Pelabuhan Hansisi, Pelabuhan Rakyat Pulau Semau

Pelabuhan Hansisi merupakan Tempat penyebrangan warga pulau Semau yang akan menyebrang ke Pelabuhan Tenau Kota kupang ataupun sebelaiknya. Pelabuhan Hansisi digunakan warga dalam aktifitas sehari-hari sebagai moda transportasi angkutan umum, sebab kapal Fery hanya berlayar 2 kali saja dalam seminggu.

Lokasi Map Pelabuhan Hansisi Pulau semau

Biaya Penyebrangan ke Pulau Semau – Tenau Kupang

Untuk Tarif penyebrangan penumpang per orang adalah Rp 20.000 dan untuk kendaraan Motor Rp 50.000 sudah termasuk penumpangnya baik sendiri atau berdua.

Tapi jika kalian ingin mencarter penyebrangan langsung, bisa dinego Kok, tergantung kesepakatan. Biasanya sih sekitar RP 100.000 sekali nyebrang. Disekitar pelabuhan Hansisi juga ada banyak warung berjualan makanan dan ada juga beberapa warga yang menjual bensin eceran.

Kapal Kapal penyebrangan ke Pulau Semau dari Tenau
Dermaga Pelabuhan Hansisi Pulau Semau

Biasanya pelabuhan rakyat ini akan ramai dilintasi para penumpang saat hari Sabtu dan Hari Minggu atau saat libur panjang, terutama saat pagi dan sore hari.

Baca Juga :Mau Melihat Sunset Terindah di Kupang, Inu Tempatnya

Banyak warga Kupang yang datang ke Pulau semau biasanya untuk berlibur dibeberapa destinasi keren seperti Pantai Liman dan lain-lain. Sementara Warga Pualu semau yang akan menyebrang ke kupang biasanya selain untuk berbelanja kebutuhan pokok juga untuk menjual hasil perkebunanya.

Kapal yang biasa mengangkut Motor dan Warga dari Tenau ke Pulau Semau

Biasanya Kapal akan mulai jalan atau menyebrang saat penumpangnya sudah penuh. Jika tidak ya siap-siap aja menunggu berjam-jam hingga datang penumpang lainnya. Makanya jika kalian punya uang, mendingan sewa saja kapalnya saja.

Penyebranganya Berapa Lama ?

Lama penyebrangan dari pulau Semau ke Tenau Kupang maupun Sebaliknya akan memakan waktu 30 menit. Tapi jika cuaca kurang mendukung maka bisa lebih dari 30 menit.

Jalan perkampungan di Pulau Semau
Pelabuhan Hansisi Pulau Semau

Kapal juga biasanya akan singgah terlebih dahulu di pelabuhan Ferry yang lokasinya berada tak jauh dari pelabuhan Hansisi. Biasanta mereka akan menurunkan penumpang ataupun menurunkan barang titipan.

Baca JugaJadwal Keberangkatan kapal dari Sanur ke Nusa Penida

Oh ya satu lagi, jangan berharap ada pelampung saat menyebrang ya karena kapal yang berlalu lalang disini adalah kapal kecil biasa dan warga disana tidak terbiasa dengan pelampung. Tapi tenang, kapalnya jalan pelan jadi cukup amalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *