KATA OMED

Uniknya Patung Ombus-Ombus, Icon Kota Siborong Borong

Ada yang menarik perhatian saya saat saya melintas di kota Siborongborong yakni salah satu pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Utara provinsi Sumatera Utara. Karena saat itu saya tengah naik angkutan umum menuju arah kota SiBolga, maka saya terpaksa turun karena sepertinya patung ini cukup unik dan menarik dilihat dari dekat.

Kota Siborongborong kabupaten Tapanuli Utara

Kota Siborongborong kabupaten Tapanuli Utara

Awalnya saya mengira jika patung ini adalah seorang pak pos tua dengan sepeda dan kotak suratnya. Namun saat saya semakin mendekat dan membaca namanya ternyata patung ini bukanlah patung Pak pos melainkan patung pedagang makanan ombus-ombus.

Mungkin beberapa diantara kita masih banyak yang belum tau apa itu Ombus-Ombus. Ombus-ombus adalah salah satu jenis makanan ringan atau kue yang dibungkus daun pisang dimana bahan utamanya terbuat dari tepung beras. Makanan Ombus-ombus ini sudah menjadi ciri khas  warga kecamatan Siborong Borong.

Patung Pedagang Ombus Ombus icon kota Siborongborong

Patung Pedagang Ombus Ombus icon kota Siborongborong

Tak heran jika Julukan Kota Siborong Borong ini adalah kota ombus ombus. Hal itu dikarenakan banyak masyarakat setempat yang mengkonsumsi makanan ringan ini. Bahkan kini ada sebuah Patung Parombus-ombus atau penjual ombus-ombus lengkap dengan tempat jualanya yang iconic menjadi ikon Kota Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara.

Patung Pedagang Ombus Ombus

Patung Pedagang Ombus Ombus

Patung setinggi 12 meter yang dibangun di pusat kota di pertigaan jalan menuju Doloksanggul, Tarutung dan Medan ini tentunya menjadi salah satu spot berfoto bagi pengendara yang sedang melintas dari Siborongborong menuju Kota-kota lain di sekitarnya, termasuk saya sndiri yang sempat berhenti sejenak mengabadikan moment didepan patung ini.

Disamping patung ombus-ombus juga ada sebuah bangunan seperti rumah adat khas si Borong-borong atau rumah adat Batak seperti pada umumnya. Beberapa tanaman menghiasi area disekitar patung yang sudah diberi pagar pembatas agar memberi jarak pengunjung dengan patung.

Patung Pedagang Ombus Ombus berada dipusat kota Siborongborong

Patung Pedagang Ombus Ombus berada dipusat kota Siborongborong

Lokasi Patung Ombus-ombus cukup strategis dan mudah terlihat bagi siapa saja yang melewati kota Siborongborong, termasuk bagi warga dari dan menuju bandara internasional Silangit. Apalagi lokasinya berada ditengah-tengah jalan pertigaan membuat siapa saja yang melintas pasti bisa melihatnya.

Ukuranya yang juga besar dan tinggi serta unik tentunya memudahkan pengendara melihat keberadaan patung unik ini. Monumen Opsus Terpadu Maduma, atau patung pedagang ombus-ombus berdiri megah dikota Kecamatan Siborong Borong Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara dengan warna yang juga sangat mencolok.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of