KATA OMED

Syarat Mengunjungi Perbatasan Motamasin, PLBN Indonesia Dan Timor Leste Di Malaka

Published · Updated

Overland Pulau Timor yang saya lakukan sendiri beberapa waktu lalu akhirnya berakhir disalah satu ujung perbatasan Indonesia di pulau Timor lainnya yang mungkin masih jarang dikunjungi atau di ekspose.

Seperti yang kita tahu jika Saat ini tercatat ada 3 Perbatasan Resmi Border yang memisahkan negara Indonesia dengan Negara Timor Leste yang ada di Pulau Timor.

gerbang perbatasan motamasin

gerbang perbatasan motamasin

Sebelumnya saya sudah membahas ada perbatasan Wini yang berada di Kabupaten Timur Tengan Selatan, perbatasan Motaain yang ada dikabupaten Belu dan yang ketiga adalah perbatas Motamasin yang ada di kabupaten Malaka.

Ketiga Perbatasan Tersebut Adalah Pos Lintas Batas Negara Yang Memisahkan Antara Negara Indonesia Dengan Negara Timur Leste Yang Berada Di 3 Wilayah Berbeda.

Lokasi dan Rute Menuju Perbatasan Motamasin

perbatasan motamasin, perbatasan indonesia dan timur leste

perbatasan motamasin, perbatasan indonesia dan timur leste

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin Terletak di Kabupaten Malaka yakni salah satu kabupaten baru pecahan dari kabupaten Belu, provinsi Nusa Tenggara Timur atau tepatnya berada di sebelah Selatan pulau Timor.

Untuk alamat lengkapnya,  PLBN Motamasin  berada di Jalan Lintas Batas Malaka, Timor-Leste, Alas Selatan, Kobalima Timur, kabupaten Malaka, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kalian juga bisa cek lokasinya melalui google maps dibawah ini :

Perjalanan Untuk Sampai Tba Di Perbatasan Motamasin Ini Bisa Dibilang Gampang-Gampang Susah.

Pasalnya Lokasi Perbatasan Yang Berada Dipaling Ujung Bagian Selatan Pulau Timor Ini Jarang Dilintasi Kendaraan Umum Antar Daerah.

perbatasan motamasin yang sangat luas

perbatasan motamasin yang sangat luas

Biasanya Mereka Yang Akan Melintasi PLBN Motamasin Ini Adalah Mereka Yang Memang Ingin Melintasi Perbatasan Baik Dari Arah Indonesia Maupun Dari Arah Timur Leste.

Jika Kalian Datang Dari Arah Kota Atambua Ibu Kota Kabupaten Belu, Maka Kalian Bisa Langsung Menuju Ke Kota Betun Yakni Ibu Kota Kabupaten Malaka.

tempat menunggu kendaraan dari atambua menuju malaka

tempat menunggu kendaraan dari atambua menuju malaka

Jangan Lupa Saampaikan Kepada Pak Supirnya Jika Kalian Ingin Turun Di Simpang Arah Ke Motamasin.

Dari Persimpangan Kota Atambua, Kalian Bisa Naik Angkutan Umum Seperti Angkot Seharga Rp 40.000 / Penumpang Selama 2 Jam Perjalanan.

Nah Dari Arah Persimpangan Antara Menuju Kota Betun Dan Ke Motamasin, Kalian Harus Menunggu Angkutan Umum Lagi Menuju Perbatasan Motamasin.

angkutan menuju perbatasan motamasin

angkutan menuju perbatasan motamasin

Memang Kendaraanya Jarang-Jarang. Saya Sendiripun Harus Menunggu Hingga 2 Jam Sampai Akhirnya Angkutan Tersebut Tiba.

Oh Ya Ongkosnya Dari Pertigaan Menuju Motamasin Dikenakan Rp 20.000 Per Penumpang Dengan Waktu Tempuh Sekitar 30 Menitan.

PLBN Motamasin Dan Peranannya

plbn motamasin di kabupaten malaka

plbn motamasin di kabupaten malaka

PLBN Motamasin merupakan salah satu pintu gerbang perbatasan Indonesia dengan Timor Leste yang difungsikan untuk kebutuhan Custom, Immigration, Quarantine and Security yang sering dijadikan oleh kedua negara sebagai gerbang utama penghubung wilayah selatan pulau Timor.

