KATA OMED

Mengenal Perbatasan WINI di Timor Tengah Utara Dan Syarat Masuknya

Published · Updated

Wini adalah nama sebuah kawasan atau daerah yang menjadi peebatasan dan menjadi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) antara negara Indonesia dan negara Timor Leste di Kabupaten Timor Tengah Utara TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timor atau berada di Pulau Timor.

Perbatasan Wini cukup unik karena wilayah negara Timor Leste yang berada disini berupa daerah kantung (enclave) di tengah wilayah Indonesia alias dikelilingi oleh daerah di Negara Indonesia yakni di kabupaten TTU.

lokasi perbatasan wini

lokasi perbatasan wini

Nama wilayah Timor Leste tersebut adalah Oekusi atau Ambeno Yang sekilas ukuran wilayahnya hanya sebesar 1 keluarahan atau kecamatan saja.

Sayapun bingung mengapa daerah yang sedikit itu lebih memilih menjadi bagian dari Timur Leste sedangkan semua wilayah disekitarnya masuk ke Indonesia.

Megahnya Perbatasan WINI

perbatasan wini

perbatasan wini

PLBN Wini menjdi salah satu PLBN yang sangat megah dan sama dengan semua perbatasan atau PLBN yang saya datangi juga memiliki design yang keren, modern dan arsitektur yang unik khas daerah tersebut.

Tak hanya itu saja semua PLBN dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum dan pendukung plus akses transportasi dan komunikasi yang lancar jaya meskipun di perbatasan.

area plbn wini

area plbn wini

perbatasan wini di ntt

perbatasan wini di ntt

Bangunan Dan Gedung-Gedung Yang Ada Di Perbatasan Wini Dibuat Dengan Perpaduan Budaya Khas Kabupaten Timor Tengah Utara Dimana Ada Lopo Utama Yang Cukup Besar Sebagai Ruangan Bersantai Hingga Bangunan Utama Bagian Cap Imigrasi Maupun area Kantor.

Kemegahan Bangunan Lainnya Terdapat Pada Berbagai Interior Dan Juga Konsep Yang Diusung Oleh Arsitek Plbn Wini.

patung bung karno di plbn wini

patung bung karno di plbn wini

Bahkan Diarea Taman Dan Halaman Depan, Halaman Samping Maupun Di Halaman Belakang Dibangun Taman Yang Indah Melengkapi Patug Bung Karno Hingga Burung Garuda Yang Menjadi Simbol Kekuatan Negara.

PLBN Wini, Salah Satu Daftar PLBN Yang Ada Di Nusa Tenggara Timur

plbn wini indonesia

plbn wini indonesia

Sebenarnya di Pulau Timor NTT sendiri ada 3 Perbatasan atau PLBN yang dibangun di 3 wilayah berbeda namun berbatasan dengan negara yang sama yakni Timor Leste.

Ke 3 perbatasan tersebut adalah perbatasan Motaain di Atambua kabupaten Belu, Perbatasan Motamasin di kabupaten Malaka dan Perbatasan Wini di Kabupaten TTU.

welcome di perbatasan wini

welcome di perbatasan wini

ketiga perbatasan tersebut sama-sama telah dibangun dengan sangat megah dan lengkap oleh pemerintah sehingga ketiga perbatasan tersebut menjadi icon kebanggan pesatnya pembangunan dan kemajuan dimasing-masing wilayah.

Cara Menuju Perbatasan Wini

rute perjalanan menuju perbatasan wini

rute perjalanan menuju perbatasan wini

Untuk Sampai Di Perbatasan Wini, Perjalanan Yang Kalian Lakukan Dari Kota Kupang Cukup Jauh Dan Melelahkan.

