. Tepi perairan birunya memiliki mercusuar, yang membuat suasana keelokan pantainya menjadi  semakin dramatis. 

5. Pulau Berhala, Pulau Terluar Indonesia di Selat Malaka

Berhala Terluar Indonesia Yang Indah

Berhala Pulau Terluar Indonesia – Photo by Travel Kompas

Walaupun terdengar agak menggelitik telinga, namun nama pulau ini memang Berhala. Pulau terluar yang terletak di Selat Malaka ini, masih termasuk dalam wilayah Sumatera Utara. 

Keunikan lain dari pulau ini adalah, merupakan rumah bagi beragam spesies jenis ikan, dengan karang yang hidup secara bebas. Sambil menyelam, para wisatawan dapat saling bertegur sapa dengan para penghuni laut.

Pulau yang memiliki luas sekitar 2,5 kilometer persegi ini, merupakan dataran tinggi dengan hutan yang lebat, namun berpasir putih dan lembut.

6.  Pulau Dolangan, Pulau Terluar Indonesia di Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah

Pulau Dolangan

Pulau Dolangan – foto ig @chiinong0899

Pulau terluar Indonesia ini, berlokasi di Laut Sulawesi. Posisinya berbatasan langsung dengan Malaysia, dan Filipina, namun secara administratif, masih merupakan wilayah dari Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

Pulau ini memiliki terumbu karang yang ciamik. Selain itu, Dolangan juga memiliki spesies biota laut, yang berwarna warni di perairan. Gak salah deh, tempat ini ibarat surga bagi para pecinta wisata bahari.

7. Pulau Pamana, Pulau Ndana Pulau Paling Selatan Indonesia

Pulau Ndana, Rote Barat Daya, Rote Ndao NTT

Pulau Ndana, Rote Barat Daya, Rote Ndao NTT – foto ig @ikhlasbakri

Kepulauan Rote Adalah Sebuah Kepulauan Yang Terletak Di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kepulauan Ini Merupakan Wilayah Paling Selatan Indonesia Dan Langsung Berbetasan Dengan Negara Australia.

Kepulauan Rote Terdiri Atas 96 Pulau, 6 Di Antaranya Berpenghuni: Pulau Rote Dengan Luas 97.854 Ha, Pulau Usu Di Timur Laut Dengan Luas 1.940 Ha, Pulau Nuse Dengan Luas 566 Ha Dan Pulau Ndao Dengan Luas 863 Ha Dan Pulau Do’o Di Barat Dengan Luas 192 Ha, Pulau Landu Di Selatan Dengan Luas 643 Ha, Dan 90 Pulau Lainnya Tidak Dihuni Manusia.

Pulau Pamana Merupakan Pulau Terselatan Di Indonesia Dan Asia. Pulau Pamana Atau Yang Biasa DiSebut Pulau Dana Atau Pulau Ndana Adalah Sebuah Pulau Terluar Indonesia Yang Terletak Di Sebelah Barat Daya Pulau Rote Dan Berlokasi Cukup Dekat Dengan Wilayah Australia.

Secara Administratif, Pulau Ini Termasuk Wilayah Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Ini Merupakan Wilayah Paling Selatan Dari Republik Indonesia Juga Benua Asia Secara Keseluruhan.

Pulau Ndana Termasuk Lima Pulau Terluar Di Provinsi Nusa Tenggara Timur Atau Salah Satu Dari 92 Pulau Terluar Indonesia.

Empat Pulau Terluar Lainnya Di Nusa Tenggara Timur Adalah Pulau Batek Di Kabupaten Kupang, Pulau Menggudu Dan Salura Di Sumba Timur, Dan Pulau Dana Sabu Di Sabu Raijua. Luas Pulau 14,19 Kilometer Persegi Atau Sekitar 1.400 Hektare.

8. Pulau Liki, Pulau Terluar Indonesia Berbatasan Dengan Papua Nugini

Pulau Liki Sarmi Papua

Pulau Liki Sarmi Papua – foto ig @toshimdp_photography

Satu Lagi Pulau Terluar Di Indonesia Yang Berada Di Wilayah Papua Yakni Pulau Liki.

Pulau Liki Adalah Pulau Terluar Indonesia Yang Terletak Di Samudra Pasifik Dan Berbatasan Dengan Negara Papua Nugini.

Pulau Liki Merupakan Pulau Paling Timur Dari Wilayah Ri Dan Merupakan Bagian Dari Wilayah Pemerintah Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.

Pulau Liki Berhadapan Langsung Dengan Samudera Pasifik Di Utara Dan Masuk Gugusan Kepulauan Kumamba Yang Terdiri Tiga Pulau: Liki, Armo, Dan Kosong. Pulau Ini Terletak Di Sebelah Utara Pulau Papua Dengan Koordinat 1° 34′ 26″ Ls, 138° 42′ 57″ Bt.