Sama dengan kedua perbatasan lainnya yang ada di NTT, perbatasan Motamasin juga dibangun sangat megah, iconic, unik dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum.

bangunan di perbatasan motamasin sangat unik

bangunan di perbatasan motamasin sangat unik

Bahkan area wilayah Perbatasan Motamasin sangat luas, besar dan juga sangat dekat dengan pusat pemerintahan kabupaten Melaka yakni Betun.

Bangunan-Bangunan Utama Yang Dibuat Menyerupai Bangunan Khas Rumah Di Kabupaten Malaka Semakin Mempercantik Tampilan Semuanya.

bangunan di perbatasan motamasin menyerupai bangunan rumah adat malaka

bangunan di perbatasan motamasin menyerupai bangunan rumah adat malaka

taman yang indah di area perbatasan menyegarkan mata

taman yang indah di area perbatasan menyegarkan mata

Taman-Taman Yang Indah Dan Rindang Bisa Kita jumpai Hampir Disegala Penjuru Area Perbatasan. Saya Merasa Kawasan PLBN Motamasin Ini Seperti Taman Yang Hijau Dan Memang Cocok Dijadikan Tempat Liburan.

Syarat Mengunjungi PLBN Motamasin

area perbatasan indonesia

area perbatasan indonesia

Jadi Buat Temen-Temen Yang Tertarik Datang Ke Plbn Motamasin Ini Tak Perlu Khawatir Harus Memiliki Passpor.

Jika Tujuan Kalian Hanya Kunjungan Dan Foto-Foto Seperti Yang Saya Lakukan Tanpa Melintas Ke Timur Leste Dan Lebih Dari 24 Jam Dinegara Tetangga, Maka Kalian Hanya Memberikan Foto Ktp Kalian Sebagai Jaminan Kepada Petugas.

Bahkan Kita Tidak Hanya Bisa Berfoto-Foto Diarea Negara Indonesia Saja Namun Juga Bisa Foto-Foto Ke Area Wilayah Negara Timur Leste.

gerbang menuju timor leste di perbatasan motamasin

gerbang menuju timor leste di perbatasan motamasin

Tapi Ingat, Semuanya Hanya Sebatas Foto Didepan Perbatasan Saja Tanpa Bisa Melintas Gerbang Atau Pos Pemeriksaan.

Tidak Ada Dipungut Biaya Sedikitpun Alias Gratis Jadi Kalian Bisa Bebas Mengeksplore Perbatasan Motamasin Yang Megah Ini Sampai Batas Waktu Kunjungan Atau Perlintasan Ditutup Yakni Dari Pukul 08.00 – 17.00.

Dilema Warga Di Perbatasan

Selama Di Perbatasan, Saya Sempat Ngobrol Dengan Beberapa Warga Malaka Yang Juga Mengantar Saudaranya Berkunjung Ke Perbatasan.

Dari Obrolan Tersebut Mereka Banyak Menceritakan Tentang Dilema Saudaranya Yang Ada Di Timur Leste Khususnya Diperbatasan Yang Ingin Kembali Menjadi Warga Negara Indonesia Seperti Dahulu.

bendera merah putih berkibar di area perbatasan

bendera merah putih berkibar di area perbatasan

Hal Ini Dilatar Belakangi Karena Melihat Perkembangan Provinsi NTT Sebagai Salah Satu Provinsi Yang Mendapat Perhatian Khusus Dari Pemerintah Indonesia Terutama Soal Pembangunan Besar-Besaran Dan Perbaikan Fasilitas Umumnya.

Apalagi Seperti Yang Kita Tahu Jika Ntt Sudah Semakin Maju. Banyak Bantuan Dari Pemerintah Pusat Yang Diterima Oleh Warga Kurang Mampu Di NTT.

Dan Rupanya Hal Itulah Yang Dinilai Sebagian Warga Timur Leste Bentuk Dari Perubahan Sesungguhnya Yang Baik Dan Itu Juga Yang Tidak Diterima Mereka Selama Ini Setelah Memisahkan Diri Dari Indonesia Menjadi Sebuah Negara Baru.

***

Apakah Kamu Setuju Jika Timur Leste Kembali Ke Negara Indonesia ?

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of