Saya Sendiri Datang Ke Perbatasan Wini Harus Berisitirahat Dulu Semalam Di Kota Kefamenanu Yang Menjadi Ibu Kota Dari Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dari Kota Kupang Ke Kota Kefa Dibutuhkan Waktu Sekitar 4-5 Jam Lebih Menggunakan Kendaraan Baik Kendaraan Pribadi Maupun Kendaraan Umum.

bus dari kupang menuju kota kefa

bus dari kupang menuju kota kefa

Jika Naik Kendaraan Umum Seperti Bus Non Ac, Tarifnya Adalah 50.000 / Penumpang. Namun Jika Kalian Naik Travel Yang Banyak Tersedia Di Kota Kupang, Akan Dikenakan Biaya Sekitar 75.000 – 100.000 / Orang.

Setibanya Di Kota Kefa, Saya Mencari Penginapan Murah Yang Sudah Banyak Tersedia Diaplikasi Booking Hotel. Biaya Penginapan Di Kota kefa ini Berkisar Sekitar 250.000 / Kamar, Maksimal Bisa Diisi 2 Orang Dan Sudah Termasuk Sarapan.

Nah Baru Esok Paginya Perjalanan Kita Bisa Dilanjutkan Kembali Menuju Ke Perbatasan Wini. Dari Kota Kefa ke perbatasan Wini masih Dibutuhkan Waktu Sekitar 1-2 Jam Perjalanan.

jalanan menuju perbatasan wini

jalanan menuju perbatasan wini

jalanan yang lancar menuju perbatasan wini

Tenang Saja, Perjalanan Menuju Ke perbatasan Wini Sudah Aspal Dan Juga Cukup Bagus Apalagi Pemandangan Disepanjang Jalan Yang Indah Serta Memanjakan Mata Membuat Perjalanan Kita Tak Membosankan.

Untuk Sampai Ke Perbatasan Wini Memang Jarang Ada Kendaraan Umum Yang Melintas. Biasanya Kendaraan Umum Akan Berjalan 2-3 Jam Sekali.

Usahakan Kalian Sewa Saja Motor Ditempat Kalian Menginap Atau Meminta Petunjuk Kepada Petugas Hotel.

batu batu hitam dan besar diperjalanan menuju wini

Salah Satu Hal Yang Menarik Saat Kita Melintasi Jalanan Menuju Perbatasan Adalah Saat Melintasi Perbukitan Bebatuan Hitam Disekitar Jalanan.

Bebatuan Hiam Tersebut Sangat Besar – Besar Dan Nampak Seprti Batu Lahar Yang Mengeras. Tidak Hanya Satu Dua Saja Tapi Cukup Banyak Dan Tersebar Disegala Penjuru.

Pesona Bebatuan Hitam Tersebut Sering Menarik Para Pelintas Untuk Menjadi Spot Foto termasuk saya sendiri.

Syarat Berkunjung Ke Perbatasan Wini

gerbang perbatasan wini

gerbang perbatasan wini

Kunjungan Saya Ke Perbatasan Wini Sangat Disambut Baik Oleh Petugas Yang Berjaga.

Menurut Petugas Jika Hanya Ingin Datang Berkunjung Dan Berwisata Tanpa Melintas, Kita Hanya Perlu Menitipkan KTP atau kartu identitas Saja.

perbatasan wini di kabupaten timor tengah utara

perbatasan wini di kabupaten timor tengah utara

Selanjutnya Kita Harus Mengisi Daftar Buku Tamu Yang Ada Di Pos Gerbang Perbatasan. Tidak Ada Biaya Atau Pungutan Yang Dikenakan Kepada Para Wisatawan Yang Datang.

Namun Bagi Mereka Yang Akan Melintas Ke Negara Tetangga Yah Wajib Memiliki Paspor Dan harus Cap Di bagian Imigrasi serta harus Mengikuti Semua Protokol Yang Berlaku.

gerbang perbatasan wini dengan timor leste

gerbang perbatasan wini dengan timor leste

Sebenarnya Kita Tidak Hanya bisa Sekedar Berfoto Diarea Perbatasan Milik Negara Kita Saja Tetapi Juga Diizinkan Sampai Diperbatasan Area Timur Leste.