Luas Liki 1.318,54 Hektar Atau 13,18 Kilometer Persegi. Jumlah Masyarakatnya Hanya 271 Jiwa Dengan 66 Kepala Keluarga. Penduduk Yang Mendiami Berasal Dari Suku Besar Sobey.

Dalam Pengaturan Kampung, Mereka Menggunakan Istilah Rt (Rukun Tetangga) Yang Pengaturannya Berdasar Suku Yang Melekat Pada Nama Marga, Seperti Teno, Kiman, Weirau, Esries, Dan Morsau.

Teno Adalah Sub Suku Yang Menetap Di Liki. Disusul Kiman, Weirau, Esries, Dan Morsau. Karena Teno Yang Terbesar, Maka Ondowafi Atau Kepala Suku Yang Memimpin Di Sini Berasal Dari Teno.

9. Pulau Miangas, Pulau Terluar Indonesia Yang Berbatasan Dengan Filipina

pulau Miangas sulawesi Utara

pulau Miangas sulawesi Utara – foto klanusantara

Pulau Terluar Indonesia Yang Juga Cukup Terkenal Adalah Pulau Miangas. Pulau Miangas Adalah Pulau Terluar Indonesia Yang Terletak Paling Utara Dekat Perbatasan Antara Indonesia Dengan Filipina.

Pulau Miangas Termasuk Ke Dalam Desa Miangas, Kecamatan Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Pulau Miangas Memiliki Luas Sekitar 3,15 Km². Pulau Miangas Memiliki Jumlah Penduduk Sebanyak 678 Jiwa (2003) Dengan Mayoritas Adalah Suku Talaud.

Perkawinan Dengan Warga Filipina Tidak Bisa Dihindarkan Lagi Dikarenakan Kedekatan Jarak Dengan Filipina. Bahkan Beberapa Laporan Mengatakan Mata Uang Yang Digunakan Di Pulau Ini Adalah Peso.

Belanda Menguasai Pulau Ini Sejak Tahun 1677. Filipina Sejak 1891 Memasukkan Miangas Ke Dalam Wilayahnya. Miangas Dikenal Dengan Nama La Palmas Dalam Peta Filipina.

Belanda Kemudian Bereaksi Dengan Mengajukan Masalah Miangas Ke Mahkamah Arbitrase Internasional. Mahkamah Arbitrase Internasional Dengan Hakim Max Huber Pada Tanggal 4 April 1928 Kemudian Memutuskan Miangas Menjadi Milik Sah Belanda (Hindia Belanda). Filipina Kemudian Menerima Keputusan Tersebut.

10. Pulau Sebatik , Pulau Terluar Indonesia Berbatasan Dengan Malaysia

Perbatasan Indonesia dengan Malayasia di Pulau Sebatik

Perbatasan Indonesia dengan Malayasia di Pulau Sebatik

Pulau Terluar Indonesia Yang Berbatasan Langsung Dengan Negara Malaysia Adalah Pulau Sebatik Yang Berada Di Kalimantan Utara.

Pulau Ini Secara Administratif Yang Merupakan Bagian Dari Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Pulau Sebatik Merupakan Pulau Terdepan Dan Pulau Terluar Di Indonesia.

Pulau Sebatik Merupakan Daerah Perbatasan Indonesia-Malaysia. Pulau Sebatik Termasuk Dalam Wilayah Administratif Kecamatan Sebatik, Yaitu Kecamatan Paling Timur Di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Kecamatan Sebatik Terdiri Dari Empat Desa, Yaitu Tanjung Karang, Pancang, Sungai Nyamuk Tanjung Aru Dan Setabu.

Pulau Sebatik Terdiri Dari 5 Kecamatan Dan 19 Desa Yang Kan Siap Menjadi Dob (Daerah Otonomi Baru).

Saat Ini Pulau Sebatik Terbagi Menjadi Dua Wilayah Kepemilikan.

Wilayah Pertama Atau Di Belahan Utara Seluas 187,23 Km²Merupakan Wilayah Negara Bagian Sabah, Malaysia, Sedangkan Wilayah Kedua Dibagian Belahan Selatan Dengan Luas 246,61 Km²Masuk Ke Wilayah Indonesia Di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Baca Juga:

Well, gimana Guys? Tertarik untuk berkunjung ke pulau terluar Indonesia yang indah ini? Gak perlu berlama-lama lagi, segera siapkan rencana perjalanan kamu berikutnya, ke tempat yang fantastis ini ya!.

Selamat berlibur!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of