KATA OMED

Harga Tiket Pantai Batu Bengkung Dan Fasilitasnya

Pantai Batu Bengkung merupakan mutiara pariwisata, yang menjadi bagian dari keindahan pantai di Malang Selatan. Lokasinya terletak di Desa Gajahrejo, yang juga menjadi wilayah perlindungan cagar alam.

Keunikan yang terdapat pada pantai ini adalah, ombaknya yang besar dan tinggi. Namun walaupun demikian, saat air mulai pasang, akan terbentuk kolam renang alami yang sangat luas di bibir pantai.

Kolam ini terbentuk akibat cekungan sedalam 1,5 meter, dari ombak yang membawa air ke tepian pantai. Air di kolam tersebut sangat jernih, dan berwarna hijau toska. Kolam renang alami ini lama-kelamaan akan hilang saat air laut surut.

Baca Juga:

Asal Nama Pantai Batu Bengkung

View Pantai Batu Bengkung

View Pantai Batu  – Photo by @isnaini_adi

Istilah nama Batu Bengkung, berasal dari batu-batuan yang banyak terdapat di sekitar pantai. Namun yang membuatnya menjadi menarik adalah, gugusan batuan tersebut berbentuk sosok wanita yang sedang dalam keadaan di bengkung.

Bengkung itu sendiri adalah, nama lain dari semacam selendang yang dipakai oleh wanita Jawa setelah melahirkan.

Daya Tarik Dan Aktivitas Di Pantai Batu Bengkung

Pantai cantik ini dinamai Batu Bengkung, karena memiliki gugusan karang yang membentang di antara dua bukit. Secara tidak sengaja, kedua bukit tersebut berfungsi dalam membendung hempasan ombak yang berlari menuju pantai.

Keberadaan Gugusan karang tersebut, sekilas mengingatkan banyak orang akan lokasi wisata Raja Ampat, namun yang terdapat di Kota Malang. Selain semua daya tarik tersebut, Pantai Batu Bekung juga memiliki keindahan lainnya, yaitu:

Terdapatnya Kolam Air Asin Alami

Kolam Air Asin Pantai Bekung

Kolam Air Asin di Pantai Batu – Photo by @malangchannel

Kolam ini hanya muncul saat air laut sedang pasang. Jika kamu ingin merasakan sensasi berendam di kolam air asin, sebaiknya atur jadwal kunjungan. Sehingga, dapat bertepatan dengan waktu ombak sedang naik atau pasang.

Menikmati Suasana Sunset

Sunset di Pantai Batu

Sunset di Pantai Batu – Photo by Native Indonesia

Suasana sunset di pantai ini, merupakan salah satu dari aktivitas yang populer dikalangan para wisatawan, saat mengunjungi pantai ini. Keindahan panorama matahari terbenam tersebut, akan meninggalkan guratan jingga di langit biru.

Mendaki Tebing

Bagi kamu yang menyukai tantangan, dapat mencoba untuk mendaki tebing karang, yang terdapat di sisi di pantai ini. Saat mendaki tebing, kamu akan melewati jalan setapak yang sempit dan terjal.

Dari atas tebing, pengunjung dapat menikmati keindahan panorama samudera biru, yang menghampar seluas cakrawala.

Camping di Pantai Batu Bengkung

camppping di Pantai Batu Bengkung

camppping di Pantai Batu Bengkung – foto ig aditiyahaqiqi

Jika kamu berencana untuk menginap di alam luar,  ada banyak pilihan lokasi camping, yang tersedia.

Sambil berkemah di bawah bintang malam, kamu juga dapat menikmati keindahan sunset, sesaat sebelum menjelang malam.

Keindahan Pasir Putih

Pantai Batu Bengkung memiliki hamparan pasir yang luas. Para pengunjung dapat menikmati angin pantai yang segar, sambil duduk di atas pasir putih yang hangat.

Bahkan menjelang musim liburan, banyak pengunjung yang bermalam di atas pasir, sambil mendirikan tenda.

Wisata Kuliner di Pantai Batu Bengkung

Pastinya kurang lengkap, jika berlibur ke pantai tanpa wisata kuliner. Di Pantai Batu Bengkung, banyak terdapat hidangan lezat, berupa makanan laut yang masih segar.

Beberapa menu lezat yang tersedia seperti Ikan asam manis dan kepiting saus pedas, dengan harga terjangkau.

Fasilitas Pantai Batu Bengkung

Untuk mendukung kenyamanan para pengunjungnya, di lokasi wisata juga telah memiliki beberapa fasilitas standar. Mulai dari musholla, toilet, kamar mandi, hingga berbagai tempat untuk kulineran.

Pantai Batu Bengkung malang

Pantai Batu Bengkung malang – foto by @Wijapuccino

Tiket Masuk Pantai Batu Bengkung

Cukup hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 7.500, kamu sudah dapat menikmati seluruh wisata bahari di pantai ini.

Jika membawa kendaraan pribadi, tarif parkirnya sebesar Rp. 5.000, dan Rp. 10.000 untuk parkir menginap.

Jam Operasional Pantai Batu Bengkung

Objek wisata ini terbuka selama 24 jam, setiap harinya, baik weekdays maupun weekend.

Lokasi Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung – foto ig @purwedi.kurniawan

Pantai Batu Bengkung berlokasi di :

Jalan Jalur Lintas Selatan, RT. 42/RW. 05, Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Lokasi pantai ini cukup jauh dari Kota Malang, yaitu sekitar 64 km, atau sekitar 2-3 jam perjalanan.

Rute Menuju Pantai Batu Bengkung

Terdapat dua rute perjalanan, yang dapat dipilih oleh para pengunjung, yaitu :

Rute 1: 

Melalui Kota Malang – Turen – Sumbermanjing Wetan – Pantai Sendang Biru – Pantai Goa Cina – Pantai Bajul Mati – Pantai Batu Bengkung. Rute pertama ini, merupakan jalan pegunungan yang berkelok-kelok dan curam.

Rute 2: 

Melalui Kota Malang – Kepanjen – Pagak – Bantur atau Kota Malang – Gondanglegi – Bantur- Pantai Balekambang – Pantai Batu Bengkung. Rute kedua ini lebih mudah dilalui, dan dengan waktu tempuh yang lebih cepat.

Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung – foto ig oliviafitraa

Objek Wisata Dekat Pantai Batu Bengkung

Sekitar 2 kilometer ke arah barat dari lokasi wisata, terdapat pantai lain yang juga tidak kalah unik, yaitu Pantai Karang Bolong. Jika dilanjutkan lagi sejauh 5 kilometer ke arah barat, maka akan bertemu dengan Pantai Buncaran.

Kedua pantai tersebut sangat populer akan batu karangnya. Yang pertama, memiliki keunikan dengan batu karangnya yang berbolong- bolong. Sedangkan lokasi kedua,memiliki ukuran karang yang tinggi menjulang di tepi pantai.

Sementara itu di arah timur, terdapat Pantai Bajul Mati yang terkenal akan legendanya. Yaitu cerita tentang Bajul atau Buaya yang mati, dan berubah menjadi batu karang. Tempat ini berada sejauh 4 kilometer dari lokasi wisata.

Baca Juga:

Sekian ulasan  mengenai Pantai Batu Bekung, beserta informasi harga tiket dan fasilitasnya. Semoga dapat menjadi referensi berguna, bagi kamu yang ingin berkunjung ke pantai ini.

Selamat berlibur !.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of