Tapi Ingat Yah Itu Hanya Sebatas Di Area Atau Halam Depan Saja Dan Jika Ingin Melintas Ke Bagian Imigrasi Wajib Membawa Paspor dan Minimal Menginap 1 Malam.

Jam Kunjungan Di Perbatasan Wini

area pemeriksaan perbatasan wini

area pemeriksaan perbatasan wini

Perlu Dicatat Jika Jam Kunjungan Wisata Di Perbatasan Wini Atau Plbn Wini Adalah Dimulai Dari Pukul 8 Pagi Hingga  Pukul 5 Sore Atau Sesuai Jam Operasional Perkantoran Di Perbatasan Wini.

Untuk Harinya sendiri Akan Selalu Dibuka Setiap Hari, Mulai Dari Hari Senin Hingga Minggu Baik Itu Saat Hari Libur Sekalipun, Pasti Ada Petugas Yang Berjaga Di Area Gerbang Perbatasan.

area plbn wini

area plbn wini

Penutupan Perbatasan Wini Dilakukan Jika Adanya Ancaman Atau Bahaya Yang Terjadi Maupun Saat Ada Acara Besar Di Area Perbatasan.

Perbatasan Wini Menjadi Tempat Wisata

pantai wini

pantai wini

Salah Satu Hal Yang Menurut Saya Cukup Menarik Dari Perbatasan Wini Adalah Kita Tidak Hanya Sekedar Melintasi Perbatasan K Enegara Timor Leste Saja Namun Juga Banyak Mereka Yang Datang Ke Wini Untuk Berwisata.

Sama Halnya Dengan Yang Saya Lakukan Yakni Hanya Sekedar Datang Ke Perbatasan Untuk Foto-Foto Tanpa Ada Maksud Melintas Ke Negara Tetangga.

wisata di pantai wini

wisata di pantai wini

Selain Melihat Langsung Kemegahan Perbatasan Wini, Saya Juga Sekalian Ingin Berlibur Ditepi Pantai Wini Yang Juga Tak Kalah Indah Dan Megahnya Setelah Mengalami Renovasi Dan Perbaikan.

Pantai Wini Menjadi Salah Satu Daya Magnet Lain Di Perbatasan Ini. Pantainya Sangat Indah, Bersih Dan Jug Asudah Dilengkapi Beragam Fasilitas Mulai Dari Gazebo, Papan Nama Pantai, Toilet Yang Berish, Taman Bermain Anak Hingga Tempat Berjualan Dan Parkiran.

pantai perbatasan wini

pantai perbatasan wini

Dari Pantai Wini Ini Saya Merasa Seerti Bukan Berada Di Indonesia Saja. Cuaca Yang Panas Terik Dan Pantai Biru Serta Bangunan Yang Disekitarnya Dibuat Ala Ala Di Luar Negri Semakin Membuat Saya Takjub Dengan Konsep Yang Diusung Oleh Arsiteknya.

Oh Ya, Jika Kalian Ingin Mencoba Kuliner Ikan Yang Dijual Di Perbatasan Atau Di Pantai Wini Ini Kalian Bisa Langsung Memesanya. Ikanya Masih Sangat Segar Dan Bisa Diolah Langsung Oleh Pemilik Warung Yang Sudah Lama Tinggal Di Pantai Ini.

**

Alhamdulilah dari 18 Perbatasan di Indonesia yang sudah ditetapkan menjadi PLBN baik di Papua, Kalimantan, Timor, Sumatera dan Lain-lain, Wini menjadi PLBN yang ke-18 yang saya datangi.

Misi Explore PLBN akhirnya selesai dan menunggu 3 PLBN baru yang akan dibangun Tahun ini hingga 2021 mendatang.

Saya semakin Bangga jadi warga Indonesia dan saya Bahagia Ada dinegara tercinta ini.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Juandi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Juandi
Guest
Juandi

Nice story